Daging ayam kaya akan mineral yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi ada syaratnya. Ayam yang digunakan harus segar. Ada beberapa teknik memilih daging ayam dari Ketua Dewan Penasihat Indonesian Chef Association (ICA) BPD Riau Chef Heriyanto. Anda mungkin dapat menerapkannya saat hendak membeli daging ayam.

1. Cek kulit

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah daging ayam yang dibeli masih segar ialah dengan melihat kulitnya. Pilih yang kulitnya terlihat mulus tanpa bintil atau luka.

Dari balik kulitnya, Anda juga dapat melihat apakah daging ayam berwarna kehijauan, kebiru-biruan atau kemerah-merahan. Jika memiliki ciri-ciri seperti ini, Anda sebaiknya tidak membelinya karena sudah tidak segar.

2. Cium aromanya

Wajar bila ayam berbau amis. Yang perlu diperhatikan apakah bau amisnya normal dan tidak menyengat. Daging ayam yang baunya menyengat tidak layak dikonsumsi.

Penyebabnya bisa karena ayam dipotong dalam kondisi sakit atau pendinginan pada tempat penyimpanannya kurang bagus.

3. Periksa dagingnya

Coba Anda pegang, lalu tekan dagingnya. Apakah masih kenyal dan setelah ditekan langsung kembali ke bentuk semula? Apabila ya, tandanya ayam dalam kondisi bagus dan layak dibeli.

Jangan lupa untuk mengecek seluruh bagian tubuh ayam. Daging ayam yang segar tidak memiliki bercak darah atau memar. Jika Anda membeli ayam utuh yang sudah dibersihkan, periksa pula bagian dada dan pahanya. Daging ayam yang bagus, bagian dada dan pahanya terlihat penuh berisi. Kemudian dagingnya berwarna putih serta tidak berair.

4. Amati lemaknya

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa bagian lemak. Daging ayam yang masih segar memiliki lemak berwarna putih kekuningan. Pastikan ayam yang Anda beli memiliki lemak dengan warna putih kekuningan.

Jika ayam yang akan dibeli memenuhi semua persyaratan tersebut, Anda dapat membelinya. Setibanya di rumah, simpan ayam di chiller atau freezer. Ayam yang disimpan di chiller sebaiknya digunakan sebelum 3 hari. Jika di freezer, ayam akan lebih awet dan bisa bertahan sampai 6 bulan.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY