Mau liburan penuh gaya? Eits, nanti dulu! Jangan ngaku fashionista kalau Anda belum tahu benda-benda wajib untuk fashionable vacation tahun ini. Psst, pelajari juga nih seluk beluk sejarah dan info tren terkini dari essential items berikut. Dijamin gaya dan fashion forward. Have a super stylish vacation, ladies!

Espadrille

espadrille jennifer-aniston
Jennifer Aniston

espadrille 1 espadrille 2

Espadrille mudah dikenali dari ciri khas sol tebalnya yang terbuat dari tali tambang atau serat yuta. Hadir dalam berbagai jenis model seperti wedges, flat shoes, bahkan sandal, nama espadrille berasal dari kata espardenya atau sepatu tradisional daerah Catalan, Perancis yang sol nya terbuat dari rumput kasar. Daerah Catalan sendiri dipercaya memproduksi espadrille sejak abad ke-14 dan bahkan, sepatu eco-friendly ini populer pula di kalangan laki-laki. Sejak dikenakan bintang film Lauren Bacall pada tahun 1940 di film “Key Largo”, espadrille dianggap sebagai it-shoes setiap fashionista Amerika Serikat saat itu. Hingga kini, model espadrille beraplikasi pita semata kaki dianggap klasik dan mencerminkan gaya Lauren Bacall. Pada berbagai pekan mode Spring / Summer 2013 lalu, espadrille tetap eksis lho di koleksi runway Christian Louboutin dan Jimmy Choo.

Flip-flop

Premiere Of Sony Pictures' "Hancock" - Arrivals
Charlize Theron

flip flops 2 flip flops 1
Siapa yang nggak tahu jenis alas kaki ini? Dikenal dengan banyak nama seperti sandal, thong, sampai jandal (Japanese Sandal), alas kaki ini beredar hampir di seluruh belahan bumi. Dikenal dari ciri alas yang rata dan strap berbentuk Y yang melintang antara ibu jari dan telunjuk kaki, nama flip-flop berasal dari Amerika Serikat pada pertengahan abad ke-19. Model aslinya berasal dari sandal tradisional Jepang yang ketika itu dijajah Amerika. Istilah flip-flop populer setelah dicantumkan dalam surat yang ditujukan ke editor harian New York Times tahun 1861 yang bercerita bahwa tentara Amerika di Jepang tidak dilengkapi fasilitas memadai dan memakai alas kaki yang berbunyi “flip” dan “flap”, julukan itupun terkenal hingga sekarang. Karena biaya produksi yang murah dan banyak terdapat dimana-mana, flip-flop jarang dikenal sebagai fashion statement.

Bikini

Mischa Barton & Lindsay Lohan
Mischa Barton

bikini 2

Pakaian renang dua potong ini diperkenalkan oleh Louis Reard pada tahun 1946 dan menimbulkan kegemparan ketika dipakai di pesisir pantai Perancis. Dua potong pakaian renang ini kemudian akrab dikenal dengan nama bikini yang berasal dari nama lokasi pengujian bom atom Athol- Bikini, karena dipercaya efeknya sama dahsyat seperti ledakan bom atom. Bikini modern biasanya terdiri dari atasan model bra dan low-cut panties. Sebagian besar terbuat dari bahan lycra atau spandex yang memiliki kemampuan stretch tinggi sehingga mampu mengikuti lekuk tubuh dengan sempurna. Pemakaian bikini lebih banyak digunakan untuk kebutuhan relaksasi dan atraksi karena dalam kejuaraan renang serius, pakaian renang satu potong lebih memenuhi standar kejuaraan.

Panama Hat

Lindsay Lohan Shows Off A Battered Body!?
Lindsay Lohan

panama hat

Topi keren yang mirip trilby hat ini sebenarnya adalah topi tradisional masyarakat Ekuador yang dibuat dari serat tanaman Toquilla (Toquilla straw). Dengan sisi yang lebih lebar dibanding trilby hat dan fedora. Panama hat sering dianggap sebagai jenis straw hat paling elegan. Nama Panama dilekatkan bukan sebagai daerah asalnya, namun Panama adalah daerah pemasok terbesar untuk jenis topi ini di abad ke 19. Popularitasnya melonjak akibat Presiden Amerika Serikat Theodore Rooselvet, dikenal sebagai penggemar beratnya. Panama hat sering dipadankan sebagai pelengkap pakaian musim panas yang berpalet putih, krem dan khaki dengan material pakaian yang tipis seperti katun atau sutera. Gaya tersebut kemudian terkenal di Karibia dan melahirkan Carribean style dengan Panama hat sebagai cirinya. Gisele Bundchen, Jennifer Aniston dan Lindsay Lohan adalah selebrita yang gemar mengoleksi Panama hat dan sanggup merubah pakaian sederhana menjadi lebih gaya.

Wayfarer

sienna miller wayfarer
Sienna Miller

WayfarerPurpleArms

Wayfarer adalah salah satu desain produksi label kacamata Ray-ban. Nah, masa keemasan Wayfarer tersebut banyak banget mengalami lonjakan dari masa kejayaannya di tahun 1950 hingga pudar di tahun 1970-an. Dianggap sebagai desain kacamata yang paling banyak terjual dalam sejarah, Wayfarer dirancang pada tahun 1952 oleh Raymond Stegerman di bawah nama Bausch and Lomb, perusahaan induk Ray-ban. Merupakan salah satu pionir kacamata bergagang plastik, Wayfarer menyimbolkan kebangkitan semangat muda dan era masculine look. Kebangkitannya di tahun 1980 hadir berkat andil musisi era tersebut seperti Michael Jackson, Debbie Harry, Madonna, Morrissey sampai ‘macan’ dunia fesyen, Anna Wintour. Barulah di tahun 2000-an, desainnya mengalami pembaharuan dari bahan dasar acetate yang diganti dengan plastik injeksi serta desain lebih minimalis namun tetap menampilkan ciri khas logam kecil di dua sisinya. Selebrita tahun 2000-an seperti Chloe Sevigny, Mary-Kate Olsen dan Sienna Miller menjadi nama yang mengusung kebangkitan kacamata pengembara ini. Terbagi menjadi Animation Wayfarer dan Buttons Wayfarer, siapa sangka kacamata populer ini terinspirasi dari tokoh-tokoh penting dunia fiksi seperti karakter Clark Kent (Superman) dan Cyclops (X-Men).

Body Suit

Davidelfin - Front Row - Spring 2010 MBFW
Leigh Lezark
Daisy Lowe leaving Bloomsbury Ballrooms
Daisy Lowe

 

Pakaian yang menyerupai busana renang satu potong ini memiliki beragam julukan, diantaranya leotard. Walau awalnya diciptakan sebagai lingerie, fungsi bodysuit berkembang sebagai pakaian senam, balet atau ice-skating, bahkan essential items untuk ajang red carpet. Bentuknya identik dengan siluet pas badan dan terpotong hingga area selangkang. Namun, model lengannya sangat beragam dari tanpa lengan, menutupi seluruh lengan hingga model ekstrim seperti bodysuit berlengan pagoda yang digunakan Lady Gaga. Material yang digunakan pun tak terbatas. Dari lace dan linen, hingga sekarang menggunakan lycra, latex hingga vinyl. Kembalinya bodysuit di tahun 2000-an diprakarsai Beyonce Knowles dalam vidio klipnya yang berjudul “All The Single Ladies”. Belum lagi ‘ulah’ Justin Timberlake yang berusaha ‘mereproduksi’ vidio klip tersebut dan mengenakan bodysuit hitam serupa. Langsung deh, bodysuit kembali heboh!

Messenger Bag

kate moss mini messenger bag
Kate Moss
c0a6bbcc6a030217b5221e9c78495a47
Missoni Spring / Summer 2013

 

Termasuk it-bag pada pekan mode Spring / Summer 2013 lalu lewat koleksi runway Missoni, messenger bag menggeser popularitas tote dan clutch untuk liburan tahun ini. Desain yang fungsional dan sanggup memuat banyak benda dengan tali samping, membuat fashionista jatuh cinta. Desain awalnya memang dirancang bagi para kurir yang mengantar surat dan paket, sekaligus cukup fleksibel untuk dikenakan sembari berkuda atau bersepeda. Rancangan messenger bag modern diprakarsai oleh Frank De Martini untuk perusahaan De Martini Globe Canvas Company pada tahun 1950 di New York. Desain yang netral pun membuat messenger bag sanggup jadi fashion item yang androgini. Essential item for a stylish vacation! Super wicked!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY