Unboxing dan Review: Polytron Crystal 4 W8480


Kalau selama ini kebanyakan adalah produk flagship yang di review, kali ini giliran mid level. Dengan kisaran harga 2 – 4 juta rupiah, tentu Polytron Crystal 4 W8480 masuk ke dalam kategori ini. Crystal 4 adalah pilihan smartphone berbasis Android di mid level. Mari kita bedah apa sih kehebatan Polytron Crystal 4 ini.

Desain

Secara desain, saya harus mengatakan cukup takjub yang pertama dengan ketipisannya yang hanya 6.8mm. Itu hampir sama dengan iPhone 5. Karena Polytron Crystal 4 lebih besar ukuran layarnya, jadi terasa / atau terlihat lebih tipis. Layar Crystal 4 adalah 4.8 inci Super AMOLED HD, sedangkan iPhone 5 adalah 4 inci. Dari tampak depan terlihat sempurna, berkelas karena semua hitam, tanpa ada tombol apapun, bahkan mereknya. Tombol, home, menu & back-nya Android memang ada di bawah, hampir tidak terlihat. Tampak belakang juga tidak mengecewakan.

Produk yang saya ujicoba berwarna biru gelap dove terbuat dari materi plastik, yang dalam peluncuran resmi produk disebut berwarna Midnight Blue, tentu memberikan sentuhan berbeda selain pilihan casing hitam dan putih. Ohya, tapi memang Polytron Crystal 4 ini tersedia juga dalam warna putih atau Pure White. Nah, di belakang baru ada logo Polytron, tertulis resolusi kamera 8.0MP (kamera belakang) dan speaker di bagian bawah. Overall, I’m liking the design.

Display

Layarnya berukuran 4.8 inci super AMOLED HD dengan resolusi 1280 x 720, pixel density sekitar 200 dpi. Ini setelah dilihat memang sudah sangat terang dan tajam. Layar 4.8 inci adalah layar yang cukup nyaman untuk menonton film tapi juga masih cukup nyaman digenggam. Seimbang.

Performance

Prosesor Quad Core, 1.5 Ghz, RAM 1GB, tempat penyimpanan 16GB untuk menjalankan Android 4.1.2 Jelly Bean sudah lebih dari cukup. Saya sempat mencobanya dengan Antutu benchmark, sebuah aplikasi benchmarking ponsel pintar dan tablet berbasis Android, dan berakhir dengan nilai di kisaran 18 ribu, masih dibawah S4, dengan perolehan tertinggi dipegang oleh Galaxy Note 3. Selain itu, Crystal 4 juga menyediakan kamera belakang 8.0MP dan kamera depan yang diatas standar, yaitu 5MP. Baterai? 2000 mAh.

Polytron Crystal 4 memang bukan dibuat untuk menyaingi iPhone 5, Samsung Galaxy S4 atau Samsung Galaxy Note 3. Crystal 4 dibuat memang untuk menjadi alternatif smartphone flagship karena memberikan harga yang jauh dibawah itu semua. Crystal 4 dijual dengan harga ritel Rp 3.499.000. Namun, selama masa promosi hingga 3 November mendatang, Crystal 4 dijual dengan harga Rp2.999.000 di Blibli.com, dengan bonus berupa exclusive leather case dan Indosat Mentari 9GB, bisa dicicil dan free shipping. More…. Than….. Enough.

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

1 COMMENT

  1. saya kurang puas dengan ulasannya terutama phonsel yang jadi pembanding, mestinya akan lebih memberikan referensi yang lebih baik jika di review dengan membandingkan harga yang sama atau mendekati. misal dengan lenovo P780 (3 juta) atau samsung galaxy core.

LEAVE A REPLY