Setiap kali menginap di hotel, Omelette selalu menjadi menu wajib yang tidak pernah saya lewatkan di waktu sarapan. Aromanya yang menggoda, apalagi selalu dihidangkan selagi masih panas, amat menggoda. Rasanya sayang bila menginap di hotel tapi tidak menikmati Omelette lezat buatan chef-nya.

Omelette ala Chef Hotel ini begitu menggoda karena tampilannya beda dengan telur dadar yang biasa kita buat di rumah. Warnanya lebih pucat dan bentuknya lebih tebal daripada telur dadar. Dahulu saya dan beberapa teman sering bertanya-tanya bagaimana cara membuat Omelette.

Garden_Omelette

Karena penasaran, saya sering memerhatikan aksi para chef itu saat membuat Omelette. Ternyata caranya amat mudah! Rahasianya terletak pada alat masak dan cara memperlakukan telur yang sudah masuk di wajan. Yang pertama kali perlu diperhatikan adalah diameter wajan yang akan digunakan.

omelette6

Jika menggunakan 2 butir telur, Anda disarankan untuk memakai wajan yang berdiameter 8 inci seperti CS Kochsysteme Solaris Plus.

Wajan

Namun bila telur yang dipakai mencapai 3 butir, Anda sebaiknya menggunakan wajan berdiameter 10 inci. Spatula yang dipakai juga sebaiknya yang terbuat dari material karet yang tahan panas. Tujuannya adalah agar wajan tidak tergores dan spatula tidak meleleh ketika digunakan untuk membolak-balik Omelette.

img_1984

Nah, supaya Omelette ala Chef Hotel yang dihasilkan bisa tebal dan berwarna kuning pucat, ada satu teknik yang bisa diterapkan. Begitu telur dimasukkan ke wajan, aduk-aduk terus telur dengan posisi memutar.

Saat warnanya mulai berubah, dorong telur ke salah satu sisi wajan. Anda tidak perlu mengaduknya lagi. Cukup membaliknya sekali begitu telur sudah terlihat matang. Lalu tunggu sampai sisi yang satunya matang dan berwarna sama dengan sisi yang sebaliknya.

Bila ingin mempraktikkannya di rumah, Anda bisa memanfaatkan stok bahan yang ada. Bahan-bahannya adalah 2 butir telur ayam, 2 sdm susu,
2 sdm margarin serta garam dan merica bubuk secukupnya.

Bila di rumah sedang tidak ada stok susu, Anda bisa mengabaikannya. Total waktu yang diperlukan untuk membuat Omelette ala Chef Hotel ini adalah sekitar 10 menit. Selamat mencoba!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY