xaiomi-yi-21-640x0

Jalan-jalan belum lengkap tanpa kamera! Betul nggak sih Friends? Kamera sepertinya sudah jadi kebutuhan utama saat travelling untuk mengabadikan momen. Tapi, kegiatan jalan-jalan sepertinya jadi ribet kalau harus bawa kamera berukuran besar, kecuali memang kamu seorang fotografer pro. Makanya action camera, atau biasa disingkat action cam populer sebagai kamera travelling.

Ukurannya yang mini dengan kemampuan super membuat aktivitas travelling makin seru karena kita tidak perlu takut kamera rusak karena tebentur. Semua action cam punya wide-angle lens yang bisa memberikan pemandangan 140-170 derajat. Jadi, pemandangan indah yang jadi latar belakang foto tidak akan terpotong.

Tapi, apa sih hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli action cam? Simak yuk beberapa tips di bawah ini.

Kekuatan Fisik

Downhill
Harus tahan banting dan debu biar kegiatan ekstrem jalan terus.

Keunggulan action cam adalah bisa menghasilkan visual tanpa takut kamera rusak karena terbentur. Makanya, action cam populer digunakan untuk mendokumentasikan berbagai olahraga ekstrem luar ruang seperti sepeda, panjat tebing, hingga paralayang. Lebih baik pilih kamera ringan yang punya pelindung anti air dan bermaterial kuat.

Baterai

Action cam dengan kapasitas baterai besar tentu membuat kegiatan merekam dan mendokumentasikan kegiatan jadi lebih seru. Misalnya action cam Yi 4K dari Xiaomi yang punya kapasitas 1.400 mAh bisa membuat action cam standy by hingga 8 jam dan bisa merekam video berkualitas 4K hingga 120 menit sejak terakhir diisi dayanya. Sama seperti kebanyakan benda elektronik lain, makin besar kapasitas baterainya, makin lama daya tahannya.

Kualitas Video

Salah satu fungsi utama action cam adalah membuat video dengan sudut pandang unik tanpa takut kamera rusak jatuh atau terbentur. Beberapa action cam yang beredar bisa membuat video beresolusi 720p, tapi teknologi yang berkembang membuat action cam sudah dilengkapi kemampuan merekam 4K (3840 x 2160). Format hasil video dari action cam juga harus diperhatikan ya, Friends. pastikan formatnya .mp4 dengan codec H.264 agar lebih mudah diedit oleh perangkat lain.

Fitur Pendukung

xaiomi-yi-24-698x470

Karena ukurannya yang mini, action cam tentu membutuhkan berbagai fitur pendukung berteknologi tinggi karena keterbatasan tempat. Nah, fitur yang harus dmiliki oleh action cam adalah WiFi, Burst, Time Lapse, Night Lapse, Support MicroSD, Support Playback to HDMI, ISO, Exposure, White Balance, dan Wide Angle. Yi 4K dari Xiaomi bahkan sudah didukung LCD Gorilla Glass dengan layar sentuh retina untuk memudahkan aktivitas dokumentasi.

Itu dia Friends sejumlah spesifikasi yang harus kamu perhatikan sebelum membeli action camera. Siapa tahu setelah punya action cam kamu jadi makin semangat untuk jalan-jalan, membuat dokumentasi, dan mempublikasikannya di Youtube dalam bentuk vlog. Orang lain jadi tahu tempat yang sudah kamu kunjungi sekaligus mengapresiasi karyamu!

micro-YI-4k Blibli

Buat kamu yang penasaran pengen punya action cam, Blibli.com punya berbagai pilihannya. Pas banget karena lagi ada Pre-Order Yi 4K dari Xiaomi yang dilengkapi fitur dan spesifikasi di atas. Tidak perlu khawatir kalau mau belanja di Blibli.com karena kualitasnya sudah pasti terjamin, fasilitas cicilan 0%, beragam cara pembayaran dan bebas ongkos kirim. Kalau penasaran, cek di sini, yuk.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY