Car Audio
Musik untuk kegembiraan perjalanan mudik!

Kalau kamu mudik pakai mobil, audio sudah pasti jadi salah satu faktor penting untuk menentukan mood di perjalanan. Kemacetan bisa terasa lebih ringan jika ditemani musik favorit. Tapi Friends, kerap menemui kualitas audio mobil tidak sesuai ekspektasi? Misalnya terdengar suara gemerisik atau bass yang tidak terdengar?

Jangan buru-buru menyalahkan bengkel atau perangkat audiomu. Sebab, banyak faktor yang ternyata bisa membuat kualitas audio menurun. Bisa jadi, pemasangan audio yang tidak betul membuat kualitas suara menurun. Karena mobil bergerak, kemungkinan kabel kendor sangat besar terjadi. Faktor lain adalah alatnya sendiri, kalau audiomu menggunakan speaker dengan cara kerja mekanik, sudah pasti ada umurnya. Ketiga, interior dalam kabin yang bisa mempengaruhi suara.

Nah, sebelum mudik, ada baiknya kamu mulai mengecek semua perlengkapan audio biar perjalanan jauh makin cihuy. Simak yuk tips merawat audio mobil berikut.

Matikan audio mobil sebelum mematikan mobil

Mematikan mobil sebelum audio mati ternyata bisa memperpendek usia pakai sistem audio mobil. Ketika mematikan mesin dan sistem audio masih menyala, maka audio juga akan langsung menyala saat mesin mobil di-starter kembali. Jika hal itu terjadi, sistem audio mobil mendapatkan tegangan dari baterai/aki yang kurang stabil sehingga dapat merusak komponen di dalamnya.

Selalu gunakan CD orisinal untuk kualitas suara terbaik

Wah, hal ini sepertinya bisa jadi alasan agar kamu selalu membeli CD orisinal ya. Yes, kualitas audio yang buruk ternyata bisa jadi muncul dari pemutaran CD bajakan. CD bajakan biasanya memang tidak punya kualitas audio sebagus CD asli. Selain itu, CD musik bajakan juga membuat perangkat bekerja lebih keras sehingga cepat rusak.

Jangan malas membersihkan debu yang menempel di head unit

Hal ini sih sudah jadi kewajiban, Friends. Kalau kamu sayang mobilmu, apalagi akan digunakan untuk perjalanan jauh, rajin-rajinlah membersihkan semua debu yang menempel, terutama di head unit. Perhatikan juga celah-celah yang tak terlihat.

Itu dia tips agar perjalananmu makin menyenangkan nantinya. Kepikiran pakai audio baru untuk mengganti perangkat lamamu? Pas banget karena di Blibli.com tersedia berbagai produk audio dari bermacam macam brand Friends. Ada juga perangkat audio mobil untuk membuat kamu dan keluarga tetap bahagia di mobil. Kamu bisa mengganti audio mulai dari head unit, speaker, amplifier, dan berbagai aksesoris audio lain.

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY