Rumah mungil jika tak ditata dengan rapi akan makin terasa sempit. Karena itu, Friends harus pandai-pandai memilih furniture yang pas dan menatanya dengan tepat. Bagaimana caranya?

Tanah makin mahal. Harga properti melangit. Itu yang membuat orang dengan budget terbatas jadi harus memilih. Kalau tidak rumah mungil, ya rumah vertikal atau apartemen. Ini yang membuat rumah tipe 36 laris manis. Apartemen tipe studio atau model satu kamar juga jadi buruan.

Buat rumah yang punya pilihan ruang terbatas, furnitur harus diatur benar-benar kompak. Tujuannya jelas, meski mungil, ruangan tetap bisa terasa lapang. Bagaimana caranya?

1. Sebelum membeli furniture, pastikan untuk mengukur ruangan yang tersedia

Jangan hanya senang dengan desain yang menarik. Jika punya ruangan terbatas, kamu harus benar-benar menghitung berapa meter ruang kosong yang bisa diisi dengan furniture. Jangan sampai, Anda beli barang yang justru membuat ruangan jadi penuh sesak.

2. Pilih furniture dengan model pintu geser (sliding door).

Karena sempit, adanya model rak dengan model pintu geser akan membuat ruangan tetap lega. Sebab, kamu tak perlu membuka penuh gagang pintu rak furniture saat harus mengambil barang-barang di dalamnya.

3. Cari furniture yang minimalis

pexels-photo-238268

Sesuai namanya, ruangan yang kecil ya harus diisi dengan furniture yang mungil alias minimalis. Pilihannya saat ini makin beragam. Kamu bisa coba mencarinya di sini.

4. Pilih model yang gampang dipindah-pindah

Usahakan mencari furniture yang sederhana, ringan, atau bahkan model yang bisa dilipat. Tujuannya saat membersihkan perabotan, pekerjaan Anda jadi lebih mudah karena perabotannya mudah digeser atau dipindah.


BACA JUGA Simak 6 Tips Ini Supaya Rumah Terasa Lebih Fresh di Tahun Baru!


5. Gunakan produk furnitur yang multifungsi

romantic-decorating-craft-room

Ada beberapa desain furniture yang memiliki ragam manfaat. Misalnya selain untuk duduk, di bawahnya bisa jadi ruang penyimpanan. Atau ada juga satu set meja makan yang jika kursinya dikeluarkan, bekas ruang simpan kursinya bisa dijadikan tempat menyimpan aneka barang. Furniture yang multifungsi itu selain menghemat ruang, juga akan membuat barang-barang yang berserakan bisa tertata lebih rapi di tempat penyimpanannya.

6. Hindari tergoda beli furnitur karena unik atau desain yang menarik

Ini biasanya yang sering terjadi kalau ada diskon produk furniture di sebuah toko. Karena merasa cocok dengan bentuk dan harganya yang terjangkau, langsung beli tanpa memperhatikan ukuran atau tata ruang. Akibatnya, sering kali barang yang dibeli malah tak terpakai. Mubazir kan?

7. Pilih furniture dengan warna-warna cerah

pexels-photo-112571

Warna cerah secara psikologis memberikan kesan lega dan nyaman di mata. Itulah mengapa, sangat dianjurkan untuk memilih furnitur dengan warna cerah atau kalem, sehingga membuat ruangan terasa segar dan sedap dipandang.

8. Pilih furnitur yang memberi efek pantulan cermin

Efek ini bisa didapat dari furniture yang berbahan logam atau yang menggunakan kaca. Pantulan yang terlihat akan memberikan efek luas karena ruangan jadi terlihat “dobel”.

Gunakan aneka tips tadi untuk mempercantik tempat tinggal yang sempit. Dengan pilihan yang pas, meski mungil rumah kamu tak akan terasa kecil. Blibli.com sebagai mall online juga menyediakan beragam pilihan furnitur yang bisa kamu pilih agar rumah mungilmu terasa lebih nyaman. Jangan khawatir karena ada fasilitas cicilan 0%, cara pembayaran beragam, gratis pengiriman, dan kualitasnya yang terjamin.

Selamat memilih, Friends!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY