Satu hal yang membuat kita suka berpikir dua kali untuk membeli smartphone berbasis Windows Phone adalah keterbatasan pilihan aplikasinya. Interface yang sederhana namun cantik, Integrasi yang kuat dengan Microsoft Windows dan Microsoft Office membuat sepertinya kelebihan Windows Phone dilupakan karena keterbatasan aplikasinya ini. Tapi, lihat perkembangan mereka sekarang dengan dua aplikasi baru yang dikeluarkannya.

Sebenarnya, banyak Nokia Lumia itu spesifikasinya tidak kalah dengan smartphone berbasis Android & iOS lainnya. Bahkan, saya sangat menyukai hasil foto dari Lumia 920, dan sangat menunggu-nunggu hadirnya Nokia Lumia 1020 dan Lumia 1520, yang paling besar. Dengan tambahan aplikasi Camera Pro, sejauh ini, adalah kamera yang paling mendekati sempurna yang ada dalam sebuah smartphone.

Microsoft, yang sudah membeli Nokia, mengatakan akan mengeluarkan Path & Instagram “in the coming weeks”. Kalimat itu sangat populer memang, arti kata mereka tidak bisa memberikan kepastian. Lalu, aplikasi apa saja yang telah hadir di Windows Phone 2 hari ini? Bukan (belum) Path dan Instagaram, tapi Vine dan Flipboard duluan. Apakah mereka? sebesar apa mereka? Apa pengaruhnya terhadap Windows Phone?

Vine

Banyak yang secara sederhana menganggap bahwa Vine adalah versi video dari Instagram. Banyak juga diawal yang beranggapan bahwa Vine tidak akan berhasil. Vine, banyak dikreasikan sebagai stop motion, bukan video. Maksudnya adalah sambungan dari motion-motion yang dibuat terpisah. Bingung dengan maksud saya? Coba lihat salah satu akun Vine tersohor, dari Indonesia, @pinot, akun ini dan banyak akun lainnya seolah membantu mendefinisikan niat Vine. Stop Motion. Boleh juga dilihat akun dari Indonesia lainnya, @maswaditya dan @imandita. Dan enaknya lagi, semua ini sekarang bisa dinikmati di Windows Phone.

Vine

Flipboard

Flipboard adalah sebuah startup yang diperkirakan berharga sekitar $800 juta. Bukan untuk diremehkan. Alasan Flipboard bisa semahal dan sesukses ini adalah caranya menghadirkan RSS feeder ke bentuk aplikasi. Dari namanya “flip”, Flipboard menyadari bahwa aktfitas membaca di layar, dimudahkan dengan membalik halaman, bukan scrolling. Flipboard memberi kenyamanan dalam membaca di layar. Tentu dengan sumber yang informatif.

Sedikit lagi, bila Windows Phone sudah menyediakan Instagram dan Path, kompetisi akan semakin ketat. Benar-benar akan jatuh ke preferensi di navigasi dan desain dari masing-masing OS. Seru! Windows Phone user, mana suaranya? 😉

Flipboard

 

 

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY