Sedih saat mendengar pola hidup remaja di daerah perkotaan sudah mulai seperti halnya orang dewasa. Nggak lagi hanya melakoni kesibukan padat di luar aktivitas belajar mengajar dan hobi, saat ini demi pergaulan para remaja di daerah perkotaan lebih sering ‘keluar malam’ dalam aktivitas pergaulannya.

Padahal, pada masa pertumbuhan, remaja seharusnya punya aktivitas positif agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang cerdas. Memang, apa saja sih faktor-faktor yang harus disertakan dalam hidup seorang remaja? Nah, coba deh, terapkan gaya hidup sehat untuk remaja berikut!

Pola Makan yang Bagus dan Sehat
Pola makan yang teratur dan kadar nutrisi yang tepat sangat berpengaruh pada gaya hidup. Hindari makanan cepat saji atau junk food. Sebagai contoh, orang yang melakukan diet karbohidrat akan terlihat agak ‘telmi’ dan emosional. Itu karena kadar nutrisi dalam makanannya ada yang belum terpenuhi.

Olahraga
Dengan berolahraga, stamina otomatis akan meningkat. Orang akan lebih semangat, dan bagusnya, dengan berolahraga akan menghasilkan hormon endorphin. Hormon yang menyebabkan rasa gembira. Jika berada dalam lingkup negatif, hormon ini biasanya dipicu oleh pemakaian narkoba dan konsumsi alkohol. Hii..

Positive Thinking
Berada dalam pergaulan dan lingkungan positif bisa menuntun kita untuk jalani gaya hidup sehat, contohnya, lingkungan olahraga. Dengan begitu, kita bisa selalu berpikir positif untuk melakukan hal yang positif juga. Hal ini juga bisa dilakukan dengan membaca buku-buku yang bersifat positif seperti buku kepemimpinan.

Istirahat yang Teratur
Remaja selalu dituntut untuk memiliki aktivitas tinggi dan hal tersebut butuh masa pemulihan yang cukup. Salah satunya dengan cara beristirahat yang teratur. Karena, nyatanya kita berada dalam masa pertumbuhan dan hebatnya, pada saat tidur hormon kita juga aktif, lho.

Suplementasi yang Tepat
Nutrisi yang terkandung dalam kadar makanan pada jaman sekarang tidak lagi sebagus jaman dulu. Oleh karena itu, pada saat ini remaja membutuhkan makronutrisi yang terkandung dalam suplemen tambahan seperti suplemen protein.

Kenapa gaya hidup sehat harus diterapkan? Nih, simak deh, penyakit yang marak menerpa remaja padahal dulu hanya didera oleh orang dewasa!

Jantung Koroner
Penyakit yang menyerang jantung dan dapat menyebabkan kematian mendadak. Penyakit ini menyumbat aliran pembuluh darah yang dipicu oleh gaya hidup, makan-makanan junk food dan jarang berolahraga.

Kanker
Penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel. Sebagian besar kanker membentuk tumor yang nampak pada tubuh, tapi ada juga yang tidak. Contohnya, leukemia atau kanker darah. Penyakit ini dipicu partikel bebas seperti; polusi udara.

Maag
Penyakit yang juga disebut dengan radang lambung ini dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung. Penyebabnya, biasanya karena stress dan pola makan yang tidak teratur. Jika tidak diobati, maag bisa menyebabkan kanker yang berujung pada kematian.

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY