stella mcccartney 2 ss 2013 stella mccartney ss 2013 prada ss 2013 prada 4 ss 2013 prada 3 ss 2013 prada 2 ss2013 osman ss 2013 mugler 5 ss 2013 mugler 2 ss 2013

Ketertarikan perancang internasional terhadap pesona gaya eksotis Asia sudah tidak bisa dibilang barang baru lagi. Semenjak generasi desainer pada masa lampau, seperti desainer macam Paul Poiret dan Christian Dior, mereka telah mengambil inspirasi dari eksotisme Asia Timur dan menuangkan pesona mistis dan kemisteriusan Asia dalam koleksi adi busana mereka. Dan semenjak itulah, para perancang internasional secara konsisten memiliki hubungan romansa dengan eksotisme gaya Asia dan menginterpretasikan gaya tradisional Asia tempo dulu ke dalam garis rancang dan siluet yang lebih modern. Di panggung runway Spring/Summer 2013 lalu, pesona gaya Asia khususnya Jepang secara mencolok berhasil ambil bagian dalam deretan tren kali ini. Berikut adalah rangkuman dari booming-nya tren eksotisme Asia di panggung dunia.

Kali ini gaya tampilan, potongan longgar dan layering busana khas Jepang secara mencolok mengisi koleksi berbagai desainer internasional yang hasil interpretasinya terbagi menjadi dua gaya yaitu gaya dekoratif yang cendrung ramai dan memiliki banyak detil, serta gaya minimalis yang lebih tone-down dan mengandalkan struktur dan siluet busana.

Desainer yang mengusung gaya dekoratif (termasuk di dalamnya Emilio Pucci, Altuzarra dan Carolina Herrera) mengambil teknik-teknik tradisional seperti knotting, fringing dan teknik bordir yang banyak menghiasi busana tradisional. Namun, hasilnya tidak menjadi penuh kemewahan dan flirtatious seperti kostum film-film Asia tempo dulu, namun lebih menuju gaya setelan resmi yang lebih simpel seperti shirt dress atau setelan malam yang dinamis. Gaya kedua, yaitu gaya yang lebih minimalis dan tone-down, lebih mengutamakan pada struktur busana yang terinspirasi dari garis rancang arsitektural dari siluet kimono yang kaku. Muncul juga berbagai teknik adi busana serta bahan-bahan pakaian yang secara kokoh tetap mempertahankan bentuknya setelah ‘dipersatukan’ oleh sabuk obi lebar di area pinggang. Stella McCartney, Etro, Osman dan Marni semuanya meluncurkan koleksi setelan kimono dengan potongan yang tajam disertai blocking colour tanpa sedikitpun elemen dekoratif di permukaannya. Di dalam presentasi busana Mugler, creative director Nicola Formichetti (yang saat ini telah menjadi creative director dari bran Diesel) secara terampil melahirkan sebuah potongan material kulit yang tetap bertahan ‘membungkus’ tubuh tanpa dikencangkan oleh tali temali.

Untuk ikut ‘ambil bagian’ dari tren busana Asia ini berikut adalah beberapa tips berpenampilan ala Neo Orient atau berbumbu eksotisme Asia:

1. Anda membutuhkan setidaknya satu atau dua elemen khas Asia pada keseluruhan penampilan Anda. Jangan lupa untuk setidaknya mempertimbangkan busana Anda agar tidak terlalu terlihat seperti kostum dan sesuai dengan gaya sehari-hari yang lebih realistis. Tidak ada kesempatan disini untuk kehadiran gaun cheongsam yang penuh motif naga dan lambang-lambang Asia. Tidak! Tren Neo Orient Asia kali ini sama sekali tidak seharfiah itu.

2. Kimono jacket yang minimalis atau blus longgar yang dipenuhi dengan teknik bordir dan sulam sudah sanggup memberikan cita rasa Asia pada penampilan Anda dan tanpa menjadi berlebihan.

3. Tidak ada salahnya menyimpan atau berinvestasi dengan memiliki sabuk obi yang lebar. Sedang tren ataupun tidak, sabuk obi akan berguna memberikan twist segar pada keseluruhan penampilan Anda.

4. Alas kaki khas Asia yang unik seperti sandal thong adalah cara paling halus untuk menerapkan tren oriental ini. Marni, Prada dan Marc by Marc Jacobs semuanya meluncurkan koleksi sandal thong yang cantik, beberapa bahkan dipakai dengan mengenakan kaos kaki.

5. Carilah jaket atau luaran berbahan satin atau raw silk yang halus dan bisa meluncur dengan mudah dari tubuh Anda. Bahan-bahan halus ala Geisha ini juga sanggup menjadi elemen kunci dalam tampilan Asia Anda.

6. Makeover busana yang mudah? Kenakanlah tulip coat Anda atau mantel lain (yang oversized lebih baik) lalu padankan dengan sabuk Obi yang akan sanggup mengubah volume busana Anda ke dalam proporsi baru.

7. Beresksperimenlah dengan eyeliner hitam yang sedikit dipanjangkan di bagian ujung. Namun perhatikan untuk tetap menjadikannya simpel, karena ingatlah untuk berpenampilan realistis. Anda tidak ingin disangka menjadi salah satu pemeran dalam panggung teater Asia, kan?

8. Untuk hair do, tariklah rambut ke belakang dengan gaya sleek back, lalu puntirlah keseluruhan rambut menjadi satu bun yang simpel dan licin untuk berpenampilan up do ala Geisha. Lalu, tolong hindari aksesori rambut yang berbau Asia agar tampilan Asia Anda tidak terlalu ‘berteriak’.

stella mcccartney 2 ss 2013
Stella McCartney
stella mccartney ss 2013
Stella McCartney
prada ss 2013
Prada
prada 4 ss 2013
Prada
prada 3 ss 2013
Prada
prada 2 ss2013
Prada
osman ss 2013
Osman
haider ackerman ss 2013
Haider Ackerman
marni ss 2013
Marni
mugler 2 ss 2013
Mugler
mugler 5 ss 2013
Mugler
haider ackerman 2 ss 2013
Haider Ackerman
etro ss 2013
Etro
etro 3 ss 2013
Etro
emilio pucci 3 ss 2013
Emilio Pucci
etro 2 ss 2013
Etro
aquilano rimondi ss 2013
Aquilano Rimondi
aquilano rimondi 2 ss 2013
Aquilano Rimondi
altuzarra ss 2013
Altuzarra
altuzarra 2 ss 2013
Altuzarra
vivienne westwood ss 2013
Vivienne Westwood

Photos: http://www.vogue.co.uk

2 COMMENTS

    • To adinda: masih banyak lg upcoming tren di artikel2 saya selanjutnya. Ditunggu yah,meanwhile kamu bisa shopping di online mall blibli.com 🙂 happy shopping!

LEAVE A REPLY