esme fashion 010316 jenn and brandon jenn dress haifa grey silver esme fashion 010407aesme fashion 010308

 

Hello ladies, terutama para hijabers Indonesia. Well, tanpa terasa kita sudah memasuki bulan Ramadhan lagi nih tahun ini. Tak terasa waktu cepat berlalu yah! Berikut saya share tips-tips mode dan kunci utama berpenampilan dengan hijab. Khusus untuk Anda yang mengenakan hijab ataupun untuk Anda yang ingin mencoba bergaya dengan hijab di bulan ini. Enjoy!

 

Memakai hijab berarti Anda harus menyesuaikan diri Anda kembali dengan pakem-pakem dan aturan agama yang baku. Tapi kata siapa berhijab berarti mengorbankan kepribadian dan sense of style Anda yang unik? Berikut adalah tiga kunci mode utama dalam mengenakan hijab:

1. Kenalilah dan cintai penampilan Anda dan benar-benar mengerti siapa diri Anda sebenarnya. Memakai hijab bukan berarti mengubah kepribadian dan keunikan Anda, kan. Jika Anda cendrung berkepribadian rock n roll, tak ada salahnya menerapkan sedikit sense gaya tersebut dalam penampilan Anda.

2. Dress to express not to impress. Penampilan adalah ekspresi diri Anda dan tidak seharusnya menjadi beban bagi Anda untuk selalu berusaha mengesankan orang lain. Jika Anda tidak nyaman, tinggalkanlah gaya mode tersebut walaupun gaya tersebut sedang populer sekalipun.

3. Ketahuilah apa tren mode yang sedang happening saat ini dan tambahkan aksesori sesuai tren terkini. Walaupun Anda tetap memiliki pakem-pakem khusus dalam berbusana sesuai aturan dan nilai-nilai muslimah yang baik dan benar. Jadilah peka tren dengan sering membaca info-info tren terbaru, seperti blog saya ini 🙂

 

Sebagai tambahan dari tiga aturan dasar yang saya kemukakan di atas, ada baiknya Anda membaca tips tambahan bergaya hijab dengan mudah dan simpel yang dapat Anda praktekkan sehari-hari. Dengan informasi ini, saya harap Anda mampu menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan nyaman dengan busana muslimah Anda yang sesuai aturan dan tata cara yang berlaku.

 

Jangan Kenakan Tekstur Terlalu Banyak
Jika Anda mengenakan dress atau atasan dengan detil ruffle, hindari menambahkan tekstur lain pada penampilan Anda seperti pleats atau tekstur busana lainnya. Percayalah, mencampur adukkan tekstur yang terlalu banyak tidak akan mendukung penampilan Anda sama sekali. Golden rule dari tips mode gaya hijab adalah kenakanlah komposisi yang bertentangan antara hijab dan pakaian Anda. Jadi jika Anda mengenakan busana dengan tekstur seperti ruffle atau pleats, kenakanlah hijab tanpa tekstur atau polos untuk mengimbangi keseluruhan penampilan. Semakin simpel bahan hijab Anda, akan semakin mudah dipadu padankan.

 

Keep it Simple and Clean
Hindari bahan atau motif yang terlalu ramai atau bertekstur. Namun, tambahan detil kecil di tempat-tempat yang tepat dapat berguna ‘mendongkrak’ penampilan Anda. Tesktur dan motif yang ramai cendrung menarik perhatian mata, maka dari itu pilihlah bagian tubuh yang paling ingin Anda tonjolkan dan kenakanlah detil-detil yang mencuri perhatian pada daerah-daerah tersebut. Jika Anda tetap ingin mengenakan summer dress atau busana dengan warna-warni mencolok, seimbangkanlah dengan hijab berwarna simpel atau mute. Semakin sederhana penampilan Anda, akan semakin bersahaja Anda terlihat.

 

Jauhi Warna-warni yang Terlalu Banyak
Jika keseluruhan busana Anda memiliki dua tone warna, warna hijab Anda sebaiknya serasi dengan warna utama atau warna paling dominan dari keseluruhan penampilan. Namun terlalu matching juga akan membuat Anda terlihat konyol, seperti mengenakan hijab berwarna pink dengan atasan pink, celana pink dan sepatu pink (please, Anda bukan anak kecil lagi deh). Lakukanlah sedikit riset tentang proporsi dan kombinasi warna. Ketahuilah bahwa gradasi warna dan kontras terkadang sangat diperlukan dalam detil penampilan.

 

Pilihlah Satu Vocal Point
Ketika Anda berbusana, pilihlah dan putuskan satu vocal point atau fokus utama dari keseluruhan penampilan Anda. Ketika Anda memutuskan untuk mengenakan hijab dengan detil gaya Spanish yang rumit, pilihlah busana atau atasan yang simpel dengan celana panjang berpotongan lurus. Namun jika Anda memilih rok maxi dengan motif print yang berani, padankanlah dengan atasan sederhana berwarna solid dan hijab yang simpel tanpa ada balutan-balutan dan ikatan yang rumit.

 

Upgrade Penampilan Anda Dengan Aksesori Terkini
Aksesori hijab semacam bros, pin atau aksesori keseluruhan seperti fashion jewelleries, jam tangan, kacamata hitam, sepatu, handbags adalah cara paling halus namun juga paling efektif untuk menunjukkan bahwa Anda peka mode. Pilihlah aksesori Anda dengan pintar dan penuh pertimbangan. Beberapa aksesoris yang paling baru dan terlihat fashion forward akan mampu mendongkrak keseluruhan busana yang sederhana sekalipun. Jadi Anda juga tidak akan terlihat berlebihan dan cendrung menjadi pamer. Aksesori yang menarik perhatian akan sanggup bertahan selama setahun penuh karena dapat dikenakan berulang-ulang dan sesering mungkin. Tidak seperti busana dan outerwear lain. Namun juga Anda harus tetap waspada, hindari juga mengenakan aksesori yang terlampau berlebihan. Hijab berwarna terang yang dipadankan dengan atasan berkilau, bangle yang bertumpuk-tumpuk dan sepatu yang over powering akan cendrung merusak penampilan Anda. Hindari istilah ‘too much going on’ pada look Anda.

 

Hindari Bahan dan Material Ketat yang Menunjukkan Lekuk Tubuh
Jauhi bahan yang ketat di tubuh seperti campuran jersey atau spandex yang memiliki kecendrungan untuk mengikuti lekuk tubuh terutama di area yang tidak Anda inginkan. Selain tidak sesuai kaidah agama, atasan bahan jersey atau tunik dan dress yang ketat akan terlalu menunjukkan tubuh. Jika masih memaksa ingin mengenakan bahan-bahan tersebut, Anda harus mengimbanginya dengan mengenakan coat atau jaket yang lebar di bagian luar.

 

Miliki Stok Busana Muslim Ketika Sedang Musimnya
Busana muslim yang wearable seperti tunik, rok panjang, maxi dress, kemeja panjang, kaftan dan head scarves bisa jadi dijual secara musiman di toko-toko busana. Nah, ketika busana-busana tersebut sedang tren dan banyak dijual di toko-toko (seperti pada bulan Ramadhan kali ini), segeralah pasang target untuk membeli dan mengumpulkan stok. Karena biasanya pada musimnya, busana-busana muslimah tersebut akan tersedia dalam lebih banyak pilihan warna, gaya dan ukuran. Inilah saatnya membeli, untuk setahun ke depan. You go ladies!

 

Subtle Effort
Jangan terlalu memikirkan dan merencanakan penampilan Anda dengan terlalu detil seperti warna yang kelewat matching pada busana dan aksesoris. Koordinasi warna pada hijab dan busana tidaklah harus terlalu detil dan baku. Warna tidak lah harus selalu sama antara hijab dan pakaian Anda. Cobalah lebih bermain, seperti mengenakan tunik dan celana berwarna coklat lalu berilah sedikit kontras dengan hijab berwarna krem. Atau cobalah kenakan atasan berwarna hitam dan berilah sedikit kejutan dengan hijab berwarna lime green yang fresh. Berbusanalah dengan spontan dan terkesan tanpa usaha yang terlalu keras. Selayaknya hubungan komunikasi antar manusia, tidak akan ada orang yang terkesan dengan sesuatu yang diusahakan terlalu keras. Subtle effort selalu menjadi juara dalam penampilan Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY