Pecel ayam yang dijual di salah satu kios yang ada di Kalibata Residence selalu membuat saya ketagihan. Selain sambalnya enak karena menggunakan terasi asli dari Malang, ayam gorengnya juga sangat empuk. Saking sukanya, saya sampai menanyakan rahasianya kepada ibu pemilik kios. Jawabannya adalah ayamnya dimasak dengan panci presto.

Sudah bukan rahasia, panci presto atau pressure cooker amat efektif untuk membuat daging sapi dan ayam empuk sampai ke tulang. Jadi Anda bisa meniru ibu pemilik kios pecel ayam, yakni memasak dengan panci presto. Nah, untuk yang baru pertama kali membelinya, ada beberapa tips yang bisa dicoba.

Pertama, pilih yang materialnya stainless steel serta memiliki bagian dasar yang tebal. Panci yang terbuat dari stainless steel memang lebih berat dan lebih mahal daripada aluminium. Namun bahannya yang kuat akan membuat panci Anda lebih awet.

Presto (1)

Kedua, beli panci presto dengan timer. Agar Anda tidak perlu berulang kali melirik jam, panci presto dengan timer layak dipertimbangkan. Timer juga akan sangat membantu Anda mendapatkan masakan yang tidak terlalu keras atau lembek.

Presto (2)

Ketiga, sesuaikan ukuran panci dengan jumlah penghuni rumah. Panci presto berkapasitas 4, 6 dan 8 liter masing-masing cocok untuk Anda yang masih lajang, keluarga dengan maksimal dua anak serta keluarga yang anaknya minimal 3.

Keempat, pertimbangkan fitur yang ada di dalamnya. Sejumlah model sudah dilengkapi dengan fitur pengatur tekanan, sistem pengunci tutup, dan rak masak. Panci yang bagus mempunyai regulator tekanan yang berguna untuk mengendalikan tekanan di dalamnya.

Sistem pengunci tutup juga sebaiknya dipertimbangkan mengingat pentingnya mencegah tekanan dari dalam unit. Supaya aman, Anda mesti memastikan bahwa panci sudah benar-benar terkunci. Itu sebabnya fitur pengunci tutup ini amat penting. Sementara rak masak memungkinkan Anda memasak beberapa menu sekaligus tanpa khawatir aroma atau rasanya akan tercampur.

Kelima, perhatikan gagangnya. Sebelum membeli, coba dahulu memegang panci dengan gagangnya. Pilih panci yang gagangnya aman dan kuat. Panci yang berkapasitas 4 liter biasanya memiliki satu gagang. Sedangkan yang berkapasitas minimal 6 liter mempunyai dua gagang. Tujuannya agar panci mudah dipegang dan tidak mudah jatuh.

Presto (4)

Dengan kelima tips tersebut, Anda kini siap memilih panci presto! Daripada repot-repot ke luar rumah, cek saja aneka koleksi panci presto di blibli.com. Pilihan modelnya banyak sehingga Anda dijamin puas.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY