cantik_image

Rajin merawat wajah sama halnya dengan rajin membersihkan pori-pori wajah. Karena permukaan wajah yang mulus sebetulnya berawal dari pori-pori wajah yang bersih.

Pori-pori terdapat pada seluruh permukaan kulit, termasuk di kulit wajah, berfungsi sebagai jalur sirkulasi udara dan pembuangan racun untuk menghindari kulit menjadi kering.

Pori-pori wajah termasuk sangat peka terhadap perubahan suhu dan akan membesar atau mengencang sesuai suhu sekitar kulit. Pori-pori yang membesar tidak hanya mempengaruhi estetika penampilan, tapi berbahaya untuk kesehatan. Jika pori-pori dibiarkan terus membesar dalam waktu yang lama, maka debu dan kotoran dapat menyumbatnya dan menimbulkan masalah kulit yang serius.

Selain itu kelenjar minyak pada jenis kulit berminyak cenderung lebih aktif bekerja, sehingga sebum  mudah muncul. Kalau produksi sebum berlebih, maka lubang pori-pori tersumbat, dan akibatnya nampak membesar.

Derma e Papaya Enzyme & Soy Cleanser
Derma e Papaya Enzyme & Soy Cleanser

Rajin membersihkan muka minimal dua kali sehari – pagi hari dan menjelang tidur- menjadi saran ideal dalam hal perawatan kulit wajah. Gunakan susu pembersih (cleansing milk) yang dibalurkan ke seluruh wajah sambil dipijat dalam gerakan memutar, kemudian cuci wajah menggunakan facial foam  untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel di kulit. Lalu bubuhkan toner ke muka sebagai langkah terakhir.

Penyegar atau toner digunakan setelah wajah selesai dibersihkan. Cairan ini bersifat menyegarkan dan menetralisasi kondisi kulit, sehingga pori-pori akan menutup. Bahkan untuk kulit muka berminyak, kuantitas penggunaan toner harus lebih banyak dibandingkan pada kulit normal atau kering.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah secara teratur agar kotoran tidak menempel yang bisa mengakibatkan pori-pori membesar. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY