Halo Blibli readers,

Dimulai dengan tujuh pilihan kawasan terbaik trekking di daratan Indonesia, kamu bisa memulai dengan pilihan terbaik dari sini.

Satu lagi sebelum kita menuju inti artikel, saya ingin berbagi pengalaman, dikala saya menggunakan senter saat trekking malam ternyata saya kehabisan baterai dan kondisi dingin yang juga membuat senter menjadi ngadat. Sehingga perjalanan pun menjadi terhambat. Nggak mau dong kamu mengalami pengalaman seperti saya. Coba deh kamu miliki Maglite Mag Charger Rechargeable ini. Senter ini didesain tahan pada cuaca ekstrim sekalipun. Dan senter ini memiliki cadangan bohlam didalam tailcapnya. Jadi kamu tidak perlu repot-repot membawa cadangan baterai yang menghabiskan tempat di backpackmu.

peragro_maglite-mag-charger-rechargeable-rx5019r-rn5019r

Diantara beberapa lokasi trekking Indonesia, saya memberikan 3 dari beberapa lintas alam yang menajubkan mata. Seraya kamu tidak akan menemukan keindahan ini sehari-hari di kota. Apalagi trekking ini sungguh menyehatkan badan dan pikiran. Tidaklah salah bukan, apabila berpergian sedikit jauh hanya untuk mencicipi pengalaman yang tak terlupakan. Selamat mendaki!

Hi Rope 2 OB

1. Safari Trek – Taman Safari Bogor

Walaupun terkenal dengan satwa yang lucu dan pemandangan akan satwa yang lalu lalang, Taman Safari menambah nuansa hutanya selangkah lebih ramai. Adanya Safari Trek mampu menjadikan kunjungan lebih beraktivitas. Safari Trek mempuyai dua jalur trek. Trek pertama bernama rute Kancil, rute ini sepanjang 3 kilometer (km) sedangkan satunya lagi sepanjang 8 km. Rute itu disebut rute Macan Tutul. Jarak yang berbeda juga mempunyai garis akhir rute yang beda. Rute Kancil ini berakhir di Macan Tutul Camping Resort, sedangkan rute Macan Tutul berakhir di Caravan Camping Ground. Untungnya rute ini sudah menjadi tapak untuk berjalan. Jadi, bagi kamu sekeluarga bisa menikmati trek yang ada.

Selagi kamu menikmati trek tersebut, banyak hal yang bisa dipandangi selama berjalan. Pemandangan aneka fauna yang menyenangkan dimulai seperti kupu-kupu, bermacam burung, unta, sampai gajah. Bahkan kamu bisa memegang gajah dan mengambil foto bersama. Safari Trek dibuka dari jam 08.00 sampai jam 11.00 pagi. Trek ini hanya buka pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Harga untuk Trek inipun tergolong murah, hanya dengan Rp20.000 saja. Tetapi persyaratan pun wajib dijalani, misalnya, minimum sepuluh orang dan pendaftaran juga diperlukan jauh-jauh hari sebelum datang ke Safari Trek tersebut.

rinjani-trekking

2. Rinjani Trek Centre

Gunung Rinjani yang sangat mempesona ini memang menjadi daya tarik para turis maupun backpackers lokal. Berada di ketinggian 3,726 meter (m) dan terletak di kepulauan Lombok, gunung Rinjani dijadikan salah satu tempat objek wisata yang perlu didatangkan. Jungle Trek disini juga menjadi salah satu daya tarik yang diminati wisatawan. Panjangnya Trek ini merupakan kesempatan bagi turis pula untuk melihat keajaiban-keajaiban didalamnya. Taman Nasional Gunung Rinjani dibuat pada tahun 1997, dan sudah dikunjungi oleh ribuan wisatawan mancanegara. Gunung yang disebut-sebut sebagai gunung sakral ini mempunyai dua jalur alteranatif bagi para penikmat alam, yaitu jalur Sembalun Lawang dan yang sering digunakan adalah jalur Suneru.

Pendakian gunung ini mempunyai berbagai pos agar menghitung para pendaki tidak terlalu lelah dalam perjalananya. Sebaikanya bila kamu belum berpengalaman ikutilah program-program pendakian yang ada. Setelah melalui rute hutan belantara yang lebat, kamu akan melewati pelewangan Senaru. Sebaiknya kamu menginap satu malam untuk melihat terbenamnya matahari dan terbitnya matahari keesokan paginya, di tempat ini kamu akan menikmati indahnya pemandangan Gunung Baru dan Danau Segara Anak.

Mengingat jalanan ke danau Segara Anak sangatlah terjal jadi harus ekstra hati-hati. Danau yang menjadi salah satu keeksotisan Gunung Rinjani ini terbentuk secara vulkanik akibat letusan dari Gunung Rinjani. Danau ini terletak di ketinggian 2.800 meter, kaya akan ikan-ikan maupun flora fauna lainnya. Aktivitas yang dapat Β kamu lakukan di danau adalah mandi di air kelaq atau air belerang yang lumayan hangat dan asyik untuk berendam. Aktivitas lain yang bisa di lakukan adalah memancing ikan karper dan mujahir dan ikan emas.

Perjalanan menuju puncak Rinjani juga tidak mudah, medan yang berat dan perjalanan yang memakan waktu selama empat jam membutuhkan fisik yang kuat. Di puncak Rinjani anda dapat menikmati matahari terbit dan mengambil gambar. Indahnya pemandangan di puncak menjadikan pengalaman tak ternilai. Gunung Rinjani terpilih menjadi salah satu pemenang World Legacy Award 2004 untuk kategori Destination Stewardship (Pengelolaan Tempat Tujuan), yaitu tempat yang berhasil melindungi peninggalan alam dan budaya secara menyeluruh.

9167523514_937e1aebde_z

3. Gunung Pancar Trek

Gemar mendaki atau sekedar penasaran ingin mengetahui bagaimana rasanya menjadi pendaki? Bermula lah pada Gunung Rinjani. Selain jarak yang dekat dengan kota, trek ini juga sudah dijelajahi semua pecinta gunung. Jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk mencari trek sendiri. Trek yang sudah ada menjadi beberapa fungsi disini. Ada yang dijadikan ekowisata pemandian air panas, air terjun bahkan trek mountain bike. Sempat adaΒ night trekking di gunung Pancar ini, namun sayangnya sedang ada perbaikan sementara. Padahal sensasi menaik gunung lebih terasa pada malam hari.

Lokasi trek ini memang cukup terpencil, lebih kurang 13 kilometer dari pintu tol Sentul Selatan. Melewati Perumahan Bukit Sentul, pengunjung harus menelusuri jalan ke arah tenggara menuju Desa Karang Tengah. Sampai di sebuah pertigaan jalan, ada papan penunjuk yang akan menuntun wisatawan menuju Gunung Pancar, yang jaraknya tinggal tujuh kilometer. Selewat perjalanan, kamu akan menemukan hal-hal yang tidak biasanya ada di kota.

Seperti pemandangan penduduk desa yang sedang menjemur cengkeh atau mengangkut daun singkong dari kebun yang banyak terdapat di sepanjang jalan. Pekerja kasar membelah dan mengangkut batu kali, melewati pematang sawah. Ada pula jejeran Perumahan Bukit Sentul, terlihat indah dari atas bukit, beberapa jembatan dan anak sungai. Truk-truk tua yang sangat perkasa di tahun 1960-an masih dapat kita jumpai berjalan perlahan, keberatan membawa batu kali dan pasir gunung.

Dalam sekitar 30 menit kita akan menemukan pintu masuk Taman Wisata Gunung Pancar. Untuk kali ini, bagi para pengunjung harus merogoh kantong untuk pemandu wisata yang berkeinginan ke atas puncak dengan harga Rp25.000 saja. Pemandu wisata pun siap memandu pengunjung. Di sepanjang jalan dari pintu pertama hingga tempat wisata air itu, pengunjung melewati pepohonan pinus yang berjajar rapi di sisi kiri dan kanan, membuat jalan terasa sejuk. Aroma pinus menjadi dambaan pengunjung yang ingin akrab dengan alam. Walaupun harus bersusah payah menempuh perjalanan mendaki begitu lama dan penuh jalan berlubang, suasana sejuk alam sekitar dan kehangatan air panas seakan meleburkan kekesalan itu. Pengunjung yang datang dari berbagai penjuru menjadi akrab bermain di riak-riak air.

Sedangkan untuk ke atas puncak pengunjung mulai melintasi jalanan proyek kemudian menyimpang ke kiri memasuki kebun dan pematang sawah sebagai welcome route untuk pemanasan. Dari sini lintasan menanjak menembus hutan. Gelap di mana-mana. Bagus bila langit berbintang kendati kawasan Gunung Pancar lebih sering hujan, dan kamu akan melihat air terjun disana. Untuk gunung Pancar sendiri mempunyai cerita yang berkembang di masyarakat, konon pada malam tertentu di sekitar puncak gunung itu terdapat pancaran sinar yang sangat terang. Ada juga yang menyebutkan bahwa bernama Gunung Pancar karena dari bentuk dan rupanya gunung itu tetap memiliki kesamaan wajah meskipun dilihat dari tujuh sudut berbeda. Trek ini cocok bagi kamu yang penat akan kesibukan kota dengan wisata yang tidak terlalu jauh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY