Setiap kali membuat rendang, gepuk atau sup daging, pastikan Anda menggunakan daging sapi yang segar. Jangan sampai seisi rumah terkena alergi lantaran kualitas daging yang dibeli sudah tidak bagus.

Ketua Dewan Penasihat Indonesian Chef Association BPD Riau Chef Heriyanto memberikan tips memilih daging sapi khusus untuk pengunjung blibli.com.

1. Daging sapi yang layak dikonsumsi memiliki warna merah, mengilap dan terlihat segar. Hindari daging yang berwarna merah gelap, kebiruan atau pucat. Sekarang ini ada beberapa daging yang sengaja diberi pengawet agar tahan lama. Daging berpengawet biasanya terlihat pucat.

2. Perhatikan teksturnya. Apabila masih kenyal, bila ditekan segera kembali ke posisi semula, tandanya daging masih bagus.

3. Pilih daging sapi yang tidak berair dan tidak berlendir.

4. Jika akan membeli daging yang berlemak untuk memberi cita rasa gurih pada masakan, carilah yang lemaknya berwarna putih dan tidak berair.

5. Belilah daging yang aromanya masih segar dan tidak berbau busuk.

6. Apabila membeli daging yang sudah dikemas, pilih yang dingin dan tidak ada cairan yang tergenang di dalam kemasannya.

Untuk menjaga kesegarannya, daging yang sudah dibeli sebaiknya segera dimasak. Bila tidak sempat, Anda dapat menyimpannya di freezer.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY