Bila anda pernah menjalani sebuah program latihan, pasti anda sangat akrab dengan yang namanya repetisi atau rutinitas. Pengulangan hal yang sama berkali-kali. Pace yang sama setiap hari atau setiap minggu, jalur yang sama setiap lari bahkan waktu tempuh yang sama.

Bila semua hal tersebut sangat akrab dengan Anda, maka teruskanlah membaca.

Variasi dalam melakukan program latihan sangat diperlukan. Ada 2 hal penting tentang variasi yang berhubungan langsung dengan keberhasilan program latihan Anda:

1. Pengulangan hal yang sama dapat mengakibatkan cedera yang sama berulangkali. Ketika Anda merubah atau mengganti trek/jalur lari, peralatan lari (sepatu) dan beberapa faktor latihan, sebenarnya membantu badan Anda untuk menghindari cedera yang sama yang ditimbulkan dari gerakan yang berulang-ulang.

2. Pengulangan hal yang sama atau repetisi tidak memberikan kemajuan yang berarti. Ini disebabkan karena badan kita manusia didesain untuk cepat beradaptasi dengan apapun yang kita lakukan berulang-ulang. Ini berarti kita secara otomatis mengurangi beban latihan dengan melakukan hal yang sama berulang-ulang dan berujung pada berkurangnya kemajuan atau progress latihan. Dengan memberikan variasi atau perubahan pada latihan seperti merubah pace, jalur lari dan lainnya secara rutin ini dapat membantu badan kita untuk selalu tetap beradaptasi dengan hal baru yang mana akan membantu dalam meningkatkan hasil latihan.

Coba mulai fokus pada variasi latihan: coba rubah pace, rubah jalur lari dan beri variasi pada rutinitas Anda. Mungkin kalimat ini dapat membantu: β€œBagaimana Anda bisa mengharapkan hasil yang berbeda dengan selalu melakukan cara yang sama.”

Have a fun workout guys.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY