Ban Mudik

Friends, pernahkah kamu ikut touring motor? Bila pernah touring, pasti kamu pernah berkendara sekitar 2-3 jam perjalanan atau bahkan mungkin lebih lama. Bagi kamu yang pernah melakukan perjalanan jauh naik motor, kendaraan roda dua ini bisa menjadi alternatif untuk mudik, seandainya kamu tidak mendapat tiket transportasi umum.

Tapi perlu dicatat, mudik menggunakan motor hanya ditujukan untuk perjalanan jarak menengah—di bawah enam jam. Misalnya saja kamu berencana mudik dari Jakarta menuju Garut. Jarak ini masih relatif aman ditempuh dengan motor. Kondisi tubuh tidak terlalu lelah untuk menempuh jarak tersebut. Itu pun kamu harus beristirahat setiap 2 jam berkendara.

Bagi kamu yang berencana mudik menggunakan motor, cek kembali kendaraanmu. Beberapa hal yang perlu kamu periksa adalah oli mesin, rem, dan ban. Oli mesin berfungsi menjaga suhu mesin ideal agar kendaraan bisa melaju. Rem sangat penting agar kendaraan bisa berhenti dengan baik setiap diperlukan.

Untuk ban, kamu harus melakukan pengecekan khusus. Tidak cukup hanya melihat tapak ban yang masih tebal. Bila tapak ban terlihat tebal tapi terdapat retak di bagian tersebut, apalagi di bagian dinding ban, artinya kamu harus segera mengganti ban motor kamu Friends.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggati ban motormu:

Tapak ban motor

Ada banyak sekali motif tapak ban motor. Jauh lebih banyak dibanding ban mobil. Tapak ban ini bentuknya macam-macam. Pilih tapak ban standar yang aman digunakan dalam kondisi basah maupun kering. Bila alur di tapak ban terlalu sedikit, ban tersebut hanya cocok digunakan di jalanan kering. Ban tipe ini mempunyai risiko tergelincir saat melewati genangan atau jalan berpasir, khususnya saat berbelok.

Sedangkan ban yang beralur terlalu banyak dan besar—seperti motor trail—lebih cocok untuk jalan berlumpur dan berbatu. Untuk perjalanan segala jalan sebenarnya aman. Tapi ban tipe ini justru kurang nyaman saat digunakan pada jalanan rata dan cenderung lebih boros bahan bakar, karena gesekan ban dan jalan terjadi dengan kuat.

Ban Motor Blibli

Jenis ban (kiri-kanan) yaitu ban semi slick, ban standar, dan paling kanan ban off road. Ban semi slick cocok untuk jalan aspal dalam kondisi kering. ban standar cocok untuk hampir semua medan dan kondisi cuaca. Ban offroad cocok untuk medan terjal berbatu dan berlumpur, tapi justru kurang nyaman di jalan halus.

Ukuran ban

Pilih ukuran ban sesuai dengan ukuran velg. Cara paling mudah adalah menyamakan dengan ukuran ban bawaan pabrik. Untuk motor bebek misalnya, umumnya menggunakan ukuran 80/90-17. Artinya ban tersebut mempunyai lebar 80 mm dan ketinggian 90% dari 80 mm atau sekitar 70 mm. Angka 17 menunjukkan lebar velg.

Bila kamu ingin menambah lebar ban, pilihlah yang ukurannya hanya naik 1-2 ukuran. Misalnya lebar standar menggunakan 80/90, kamu bisa menggantinya menjadi 90/90. Ukuran tersebut masih cukup aman. Tapi jangan mengganti misalnya dengan 120/70. Selain terlalu lebar, ban yang jauh lebih besar dari velg akan membuat motor lebih berat saat berbelok.

Tahun produksi ban

Ban motor sama dengan ban mobil, terdapat keterangan tahun dan minggu pembuatan ban. Biasanya angka ini terdapat dalam garis oval yang terdiri dari empat angka. Misalnya saja terdapat angka 1216, artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke-12 tahun 2016. Ban tersebut belum lama diproduksi dan masih aman untuk digunakan.

Bila kode produksi menunjukkan ban tersebut berusia lebih dari satu tahun dari masa pembuatan, sebaiknya kamu minta ganti Friends. Sebab, ban yang terlalu lama disimpan—meskipun belum dipakai—akan berkurang kelenturan dan kekuatannya. Risiko retak bahkan robek meningkat.

Bagi kamu yang ingin membeli ban motor tapi ingin mencari referensi dulu, cek saja di sini. Di Blibli.com, kamu bisa melakukan Pembelian Melalui Apps. Belanja pun bisa dilakukan dengan mudah melalui gadget. Jadi, tidak ada lagi kata tak sempat berbelanja karena sekarang belanja bisa dilakukan kapan saja.

Friends, mudik bakal lebih nyaman kalau  ban motor kamu baru. Selain tidak waswas karena kualitasnya masih baru, kamu juga bisa berkendara lebih nyaman dan tenang. Jadi, bagi yang ingin membeli ban baru,Blibli.com menyediakan berbagai macam jenis ban dari berbagai macam brand. Jangan khawatir Friends, karena produk di Blibli.com kualitasnya terjamin, gratis pengiriman, punya beragam cara pembayaran, dan cicilan 0% semua produk.

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY