Akhirnya, Berkebun Nggak Lagi Repot dengan Bantuan 10 Hal Ini!

Banyak orang yang menyebut berkebun sebagai hobinya. Tapi, nggak semua orang benar-benar bisa tekun berkebun. Ada saja masalah yang muncul ketika ingin berkebun, misalnya kekurangan waktu, lahan, kurang terampil, atau…malas.

Jangan khawatir, Friends. Di bawah ini akan dijabarkan 10 hal yang bisa membuat berkebun jadi lebih nyaman, menyenangkan, dan juga mudah. Simak, yuk!

1. Peralatan ini wajib banget kalian milikiperalatan

Via Winlaton Handishop

Sekop, garpu tanah, scateur, weeder, cangkul, sarung tangan, bahkan sampai cultivator sebaiknya kamu miliki, Friends. Akan sulit menanam dan merawat tanaman tanpa alat-alat tersebut. Coba cek, apa kalian sudah punya semuanya?

2. Ucapkan selamat tinggal pada pinggang pegal-pegalpinggang-pegal2

Via Walmart

Bangku bisa sangat membantu, loh, Friends. Kalian jadi bisa lebih santai mengurus tanaman pendek di kebun kalian. Apalagi, sekarang sudah ada bangku yang berdoa. Kalian tinggal geser-geser sedikit tanpa harus tunduk-bangun-tunduk sampai pinggang pegal-pegal.

3. Alas lutut untuk badan yang lebih bugarlutut

Via Amazon

Selain bangku, kalian juga bisa memilih knee pads yang bentuknya mirip bangku yang diterbalikan ini. Nggak perlu khawatir lutut sampai punggung kamu akan sakit karena terlalu lama mengurusi tanaman. Alas lutut ini sangat nyaman dan kuat menopang massa tubuhmu. Jadi, jangan sampai sakit gara-gara hobi berkebun kalian, ya!

4. Penerangan hemat energi berkat tenaga suryapenerangan

Via Silicon Solar

Nah, ini juga penting, Friends. Kalian pasti butuh penerangan untuk kebun atau taman kalian. Tapi, jangan sampai tagihan listrik membeludak gara-gara ini. Solusinya, kalian bisa coba gunakan lampu bertenaga surya. Selain hemat energi, lampu bertenaga surya ini juga bisa mempercantik kebunmu.

5. Sprinkler untuk tanaman yang selalu segarspringkler

Via Draper Tools

Mau sesibuk apapun kalian, jangan sampai lupa menyiram tanaman! Pembawa air itu berat. Kalian bisa manfaatkan sprinkler tangan yang dipasangkan pada selang air atau juga sprinkler yang ditanam di tanah. Tinggal diatur jadwal menyiram secara otomatis.


BACA JUGA Lelah Dengan Suasana Kota? Ini Caranya Mengubah Suasana Rumahmu Menjadi Lebih Natural


6. Meter digital

meter-digital

Mungkin kalian belum familiar dengan alat ini. Tapi, pengukur kesuburan tanah ini oke banget buat memantau kesehatan tanaman kalian. Nggak perlu bingung carinya di mana karena Blibli.com sudah punya. Selain itu, ada juga alat digital pengukur nutrisi tanaman, loh. Kedua alat ini penting karena tanaman (terutama sayur dan buah) juga ingin dimengerti!

7. Pangkas rumput yang membandelpangkas-rumput

Via Amy Erin

Rumput liar bisa mengganggu tanaman-tanaman indahmu, Friends. Makanya, mereka harus segera dipangkas. Tapi, jangan dipangkas pakai gunting biasa, ya. Harus pakai alat khusus, dong. Selain pakai gunting tanaman, kalian juga bisa gunakan mesin pemangkas rumput yang gampang banget dioperasikan. Bahkan, ada yang berupa robot dengan remote control!

8. Sediakan tempat menyimpan peralatan kebuntempat

Via Pic Click

Hal ini nggak boleh disepelekan! Nggak mau dong peralatan kebun kalian hilang seminggu sekali cuma gara-gara lupa taruh di mana? Makanya harus ada tempat khusus untuk menyimpan peralatan itu. Nggak harus sampai menyediakan satu kamar khusus, kalian juga bisa manfaatkan tool box seperti yang biasanya para montir gunakan.

9. Lahan sempit nggak bisa menghentikan kreativitas!lahan-sempit

Via Container Gardening

Nggak ada yang namanya kekurangan lahan! Walaupun rumah kalian nggak terlalu luas, tetap bisa berkebun, kok. Sekarang sudah zamannya menanam secara hidroponik kali! Kalian bisa manfaatkan pipa, bahkan botol bekas untuk membuat lahan tanam. Tapi, kalian juga bisa menemukan yang lengkap di Blibli.com!

10. Wujudkan greenhouse impian di dalam rumah!green-house

Via eBay

Nggak cuma di game Harvest Moon, kalian juga bisa loh, punya rumah kaca sendiri. Nggak perlu pusing cara membangunnya. Sekarang sudah ada rumah kaca kecil yang bahkan bisa kamu pindah-pindahkan di dalam rumah.

Ada yang berbentuk kotak terbuat dari kaca ada juga yang berbentuk seperti tudung saji yang berlapis plastik. Mau yang mana pun, banyak yang bisa tumbuh subur!

Bagaimana, berkat 10 hal di atas berkebun menjadi nggak repot dan super capek kan? Panas matahari atau sakit pinggang-punggung juga tak lagi menjadi hadangan. Jadi, berkebun bisa benar-benar santai.

Nah, buat yang sudah tergerak, yuk kunjungi Blibli.com dan belanja segala kebutuhan berkebunmu!

Semua barang yang kamu inginkan dapat dicicil dengan bunga 0% dan bisa dibayar dengan berbagai cara alias multi-payment. Jadi, tunggu apa lagi? Sulap halaman depan menjadi kebun asri dengan mudah!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY