Photo Courtesy by www.Antara.com
Photo Courtesy by www.Antara.com

Indonesia kaya akan berbagai jenis wisata. Dan kali ini saya mau mengajak Blibli reader membuka wawasan, atau menambah ide perjalanan dengan mengadakan wisata budaya. Seperti apa? Yuk, cek beberapa saran wisata di bawah ini:

Tur Batik Dari Solo Hingga Garut

Batik memang tidak pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Bahkan beberapa perusahaan melakukan tradisi baru di hari Jumat untuk wajib memakai batik. Bagi saya ini merupakan sebuah kemajuan. Terlebih perempuan Indonesia kini ingin mengenal lebih dari apa batik itu sendiri, terlihat dari segi fashion yang sudah melebar kemana-mana. Saya selalu dari dahulu ingin mencoba menelusuri jejak pembuatan batik di Jawa ini.

Saya mempunyai ide yang sedikit memakan waktu untuk kamu yang gemar traveling. Selain ke pantai atau gunung, cobalah sesekali menelusuri pembuatan Batik yang sudah mendapat anugrah Oral & Intengable Heritage of Humanity dari UNESCO. Perjalanan itu akan dimulai dari bagian tengah pesisir selatan hingga ujung barat kota Garut. Disini kamu bisa bertemu langsung dengan pengrajin batik. Banyak hal yang kamu dapat lakukan, selain masyarakat pengrajin yang rama, kamu bisa bertemu budayawan setempat, mengetahui rahasia ragam bahan dan motif yang dibuat, sampai kamu bisa berbelanja langsung. Saran saya kamu bisa lakukan perjalanan ini mulai dari kota Solo. Seru bukan? Ayo dari sekarang rencakan perjalananmu.

Nah untuk menyambut gembira perjalanan ini, cobalah kamu intip koleksi-koleksi Batik baru dari Blibli untuk mendukung Batik Nasional.

arthic-batik_arthicbatik-jaket-batik-jb4h-brown

makepung

Jembrana, Bali

Selain kamu mengenal lomba karapan sapi di Madura, ternyata di Bali juga memiliki tradisi demikian. Sisi lain Bali yang jarang disentuh oleh wisatawan yakni berada di Jembrana, Bali. Makepung adalah lomba tradisional balapan kerbau yang sudah turun temurun, dan ini sangat populer di Bali loh…dulu petani lah yang membuat semacam acara ini, namun sekarang sudah bukan lagi petani yang memiliki tradisi ini. Setiap masa panen mereka mengisi acara dengan balap kerbau tersebut. Bahkan setiap tahunnya mereka mengadakan ajang besar-besaran yang menjadi ajang bergengsi di Jembrana, Bali untuk merebut piala per tahunnya. Tidak hanya melihat balapan kerbau yang asyik itu tapi kamu bisa juga melihat peninggalan purba seperti manusia purba yang jarang kamu lihat, belanja kain tenun endek, dan tentunya (bagian favorit saya) mencicipi kulinernya yang eksotis. Jadi apakah kamu tertarik mengunjungi Bali selain pantainya yang cantik?

50.1267401273.siak-sri-indrapura-palace

Sri Indrapura, Riau.

Pulau Sumatra selalu menjadi tantangan bagi saya. Selain berbagai macam sejarah yang terjadi disana, pemandangan alam yang juga ikut menakjubkan mata. Bagi saya sejarah Indonesia itu tak ada habisnya untuk dipelajari. Maklum ini adalah salah satu mata pelajaran favorit saya ketika sekolah dulu. Juga  menjadi bagian kenapa saya ingin traveling di Indonesia. Semoga saja kamu juga mempunyai minat yang sama dengan saya hehe…kamu tahu di Riau ini pernah memiliki kerajaan Melayu Islam, yaitu kerajaan Siak Sri Indrapura. Berjarak kira-kira hanya 125km dari ibukota propinsi Riau, Pekanbaru, berdirilah istana yang nan megah ini. Yang membuat kerajaan ini menarik adalah keindahan arsitekturnya yang banyak mempunyai pengaruh dari Eropa serta berisi kekayaan yang tak akan kamu kira. Kerajaan ini sempat gemilang di abad ke-16 hingga 20 menjadikan kerajaan Melayu Islam terbesar di Riau. Datang dan pelajarilah jejak sejarah negerimu wahai Blibli readers 🙂

1349175204850826819

“Besurek”

Kembali pada Batik. Seperti saya katakan diatas, Batik itu tidak akan ada habisnya kamu telusuri. Begitu banyak ragam motif yang dapat menambahkan koleksimu. Salah satunya adalah Besurek. Begitu saya mengetahui mengenai jenis batik ini, saya sangat tergila-gila. Berusek merupakan sebutan khas untuk jenis batik tulis yang dimana permukaannya bertuliskan aksara Arab. Kain Batik ini dapat kamu temukan di Sumatra, pusatnya di Bengkulu. Setiap motif aksara Arab pada kain yang terbaca memiliki makna tertentu. Indahnya lagi setiap aksara tersebut itu berupa kalimat syahadat, Bismillah, Asmaul Husna, dan potongan ayat-ayat suci Al-Quran. Berdasarkan info yang ada di abad ke-7 banyak pedagang muslim yang masuk ke Sumatra. Mereka berasal dari Gujarat, Turki dan dari pedagang Timur Tengah. Selain berdagang, kegiatan haji juga menjadi ikut berpengaruh kepada kain nusantara ini. Jadilah Besurek hingga kini yang kental akan kedua inspirasi tersebut. Ketika kamu hendak berkunjung ke Bengkulu jangan lupa untuk berburu kain Batik Besurek ini. Miliki warisan budaya ini sebagai anak bangsa 🙂

229624989_94f3279270_z

Danau Matano

Indonesia memiliki sejumlah danau yang patut dikunjungi. Selain the famous danau Toba, mereka juga ada danau Matano di Sulawesi. Danau ini menyimpan daya tarik yang menakjubkan dan cerita sejarah yang kamu perlu tahu. Unik merupakan kata yang tepat untuk danau ini, karena danau ini menyimpan gua bawah air serta dihuni ikan purba, yaitu ikan Butini. Kamu dapat menempuh perjalan selama satu jam dari pusat Kabupaten Luwu Timur, yang tepatnya di Kecamatan Malili, dengan menggunakan kendaraan umum yang berjarak 60km (kalau mau hemat). Ketika sampai di dermaga penyebrangan perahu Sorowako di Kecamatan Nuha, disarankan kamu datang di pagi hari karena masih ramai. Masih banyak bersandar rakit penyebrangan yang siap mengantarmu ke dermaga Nuha tepat di seberang danau lokasinya. Sesampainya kamu bisa bertanya kepada supir kapal untuk menjadi guide dadakan. Disana kamu akan melihat ikan Butini lalu lalang kalau mereka tidak malu-malu untuk keluar ya. Traveling dengan tujuan yang berbeda akan membuka wawasan kita tentang Indonesia.

1738597620X310
Ikan purba Butini (www.kompas.com)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY