Tipe Sepatu Lari

Di beberapa artikel sebelumya, saya pernah menulis tentang cara memilih sepatu lari – Sepatu Lari Pertamaku dan melanjuti tulisan tersebut saya coba menjelaskan beberapa tipe sepatu lari yang beredar sekarang ini. Anda mungkin berfikir, emang sepatu lari ada jenis-jenisnya? Bukannya sepatu lari ya cuma satu tipe?

Ukuran kaki, bentuk dan cara berlari dari setiap orang yang berbeda adalah hal-hal yang membuat timbulnya beberapa tipe di industri sepatu lari. Dan masing-masing dari keunikan yang dimiliki masing-masing orang memerlukan sepatu yang menyediakan rasa nyaman, fleksibilitas, ketahanan dan peredam yang khusus.

Secara garis besar, ada 5 tipe sepatu lari: Motion Control, Cushioned, Stability, Lightweight dan Trail.

Nah disini, saya akan mecoba membuat hidup Anda lebih mudah dengan memahami arti dari tipe-tipe tersebut:

Motion Control.
Jenis ini ditujukan untuk kaki yang jatuh terlalu kedalam atau overpronate. Jenis ini didesain untuk mengurangi dan mengontrol efek dari gerakan kaki yang bergerak terlalu kedalam ini dan juga berfungsi sebagai peredam. Jenis ini merupakan jenis sepatu yang paling kaku dan biasanya lebih berat tapi paling long-lasting dan stabil.

Cushioned.
Atau bantalan, sangat berguna untuk kaki yang jatuh tegak lurus, tidak ke dalam dan tidak keluar. Bantalan pada sepatu lari ini didesain untuk meredam benturan antara kaki ketika menginjak jalanan/tanah.

Stability.
Bisa dibilang, tipe ini memadukan 2 (dua) tipe sebelumnya: Motion Control dan Cushioned. Dan tentunya menjaga agar kaki tidak bergeser didalam sepatu.

Lightweight.
Sepatu tipe ini lebih ringan dalam bobot dari semua tipe diatas. Bervariasi didalam cushioning-nya. Tipe ini cocok untuk latihan kecepatan dan lomba lari.

Trailrunning.
Tipe yang satu ini memiliki kelebihan dalam material yang dipakai karena ditujukan untuk pemakaian di medan yang brutal bukan di aspal atau tanah datar pada umumnya. Batu, lumpur, akar adalah hal-hal yang normal ditemui dalam trail running ini. Jadi, sepatu tipe ini memilki perlidungan khusus terhadap kaki.

Tipe-tipe yang disebutkan diatas akan dengan mudah ditemui di toko-toko olahraga besar. Tapi biasanya belum tentu para penjaga toko mengetahui perbedaannya. Brand-brand sepatu olahraga biasanya mempunyai semua tipe tersebut. Semoga penjelasan singkat diatas bisa membantu Anda dalam memilih sepatu lari Anda.

Happy hunting.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY