Salam jumpa…

Sesama penggila otomotif khususnya mobil pasti kita ingin ‘tunggangan’ kita terlihat resik mengilap dan “klimis” (macam pake minyak rambut aja ya gan. He..he..)  yang jadi masalah adalah kondisi cuaca Indonesia yang tidak menentu seperti di Jakarta ini kadang hujan, eh tiba-tiba panas eh, hujan lagi..

Saya coba berbagi tip agar mobil kita tetap bersih tampilan luarnya. Jangan orangnya saja necis tapi mobilnya butek. Berikut langkahnya,

Pertama:

Cuci mobil terlebih dahulu sampai bersih menggunakan shampoo khusus mobil (jangan pake deterjen karena pH-nya berbeda, bisa membuat cat kusam broh), agan bisa gunakan Paket dari 3M. Oh iya jangan terkena matahari langsung ya pas mencuci, karena busa sabun kalau kering bisa membuat noda di cat, lalu  jangan lupa dikeringkan hingga kering (yaiyalah.. 🙂 gunanya agar kotoran seperti debu, lumpur, pasir bisa hilang terlebih dahulu agar hasil lebih maksimal.

Kedua:

Biasanya kalau mobil sering terkena hujan dan tidak langsung dilap akan timbul bercak jamur yang makin lama akan makin susah dihilangkan. Ada cara paling ampuh yaitu gunakan compound atau wax tapi sebelum itu saya sarankan menggunakan Clay Bar, biasanya berukuran sekitar 150-200 gr. Cara pakainya agan bagi 2 Clay-nya (100gr Clay bisa untuk 2 mobil SUV) lalu ditekan hingga pipih ditambah Quick Shine atau Quick Detailer (sama saja kegunaannya) caranya semprot ke panel mobil secara merata dan semprot ke Clay, lalu usapkan secara halus dan jangan ditekan. Gunanya agar bagian yang terkena polusi bisa terangkat (lihat bagian Clay pasti akan kotor seperti ada pasir dan coklat) ulangi ke bagian panel lain) (red. Biasanya panel mobil yang sering terkena polusi akan terasa kasar apabila disentuh, guna Clay ini menghaluskan dan memaksimalkan kerja Compound (next step). Kalau seluruh bagian mobil sudah tersentuh Clay, keringkan menggunakan lap mikrofibernya.

Ketiga:

Untuk step selanjutnya, yaitu menghilangkan jamur di bagian panel mobil. Brosis bisa menggunakan Compound, caranya lumuri mobil per panel jangan terlalu banyak (secukupnya saja), tunggu sampai sedikit kering lalu gosok secara perlahan dengan lap mikrofiber (sisa tadi saja agar irit…) dengan gerakan memutar. Ulangi sampai seluruh panel tersentuh dan bercak jamur hilang. (red. Compound bersifat mengikis jadi jangan terlalu banyak dan menekan bagian yang dibersihkan)

Keempat:

Selanjutnya adalah tahap yang paling saya suka yaitu mengkilapkan mobil. Kalian bisa pakai sisa Quick Shine yang tadi digunakan untuk melicinkan Clay. Semprotkan Quick Shine ke bagian mobil, lalu keringkan dengan lap mikrofiber hingga terlihat klimis. Ingat lakukan per panel JANGAN disemprotkan secara bersamaan karena akan kering tidak merata.

Agar ganteng maksimal, ban mobil di“semir” menggunakan Tire Restoner ya… (ada di paket 3M). Akan membuat efek wet look dan juga dashboard jangan lupa dibersihkan menggunakan Interior Dessing, dan divakum ya, agar tidak berdebu.

Sekian tip dari saya semoga bermanfaat, oh iya ini bukan hanya untuk mobil dengan cat hitam saja ya, yang lain juga sama treatment-nya..

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY