Ban Mobil Blibli

Lebaran sebentar lagi Friends, apakah kamu punya rencana mudik dan membawa mobil sendiri? Bila ya, cek kondisi ban mobil kamu. Salah satu caranya adalah dengan melihat ketebalan tapak ban. Bila sudah terlihat tipis dan gundul, inilah saat untuk mengganti ban. Ban harus mendapat perhatian khusus, karena ban adalah salah satu bagian paling vital dalam mendukung keselamatan perjalanan.

Bila kamu punya rencana untuk mengganti ban mobil, jangan asal memilih. Pastikan ban mobil yang akan kamu pilih mempunyai kualitas yang baik. Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli ban:

Tanggal produksi

Salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah tanggal pembuatan ban. Di sisi luar ban biasanya terdapat kode bulan dan tahun produksi yang tercetak dalam lingkaran oval. Sebagai contoh dalam lingkaran oval terdapat angka 1216. Artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke-12 tahun 2016 atau sekitar Maret 2016.

Cek waktu pembuatan ban usahakan kamu membeli ban yang waktu produksinya tidak lewat 1 tahun dari minggu ban tersebut dibuat. Minta ganti seandainya usia produksi ban tersebut lebih dari satu setelah tanggal produksi.

Ban Dunlop Blibli

Profil ban

Bila tujuan mengganti ban untuk perjalanan luar kota, perhatikan benar profil atau ketinggian ban. Caranya? Cek kode ban dengan tulisan paling besar di sisi luar ban. Misalnya saja kode ban 185 65 R15. Artinya ban tersebut mempunyai lebar 185 milimeter dan ketinggian ban 65% X 185 mm atau sekitar 120 mm.

Ketebalan 120 mm cukup baik untuk perjalanan luar kota. Hindari profil ban yang terlalu pendek. Gunakan ban dengan profil minimal di angka 60. Bila terlalu tipis, seperti profil ban dengan ketebalan 50 (artinya 50% dari lebar ban) risiko ban atau velg rusak semakin tinggi bila melewati jalan berlubang.

Alur tapak ban

Teliti bentuk alur ban ya Friends sebelum membeli ban. Bila ingin bepergian jauh dan ingin mendapatkan kenyamanan berkendara dalam segala kondisi cuaca, pilihlah ban dengan alur berbentuk “V”.

Alur ban berbentuk V cocok digunakan untuk berkendara saat jalanan kering maupun basah. Di jalanan kering ban ini stabil, saat hujan pun efektif dalam menyibak genangan air di jalanan, sehingga mengurangi risiko selip saat berkendara di jalanan basah.

Ketiga hal di atas bisa menjadi panduan dalam penggantian ban sebelum melakukan perjalanan jauh. Pilihan ban yang tepat untuk mobilmu akan mendukung keamanan dan kenyamanan perjalanan mudikmu. Tetap jaga keselamatan sepanjang perjalanan ya Friends.

Mau ganti ban tapi belum memiliki referensi toko ban yang bagus? Tenang saja Friends. Kamu bisa mengunjungi di Blibli.com  yang memberikan penawaran istimewa, yaitu ekstra diskon 10%. Dan di Blibli.com, yang pasti kualitas produknya terjamin.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY