Travelling atau bepergian jauh sudah menjadi hal yang lumrah pada saat ini. Baik hanya bepergian didalam negeri maupun sampai keluar negeri, dan dengan berbagai keperluan seperti berlibur, tugas kantor dan lainnya. Apalagi bagi para ‘frequent flyer’, kegiatan ini bisa menghambat program latihan yang sedang Anda jalani atau sekadar menjalankan rutinitas saja. Banyak hal yang bisa menjadi faktor penghambat misalkan stres perjalanan yang jauh dan lama, terlalu capek di dalam perjalanan, jet-lag dan sebagainya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rutinitas atau program kita tidak terganggu, baik kita sedang dalam urusan pekerjaan maupun sedang berlibur bersama keluarga.

Bila kita sedang bepergian untuk sebuah business trip, biasanya kita akan mendapati diri kita terbang dengan pesawat pertama dipagi buta atau bahkan pesawat terakhir ditengah malam dan juga meeting-meeting yang panjang dan asupan makanan yang berantakan. Kondisi-kondisi tersebut tentunya tidak kondusif untuk melakukan kegiatan rutin lari kita. Kita bisa mengatasinya dengan cara melakukan perencanaan untuk program kita sebelum bepergian. Beberapa hal yang bisa kita lakukan seperti:

Buat atau cari rute lari.
Bangun lebih pagi dan gunakan layanan online untuk mencari rute yang aman disekitar hotel. Sedikit kafein dan musik bisa membantu kita lebih rileks untuk memulai lari pagi kita. Jadi kita lari sebelum memulai aktifitas atau keburu badan lelah setelah sejumlah aktivitas pada hari itu.

Gunakan fasilitas hotel.
Bila kita tidak dapat menemukan jalur yang nyaman, kita bisa menggunakan fasilitas fitnes didalam hotel. Gunakan treadmill atau sepeda statis, angkat beban atau hanya melakukan 30 menit stretching bila hotel tidak mempunyai fasilitas fitnes. Seringan apapun latihan yang kita lakukan adalah lebih baik daripada tidak samasekali.

Jaga pola makan.
Dalam perjalanan untuk sebuah pekerjaan biasanya akan banyak acara traktir mentraktir bahkan hingga tengah malam dan juga berbagai meeting panjang yang tanpa asupan makanan. Hal-hal tersebut bukan alasan untuk kita meninggalkan kebiasaan makan kita yang teratur walaupun hanya sehari dua hari. Tetap dengan pola makan kita yang sudah kita lakukan selama ini. Dan bawa makanan kecil atau buah bila kita akan meeting dengan jangka waktu yang lama dan tentunya tidak lupa untuk tetap meminum air putih atau lebih baik memilih juice.

Dan tidak berbeda jauh apabila kita bepergian untuk berlibur. Bedanya adalah dalam berlibur kita punya sedikit waktu lebih banyak untuk rutinitas kita dan nilai plus lainnya adalah pemandangan baru yang indah dan biasanya lokasi wisata terhitung aman. Anda bisa melakukan sedikit variasi rutin Anda dengan melakukan ‘speed-play’. Berlari dengan pace tinggi dari satu resort ke resort lain atau dari satu monumen ke monumen lain atau menambah jarak dengan mengelilingi pulau. Dengan begitu akan ada variasi dalam latihan Anda.

Dan untuk menunjang latihan Anda, blibli.com dapat menjadi alternatif dalam berbelanja peralatan olahraga Anda. Selamat mencoba.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY