10 Hal yang Rambut Kamu Butuhkan, Namun Mungkin Belum Kamu Berikan

Mahkota alami wanita alias rambut itu sangat berharga. Nggak heran selain merawat tubuhnya, wanita juga rela menghabiskan banyak waktu dan tenagauntuk merawat rambut.

Hanya saja karena alasan kesibukan, kegiatan merawat rambut sering terabaikan. Alhasil, rambutmu tumbuh dengan kurang sehat. Banyak masalah pun mulai berdatangan, mulai dari kerontokan, mudah patah, ujungnya bercabang hingga mudah lepek.

Jangan dibiarkan berlama-lama! Sama dengan kerjaan dan pacar, rambutmu juga butuh perhatian khusus! Berikut ini adalah 10 hal yang rambutmu perlukan namun belum kamu berikan! Tegakah kamu?

1. Vitamin untuk menutrisi setiap helaian rambutvitamin

Faktanya nggak cuma tubuh kamu saja yang butuh asupan vitamin. Rambut kamu juga perlu! Untuk menutrisi rambut dari dalam, kamu bisa minum suplemen yang kaya vitamin E. Untuk perawatan di luar, kamu bisa gunakan vitamin oil yang beredar dipasaran atau minyak alami seperti minyak zaitun yang mengandung Biotin, Niacin, Vitamin E, dan D.

2. Masker rambut dari bahan alami untuk semua masalah rambutmasker-rambut

Via mantello

Jika selama ini kamu sering membuat masker sendiri untuk wajah, mengapa kamu nggak sekaligus membuat masker untuk rambut? Tujuannya biar wajah dan rambutmu sama-sama sehat dan bercahaya. Kamu bisa pilih bahan-bahan seperti virgin coconut oil, lidah buaya, adonan telur hingga alpukat untuk merawat sekaligus mengatasi berbagai masalah rambut yang kamu hadapi.

3. Berhenti menggunakan alat kecantikan rambutkecantikan-rambut

Via Etsy

Penggunaan alat kecantikan rambut seperti straightener atau alat pengeriting rambut kian diminati banyak wanita. Alasannya karena alat-alat tersebut dapat memberikan tatanan rambut yang baru dalam sekejap.

Padahal energi panas dikeluarkan alat-alat tersebut lambat laut akan mengikis kesehatan rambut. Rambut kamu pun akan menjadi sangat kering, mudah patah dan kehilangan kilaunya. Pemakaian alat-alat tersebut boleh, namun jangan sering-sering!

4. Memilih sisir bergigi lebar untuk menghindari rambut rontoksisir

Via Arspendar

Banyak orang berpikir menggunakan sisir dengan gigi yang rapat atau berbentuk brushakan membuat menyisir lebih mudah. Padahal, penggunaan jenis sisir sempit membuat rambut mudah patah dan rontok. Karenanya, mulai sekarang cobalah untuk menggunakan sisir bergigi lebar. Selain bisa mengurangi kerontokan, rambutmu jadi nggak gampang kusut.

5. Mengeringkan rambut secara alami setelah keramasalami-keramas

Via Huffington Post

Menggunakan alat pengering rambut memang terbukti hemat waktu. Namun jika terlalu sering dilakukan, rambutmu akan mulai kehilangan nutrisinya akibat hawa panas yang dikeluarkan hairdryer.

Sebaiknya, selalu keringkan rambutmu secara alami dengan diangin-anginkan. Ingat juga, menggosok rambut dengan handuk setelah keramas nggak membuat rambutmu cepat kering, malah membuat rambutmu semakin rapuh.


BACA JUGA Ini 7 Tips Penting Menjaga Rambut Panjang-mu Sehat Terawat!


6. Pijatan kepalapijatan-kepala

Via EverydayMeIndonesia

Jangan pernah mengabaikan treatment yang satu ini! Ketegangan yang menumpuk di kulit kepala bisa menghambat sirkulasi dan menyebabkan rambut terlihat kusam.

Makanya, sempatkan beberapa menit setiap hari untuk melakukan pijatan di sekitar area kepalamu. Teknik pijat yang cepat dan sederhana ini memungkinkan kamu mendapatkan kembali kilau dan kehalusan rambut, serta meningkatkan sirkulasi dan mendorong pertumbuhan.

7. Menghindari penggunaan banyak warnabanyak-warna

Via  Pinterest

Tren mewarnai rambut memang lagi booming. Semakin hari semakin banyak orang yang berani untuk bereksperimen dengan mewarnai rambutnya dengan beragam macam warna.

Nggak salah, memang. Namun jika intensitas pewarnaan rambut sering dilakukan, jangan heran jika kemudian rambutmu mudah kering dan bercabang.

Sebaiknya, kegiatan yang satu ini kamu lakukan dalam interval waktu yang lama. Misalnya ketika warna cat rambutmu sudah mulai memudar menyeluruh menjadi hitam. Barulah kemudian kamu mewarnainya.

8. Kondisioner itu wajib!kondisioner

Via Latest Fashion Today

Banyak wanita merasa malas untuk membeli dan memakai kondisioner setelah keramas sampo. Mereka pikir sampo saja sudah cukup wangi dan membuat rambut menjadi halus.

Nggak sepenuhnya salah sih, tapi bukan berarti peran kondisioner dalam perawatan rambut bisa disepelekan.

Kondisioner memiliki kandungan yang nggak dimiliki oleh sampo untuk menjadikan rambutmu senantiasa lembab, lebih halus, dan mudah diatur. Nggak percaya? Buktikan sendiri perbedaannya!

9. Biasakan mencuci rambut dengan air dinginair-dingin

Via The Independent

Karena alasan cuaca yang dingin di pagi dan malam hari, sering kali kamu lebih memilih mandi dengan air hangat agar tubuh terasa segar. Namun, buruknya air panas pada proses mencuci rambut sering terabaikan.

Jika kamu nggak segera hentikan, rambutmu akan kehilangan kekuatannya, sehingga akan mudah patah dan rontok. Penggunaan air panas pada saat keramas juga akan memperburuk kondisi kulit kepala sehingga mudah berminyak.

10. Keratin!keratin

Via Pinterest

Saat ini, perawatan rambut dengan memaksimalkan penggunaan protein keratin sudah banyak dilakukan di banyak salon kecantikan. Keratin sendiri dipercaya dapat membuat jaringan pada rambut menjadi lebih kuat. Sehingga, setiap helaian rambut akan menjadi lebih halus, nggak mudah rapuh dan tetap kuat meski sering menggunakan berbagai alat kecantikan rambut.

Coba ingat-ingat kembali kapan terakhir kali kamu melakukan perawatan untuk rambutmu? Jika dirasa sudah sangat lama dan jarang, inilah saatnya kamu untuk memberikan perhatian khusus untuk sang mahkota.

Untuk poin terakhir, Blibli.com punya voucher perawatan keratin untuk rambut kamu

Sayang banget jika kamu lewatkan begitu saja. Jangan lupa untuk intip koleksi perawatan rambut lainnya untuk tampilan rambut cantik dan sehat setiap hari, ya! Yuk, sayangi rambut dari sekarang!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY