Guys, setelah seminggu berlangsung, pada malam ini Blibli Indonesia Open 2018 resmi ditutup. Turnamen level Super 1000 ini merupakan kompetisi paling elit dan prestisius di dunia, terutama karena total hadiah yang mencapai USD 1.250.000 atau kurang lebih Rp 17 milyar! Tahun ini, Indonesia patut berbangga karena berhasil mengawinkan dua medali emas dari Owi/Butet dan Kevin/Marcus! Wow, menakjubkan banget ya?

Nah, untuk menutup Blibli Indonesia Open 2018, ada berbagai fun facts seru yang mau kita bagikan pada Blibli Friends. Fakta-fakta menarik ini telah dikompilasi dengan bantuan dari fan base Badmintalk. Kalau mau lebih lengkapnya, jangan lupa follow media sosial mereka, ya! Yuk langsung kita ulik satu per satu!

KLIK DI SINI UNTUK MENGIKUTI PROMO BLIBLI INDONESIA OPEN

1. Terakhir kali Indonesia mengirimkan 2 wakil di final adalah tahun 2012

fun facts

Pada Blibli Indonesia Open 2018, Indonesia berhasil menempatkan dua wakil di final, yaitu ganda campuran Owi/Butet dan ganda putra Kevin/Marcus. Nah, terakhir kali hal ini terjadi adalah tahun 2012, lho. Tahun-tahun berikutnya, Indonesia hanya bisa mengirim 1 perwakilan atau bahkan tidak sama sekali.

2. Indonesia terakhir mendapatkan dua medali emas Indonesia Open di tahun 2008

fun facts

via – bulutangkismania
Pada Blibli Indonesia Open 2018, nama Indonesia diharumkan oleh Owi/Butet dan Kevin/Marcus yang meraih medali emas. Tahukah kamu bahwa terakhir kali Indonesia mendapatkan dua medali emas di ajang Indonesia Open adalah pada tahun 2008? Saat itu, Sony Dwi Kuncoro, Vita Marissa, dan Liliyana Natsir memenangkan nomor tunggal putra dan ganda putri. Ini berarti bahwa setelah 10 tahun, akhirnya Indonesia bangkit kembali!

3. Lin Dan punya “kutukan” di Asia Tenggara

fun facts

via – firstpost
Walaupun Lin Dan adalah salah satu pebulutangkis tunggal putra yang paling ditakuti, faktanya Lin Dan hampir tidak pernah menang di kompetisi Asia Tenggara. Pertama kali ia meraih gelar di turnamen Asia Tenggara adalah pada tahun 2017 lalu, dimana ia memenangkan Malaysia Open. Bahkan, Lin Dan juga nggak pernah memenangkan Indonesia Open sepanjang karirnya, lho. Konon katanya ia nggak bisa bermain baik di bawah tekanan para suporter Indonesia.

4. Pemain termuda dan tertua Indonesia Open 2018

fun facts

via – badmintonindonesia
Blibli Indonesia Open 2018 adalah ajang yang membuktikan bahwa umur tidak berarti apa-apa. Siapapun bisa mendaftar dan mengikuti pertandingan apabila ia sanggup bersaing dengan para pemain lainnya. Tahun ini, pemain tertua dari skuad Indonesia dipegang oleh Hendra Setiawan yang berusia 33 tahun, sementara pemain termuda adalah Siti Fadia yang berusia 18 tahun. Jika dibandingkan secara keseluruhan, pemain termuda di Blibli Indonesia Open 2018 adalah Sydney Lee dari Amerika Serikat yang berusia 17 tahun. Sementara itu, pemain tertua dipegang oleh Joachim Fischer Nielsen yang berusia 40 tahun.

5. Indonesia pernah meraih juara lima kali berturut-turut

fun facts

Via – Robbyn Beck
Sebelum masa Owi/Butet, Indonesia juga sudah merajai Kejuaraan Open di era Trikus Harjanto/Minarti Timur. Pasangan ganda campuran ini menjuarai Indonesia Open lima kali berturut-turut, mulai tahun 1995-1999. Rekor kemenangan ini sampai sekarang belum pernah dipecahkan oleh atlet dari negara manapun!

6. Indonesia pemegang gelar terbanyak di Indonesia Open

fun facts

Sejak diselenggarakan pada tahun 1982, Indonesia telah meraih 84 medali emas, termasuk persembahan dari Owi/Butet dan Kevin/Marcus pada babak final Blibli Indonesia Open 2018. Ini menasbihkan Indonesia sebagai negara pemegang gelar terbanyak di Indonesia Open. Berada di peringkat kedua adalah musuh bebuyutan Indonesia, yaitu Republik Rakyat Tiongkok yang mengoleksi 45 medali emas.

7. Indonesia terakhir kali menyapu bersih gelar tahun 2001

fun facts

via – Youtube
Tahukah kamu bahwa Indonesia terakhir kali menyapu bersih gelar Indonesia Open terjadi pada tahun 2001? Saat itu, semua wakil Indonesia di babak final berhasil mempersembahkan medali emas: Marleve Mainaky di tunggal putra, Ellen Angelina di tunggal putri, Candra Wijaya/Sigit Budiarto di ganda putra, Deyana Lomban/Vita Marissa di ganda putri, serta Tri Kusharjanto/Emma Ermawati di ganda campuran. Bikin bangga deh!


Gimana? Sebagai fans sejati bulutangkis, tentunya 7 fun facts tentang Blibli Indonesia Open ini bakal menambah wawasan dan pengetahuanmu. Selain itu, pastinya kamu pun makin bangga mendukung Indonesia untuk memenangkan gelar demi gelar. Semoga saja di tahun yang akan datang, kita bisa kembali mengulangi sejarah dan menyapu bersih gelar di semua nomor ya!

Sampai jumpa di Blibli Indonesia Open 2019!

SEBELUM KEHABISAN, BELI MERCHANDISE BLIBLI INDONESIA OPEN 2018 DI SINI

1 COMMENT

LEAVE A REPLY