Peragaan busana dunia dari musim Spring/Summer 2013 mungkin saja sudah lama berlalu, namun tren yang ditinggalkannya akan bertahan sebagai referensi mode dan gaya untuk setahun penuh. Warna pastel atau neon, motif-motif grafis atau motif kotak-kotak dari tahun 60-an? Semua pilihan gaya ini adalah sebagian kecil dari kumpulan tren berikut ini. Karena musim ini adalah saatnya untuk perubahan dan awal yang baru, seperti kembalinya perancang Hedi Slimane ke rumah mode YSL sebagai creative director lini busana perempuan (yang beberapa waktu lalu telah berganti nama menjadi Saint Laurent), kembalinya Jill Sander untuk bekerja di rumah mode yang ia dirikan sejak tahun 1973, dan Raf Simons yang melakukan debutnya pada koleksi ready to wear di bawah bendera Dior. Seluruh hot buzz koleksi Spring/Summer dari mulai sepatu kayu Prada, sandal berbulu merah dari Celine, sampai plastic chain bag Versus yang berwarna-warni. Simak laporan trend Spring/Summer 2013 berikut ini.

Flower Mania
Yes, flower power is back this season! Dalam arahan gaya hippies 60-an atau sebagai elemen dekoratif semata, cetak motif bunga-bunga tampaknya kembali berjaya di musim semi kali ini. Dapat terlihat pada koleksi Moschino dan Versus yang dipenuhi cetak motif bunga-bunga bergaya 60-an. Juga pada koleksi Prada dan Holly Fulton dengan kehadiran cetak motif bunga-bunga yang berukuran cukup besar hingga mendominasi keseluruhan look busana.

holly fulton flower
Holly Fulton

 

Cropped
Cropped datang di musim ini dalam berbagai bentuk dan varian, mulai dari cropped jacket hingga celana panjang, semuanya hadir dalam berbagai variasi. Balenciaga dan Chanel adalah sebagian dari lini busana yang meluncurkan koleksi cropped jacket, sementara Alexander McQueen menunjukkan bahwa celana panjang cropped mungkin adalah salah satu cara terbaik memamerkan sepatu andalan Anda.

alexander mcqueen cropped
Alexander McQueen

 

Geometric Graphics
Dari cetak motif graphic yang geometris dengan grid seperti pada koleksi Thom Browne, Dries Van Notten, Emporio Armani, Marc by Marc Jacobs, Louis Vuitton dan Jonathan Saunders hingga motif graphic dengan garis dan tone monokromatik seperti pada koleksi Marc Jacobs, motif geometric graphic kali ini hampir pasti telah ‘disahkan’ untuk menjadi tren dikarenakan ‘kemunculannya’ yang meramaikan pada hampir sebagian besar koleksi berbagai rumah mode dunia. Motif kotak dan checkerboard adalah beberapa motif yang paling ramai muncul di musim ini.

marc jacobs graphic
Marc Jacobs

 

 

Bomber Jacket
Bomber jacket menjadi salah satu hot item di musim ini (siapapun seharusnya memiliki satu bomber jacket diantara keseluruhan koleksi busananya). Salah satu koleksi bomber jacket yang paling saya sukai datang dari lini busana Loewe dengan detil emboss dan kolase kain berbentuk mawar dan tumbuh-tumbuhan. Sementara Jonathan Saunders meluncurkan koleksi bomber jacket berwarna metalik dan Erdem meluncurkan versinya yang lebih cute. Chanel, Stella McCartney dan Antipodium mengusung gaya minimalis dan sporty pada koleksi bomber jacket mereka.

loewe bomber jacket
Loewe

 

Jaring
Yep jaring! Masih merasa aneh dan tidak biasa mengenakan material yang satu ini? Well, cobalah membiasakan diri karena tren jaring termasuk salah satu tren yang paling hot dan edgy di musim ini. Dimulai dari New York Fashion Week dalam koleksi Helmut Lang, Jason Wu, dan lainnya serta berakhir di Paris Fashion Week di tangan lini busana seperti Celine, Stella McCartney dan Alexander McQueen. Dari korset hingga jaket dan rok, pastikan Anda memiliki elemen jaring untuk ‘membumbui’ tampilan baru Anda.

alexander mcqueen mesh
Alexander McQueen

 

Sneakers Freakers
Seperti kejayaan sneakers pada tren Spring / Summer 2013 untuk laki-laki yang saya laporkan minggu lalu, pada tren Spring / Summer 2013 untuk perempuan kali ini, sneakers juga menemukan masa-masa kejayaannya kembali. Dari mulai Nike Air Max yang digunakan di Moschino Cheap&Chic, Reebok Classic pada peragaan busana Ashish dan sneakers avant garde pada koleksi Junya Watanabe. Jika Anda termasuk fashionista sejati, bernyalilah untuk memadankan sneakers yang kasual dengan gaun terusan untuk berpesta. Cara terbaik untuk memberi twist berani pada tampilan Anda.

moschino cheap &chic sneakers
Moschino Cheap & Chic

 

Neo Orient
Ini nih salah satu tren yang menurut saya booming dan sanggup menjadi inspirasi berbusana Anda untuk ajang yang lebih formal maupun untuk situasi kasual sehari-hari. Demam gaya dan siluet Asia benar-benar berhasil memengaruhi lini busana besar dan nama-nama terkenal seperti Lanvin, John Galliano, Emilio Pucci, Roland Mouret, Prada, Etro, Huishan Zhang hingga Ports 1961. Kunci gaya Asia yang eksotis ini terletak pada siluet longgar, sabuk Obi yang besar juga tekstur origami atau layering pada busana. Jangan lupakan juga cetak motif khas oriental Asia.

emilio pucci orient
Emilio Pucci

 

etro 3 ss 2013
Etro

 

Ikon 80-an
Para perancang kembali menunjukkan keampuhan ‘mesin waktu’ dan kembali ke era lampau. Jean Paul Gaultier salah satu contohnya. Keseluruhan koleksinya merupakan selebrasi dari ikon-ikon 80-an yang menginspirasinya dari mulai Madonna, Boy George, Sade dan lebih banyak lagi. Pada koleksi Lanvin dan Roland Mouret kita bisa melihat gaya rancang power shoulder atau bantalan pada pundak kembali wara-wiri di panggung fashion week, juga pada koleksi Balmain di bawah arahan Olivier Rousteing yang sedikit banyak terinspirasi dari gaya penyanyi Sade dengan power shoulder dan rambut slicked yang ditarik ke belakang. Perancang topi Philip Treacy pun melakukan tribute untuk Michael Jackson yang dapat terlihat pada rangkaian koleksinya di ajang fashion week Spring/ Summer 2013 lalu.

philip treacy 80s
Philip Treacy

 

Shine On!
Berterimakasihlah kepada Peter Pilotto, Giles, Roksanda Ilincic, Mary Katrantzou, Bottega Veneta, Antonio Berardi, Viktor & Rolf, Balmain, Louis Vuitton serta Alberta Ferretti, karena di tangan merekalah tren sequins dan segala macam material yang mengilat berjaya kembali di musim ini. Mulai dari pemakaian sequins, beads hingga ke cermin yang extravaganza, tren kilau di musim ini tidak hanya cocok untuk menginspirasi Anda sebagai busana pesta semata. Sebagai contoh, kenakanlah atasan berkilau dengan celana pendek atau mini skirt yang kasual untuk tampilan sehari-hari.

alberta ferretti shine
Alberta Ferretti

 

Volume Plus
Proporsi lengan yang oversized, pinggul yang longgar, cape-cape besar dan layering bahan bertumpuk-tumpuk menjadikan volume adalah salah satu kunci eksplorasi di musim ini. Highlight proporsi oversized ini terletak pada koleksi Miu Miu di mana Miuccia Prada meluncurkan koleksi mantel yang semakin membesar pada setiap kemunculannya.

miu miu volume
Miu Miu

 

Pencil Style
Masih ingat rok pensil yang pernah berjaya di tahun 1960-an ala Jacqueline Kennedy? Well, rok ini kembali populer di panggung-panggung runway lho. Bersamaan dengan tren bomber jacket sebelumnya, tren pencil skirt ini cocok sekali dikenakan dengan bomber jacket yang oversized sehingga mampu menciptakan siluet longgar dan ketat yang ideal. Dari mulai koleksi Oscar de la Renta, Christopher Kane, Alexander McQueen, Erdem dan Roland Mouret, semua beramai-ramai mengeluarkan koleksi pencil skirt. Saatnya Anda giat berlatih ke gym nih agar siluet tubuh Anda prima untuk mengenakan pencil skirt ini.

roland mouret pencil skirt
Roland Mouret

 

Putih Bersih
Deretan warna putih berjejer rapi pada pembukaan Fashion Week di Milan yang diprakarsai oleh Roberto Cavalli, Jil Sander, Missoni dan Emilio Pucci. Tampaknya jejeran warna putih kali ini berhasil menjadi ‘bintang’ di musim ini. Kenakanlah head to toe warna putih dengan aksen-aksen yang kontras seperti warna hitam pada aksesoris seperti tas dan sepatu. Saksikan pula kembalinya tren warna putih pada koleksi Preen, Jonathan Saunders, Simone Rocha, Nicole Farhi, Topshop dan Sass & Bide.

missoni white
Missoni

 

Candy Coloured
Di musim Spring / Summer 2013 kali ini, para desainer sepertinya berlomba-lomba untuk ‘memaniskan’ koleksinya dengan warna-warni pastel yang cute. Dari mulai warna spearmint, baby blue, pink pastel hingga kuning lemon, semuanya hadir untuk tampilan baru Anda yang lebih cute dan sweet. Tren ini dapat Anda temukan pada koleksi Christopher Kane, Prada, Fendi, Erdem, Mulberry, Sonia Rykiel, Ports 1961, Viktor & Rolf, Valentino, Antonio Marras dan lain sebagainya.

antonio marras pastel
Antonio Marras

 

Neon Love
Untuk mengimbangi tren warna-warni pastel yang candylike, jangan khawatir, bagi Anda yang menyukai tren yang lebih bold ternyata warna-warni neon kembali ‘bersinar’ lho. Proenza Schouler memastikan warna hijau stabilo neon kembali menjadi juara di koleksinya kali ini. Padankan warna-warni neon seperti pop pink, hijau stabilo, oranye terang dan biru elektrik dengan warna-warna netral seperti hitam, putih dan abu-abu. Saksikan kejayaan warna-warni neon dalam koleksi Erdem, Antonio Berardi, Simone Rocha, Matthew Williamson, Missoni dan Hussein Chalayan.

alexander mcqueen neon
Proenza Schouler

 

The Sixties
Dalam berbagai arahan dan tema gaya, era 60-an kembali mendobrak di musim ini. Dari mulai tema film sci-fi yang diusung oleh Antipodium, Eudon Choi, Teatum Jones, hingga yang penuh warna dan seru seperti pada koleksi Moschino, Holly Fulton dan Louis Vuitton hingga ke arah gaya yang lebih canggih dan elegan seperti pada koleksi Gucci dan Tom Ford. Black eyeliner yang tebal serta gaya rambut sasak dan up do, you name it! Saatnya mengadaptasi kembali gaya 60-an versi Anda.

moschino sixties
Moschino

 

Animal Maximal
Musim ini adalah salah satu musim penghargaan kepada alam dan binatang-binatang di dalamnya. Betapa tidak, para desainer beramai-ramai ‘memunculkan’ tren animal print pada koleksi mereka. Issa meluncurkan perjalanan tropis dengan sartorial look dan print bermotif gajah, macan dan burung-burung hutan tropis pada koleksinya. Sementara Kenzo mengajak kita berkelana dalam hutan tropis dengan jumper bermotif macan. Bahkan Erdem sekalipun berjalan menuju sisi yang lebih ‘liar’ dengan tampilan kulit ular dalam rangkaian koleksinya.

erdem animal print
Erdem

 

See Through
Salah satu tren yang menjadi highlight di musim ini adalah bahan-bahan transparan atau see-through. Seperti pernah berjaya pada tren Spring / Summer tahun lalu, kali ini bahan see-through hadir dalam tampilan yang lebih flirtatious dan menggoda. Lihat saja koleksi pirate skirt dari Haider Ackerman, Giambattista Valli dan koleksi super seksi dari Nina Ricci.

haider ackerman see through
Haider Ackerman

 

Photos: http://www.vogue.co.uk


2 COMMENTS

LEAVE A REPLY