Koper Keluarga

Moms sudah mengantongi tiket untuk liburan bersama keluarga? Atau masih pilah pilih lokasi liburan yang asyik didatangi bersama keluarga?

Meski tanggal keberangkatan masih agak lama, misalnya 1-2 bulan kedepan, Moms juga harus mempersiapkan apa saja barang bawaan dan bagaimana cara membawanya. Misalnya saja liburan ke pantai tentu perlengkapan yang dibawa berbeda dengan liburan ke daerah pegunungan. Hal-hal seperti ini harus Moms perhatikan.

Untuk membawa barang dan perlengkapan liburan keluarga, sepertinya Moms harus membawa koper. Tas kotak ini mempunyai ruang penyimpanan yang besar, sedangkan tas punggung biasanya ruang penyimpanannya lebih kecil. Bila Moms belum mempunyai koper dan ingin membeli koper untuk liburan keluarga, berikut ini beberapa hal yang harus Moms perhatikan:

Kapasitas koper

Moms harus teliti mengenai ukuran koper yang akan Moms beli. Apakah perjalanan Moms menggunakan bagasi atau tanpa membayar bagasi? Bila tanpa bagasi, maka koper Moms harus masuk ke kabin. Koper yang masuk ke kabin ukuran maksimalnya adalah panjang 56 cm, lebar 36 cm, dan tebal 23 cm. Berat maksimal koper yang di bawa ke kabin adalah 7 kg.

Bila Moms membayar bagasi, Moms lebih leluasa membawa koper ukuran besar. Hal ini memudahkan Moms ketika membawa barang banyak, termasuk oleh-oleh, ketika pulang dari liburan. Tapi ingat, ada batas maksimal berat barang bawaan. Masing-masing maskapai bisa menerapkan aturan berbeda. Umumnya batas berat maksimal adalah 20 kg di bagasi.

Tipe roda

Ada dua tipe roda koper, yaitu spinner (4 roda) dan wheeled (2 roda). Mana yang lebih baik di antara kedua jenis koper ini?  Koper model spinner yang bisa berputar 360 derajat lebih enteng bila didorong. Kelebihan lain dari model ini adalah Moms bisa mendorong dua koper sekaligus menggunakan satu tangan. Caranya adalah dengan menggabungkan tangkai koper menjadi satu. Praktis.

Tipe wheeled biasanya tidak seringan model spinner ketika ditarik. Tapi lebih mudah melakukan manuver, karena koper ini ditarik di belakang Moms. Koper ini juga lebih mudah dikendalikan di jalanan kurang rata. Namun, bila Moms jalan bersama keluarga dan ada kemungkinan membawa koper lebih dari satu, tipe spinner sepertinya lebih cocok Moms gunakan.

Bahan koper

Koper 1
Sesuaikan bahan dengan kebutuhan

Pilihlah bahan koper yang kuat, tapi ringan dibawa. Ada beberapa alternatif untuk bahan yang ringan tapi kuat, yaitu polycarbonate dan balystic nylon. Di luar jenis bahan ini sebenarnya ada bahan-bahan lain seperti alumunium dan acylonitrile butadiene styrene (ABS), tapi relatif lebih berat dan tidak terlalu kuat menahan benturan.

Polycarbonate atau balystic nylon bisa mewakili koper yang kuat tapi ringan. Pilih sesuai selera Moms. Bila Moms menyukai model klasik, balystic nilon yang berupa kain bisa menjadi pilihan. Namun bila Moms menyukai tampilan yang lebih modern, tas berbahan polycarbonate bisa jadi pilihan. Polycarbonate meskipun penampilannya seperti plastik, cukup kuat menahan benturan. Dalam beberapa pengetesan, koper berbahan polycarbonate bentuknya bisa kembali seperti semula meskipun sudah dilindas mobil. Tentu tergantung kualitas polycarbonate dan harganya.

Setelah memahami tipe, ukuran, dan bahan koper, sekarang tinggal waktunya memilih koper. Bila Moms tak punya banyak waktu untuk hunting ke toko tas, Moms bisa membeli di Blibli.com. Ada banyak pilihan ukuran, bahan, dan warna koper yang bisa Moms pilih. Satu hal yang pasti bila belanja di Blibli.com adalah Kualitas Barang Terjamin, apalagi kalau kamu belanja di Official Online Store Pilihan.

Persiapan beli koper sudah, bagaimana dengan destinasi liburan? Tak usah jauh-jauh ke luar negeri karena Indonesia juga menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik dan layak dikunjungi, apalagi bersama keluarga. Lihat yuk berbagai pilihan tempat wisata Indonesia di sini. Jadi, koper yang sudah dibeli bisa langsung dipakai liburan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY