Dapur 1

Dapur adalah salah satu tempat yang paling bisa mencairkan suasana. Misalnya dengan acara memasak bersama keluarga. Atau bahkan, sekadar acara icip-icip inovasi masakan baru, akan mengundang kebahagiaan bersama.

Sayangnya, ruang untuk dapur di sebuah rumah makin kecil saja. Bukan tanpa alasan. Harga tanah yang makin melambung membuat orang lebih memilih memaksimalkan membangun kamar daripada dapur. Apalagi yang punya rumah tipe 36 dan punya anak banyak. Kalau sudah begitu, dapur minimalis jadi pilihan.

Lantas bagaimana kalau ingin punya dapur rumah yang tetap bisa menjadi salah satu ruangan favorit keluarga? Anda bisa mencoba beberapa tips menata dapur mungil tapi trendi dari Blibli berikut ini:

• Pilih lemari dan rak yang tinggi

Lemari

Lemari dan rak yang tinggi bisa memberi kesan lebih lapang. Tempatkan perkakas yang paling jarang dipakai di rak paling atas. Makin ke bawah gunakan untuk menyimpan barang yang paling sering dipakai. Tujuannya, agar Anda tak repot. Saat akan menggunakan barang yang jarang dipakai, baru ambil di rak paling atas. Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan rak susun yang bisa dipakai untuk barang seperti ini.

• Pilih furniture dengan warna pastel atau kalem

Furniture

Dapur adalah ruangan yang gampang kotor. Dengan warna pastel atau kalem Anda memang akan lebih sering melihat kotoran yang harus dibersihkan. Tapi justru di sinilah “rahasianya”. Makin sering dapur terlihat bersih dan rapi, biasanya kesan lapang akan lebih muncul. Jadi sering-sering bersihkan dapur ya.

• Pilih cat dinding dapur yang senada dengan tembok di sebelahnya

Cat Tembok

Warna tembok dinding dapur yang senada dengan tembok di sebelahnya akan memunculkan kesan menyambung. Jadi, dapur rumah akan terlihat lebih luas.

• Pilih rak cuci yang lebar

Rak Cuci
Mungkin Anda bertanya, mengapa untuk dapur minimalis malah disarankan pilih rak cuci yang lebar? Ini sebenarnya soal kebiasaan saja. Salah satu perkakas yang paling sering digunakan adalah penggorengan dan panci. Jika rak cuci lebar, Anda akan lebih mudah membersihkan penggorengan dan panci. Lalu, karena sering digunakan, biar gampang diambil dan dipakai, simpan saja sekalian di rak cuci yang lebar itu. Tapi kalau ternyata Anda jarang memasak, mungkin rak cuci kecil akan lebih cocok karena tidak makan tempat.

• Pilih perkakas yang multifungsi

Perkakas Multifungsi

Sekarang banyak model perkakas yang multifungsi. Misalnya, wadah penyimpan plastik yang jika tidak digunakan bisa disatukan sehingga hemat tempat seperti ini. Atau tempat-tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan bumbu seperti ini  atau ini

• Manfaatkan sudut dapur dengan maksimal

Sudut Dapur
Salah satu rahasia membuat dapur jadi lebih lapang adalah dengan memanfaatkan sudut dapur. Sayangnya tak banyak yang bisa ditempatkan di bagian pojok dapur. Untuk mengakalinya, Anda bisa memilih rak alternatif semacam ini.

• Gunakan ubin model diagonal
Ini adalah rahasia kecil para desainer. Penempatan ubin secara melintang atau diagonal secara psikologis akan memberi kesan lebih luas pada satu ruangan.

Dengan beberapa tips tadi, Anda bisa membuat rumah jadi punya dapur minimalis yang berfungsi maksimal. Untuk melengkapi koleksi dapur, cek perkakas lain pilihan Anda di sini dan manfaatkan kesempatan cicilan 0% dari Blibli.

Happy cooking!

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY