jumper-aki-mobil

Friends, pernah ada di kondisi yang menegangkan di tengah malam dan aki mobil soak? Mobil mendadak macet di tengah perjalanan atau mesin mati tidak kuat distarter, lampu besar redup, dan semua indikator di spidometer mati. Ditambah lagi kamu sedang berada di tempat asing dan tidak bisa langsung menelepon bengkel penyedia aki.

Jangan khawatir karena selalu ada solusi di kondisi darurat. Untuk aki mobil soak, kamu bisa menjalankan teknik jumper. Jadi, kamu bisa “menyetrum” aki yang sudah lemah dengan menghubungkannya dengan menggunakan kabel jumper. Tapi, tak hanya sekadar menyambungkan kabel, menjumper juga butuh kehati-hatian. Simak yuk, triknya!

Kapasitas voltase yang sama

Sebelum menghubungkan dua aki, kapasitas voltase harus sama. Artinya, kalau kapasitas voltase aki yang rusak 12 volt, kamu harus menyiapkan satu aki yang prima dengan voltase yangs ama. Setelah itu, aturlah jarak yang sangat ekat agar kabel jumper yang menghubungkan kedia aki tersebut dapat menyambung dengan sangat baik. Dalam melakukan penjumperan aki, semua fitur yang menggunakan arus listrik harus dimatikan seperi AC, lampu depan, dan audio.

Sambungkan kabel dengan hati-hati

Langkah berikutnya adalah menyambungkan kabel dengan hati-hati. Caranya adalah dengan menghubungkan kabel bermuatan arus postif (biasanya berwarna meraj_ dari aki yang bagus ke aki yang soak pada kepala aki bermuatan positif. Kemudian, untuk kabel berwarna hitam (muatan negatif), hubungkan pada kepala aki bermuatan negatif di aki yang baik, sedangkan ujung kabel yang satunya lagi dihubungkan pada frame mobil yang punya aki soak.

Starter mobil dengan aki bagus terlebih dulu

Setelah kabel terpasang betul dan rapi, kamu bisa menstarter mobil yang punya aki bagus terlebih dulu. Jika sudah dalam posisi idle, tunggu hingga 5 menit. Hal ini berguna untuk mengecas voltase aki yang prima agar siap untuk memindahkan setrum ke aki yang soak. Setelah itu starterlah mobil yang punya aki soak pelan-elan. Apabila belum terjumper, cek kembali kabel yang tadi kamu hubungkan. Kalau ternyata tidak kuat, jangan dipaksa karena dikhawatirkan bisa menyebabkan aki soak korslet.

Itu dia 3 trik yang bisa kamu lakukan kalau mau menjumper aki soak. Jadi, kalau terjadi, kamu bisa lebih tenang karena tahu apa yang harus dilakukan. Apalagi pas mudik nanti ya, perjalanan jauh sebisa mungkin harus lancar. Kamu harus menyiapkan perangkat darurat, termasuk kabel jumper ini. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan peralatan lain seperti pemadam api ringan, tali derek, segitga reflektor darurat, hingga pengaman setir. Bersiap-siap tidak ada salahnya kan?

Semua produk peralatan darurat yang bisa kamu bawa saat mudik ini tersedia di Blibli.com. Pilih kebutuhan yang bisa kamu gunakan di saat darurat dengan menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan seperti cicilan 0% untuk semua produk, berbagai cara pembayaran, gratis pengiriman, dan kualitas yang terjamin. Selengkapnya, cek di sini, yuk!

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY