Menyesuaikan pendidikan anak dengan perkembangan gadget saat ini memang susah-susah gampang

Pasalnya, di era teknologi dan informasi seperti saat ini, anak makin mudah mendapatkan informasi. Nggak hanya lewat orang tua atau pun media elektronik, generasi yang kerap dilabeli sebagai Generasi Z atau biasa disebut Gen Z (mereka yang lahir di 1994 sampai tahun 2010) dengan mudah bisa mendapat informasi dari internet.

Hal itu pun membuat pertumbuhan mereka menjadi sangat dinamis. Bahkan, meskipun minim pengalaman, tak jarang Gen Z memiliki pengetahuan lebih luas dari orang tuanya. Dan hal tersebutlah yang membuat orang tua dengan anak golongan Gen Z harus cepat belajar dan menyesuaikan diri dengan mereka untuk dapat mendidiknya.

So, bagaimana ya, cara mendidik anak Gen Z?

Pertama, ketahui dulu karakter mereka! Karena, setidaknya, ada 4 karakter yang dimiliki oleh Gen Z, yaitu:

  1. Digital Natives

Gen Z cenderung ribut soal identitas. Mereka begitu peduli dengan keberhadiran mereka. Karena itulah mereka ramai-ramai membuat akun di Facebook, Twitter, Youtube, dan lain-lain untuk membuktikan kepada dunia bahwa mereka ada. Yap, mereka sangat familiar dengan perkembangan dunia digital.

939ea73565
Kenarsisan ini menjadi wajar karena mereka memang menemukan media yang bisa memuaskan hasrat mereka untuk eksis
  1. Self Direction

Gen Z juga cenderung lebih terbuka, blak-blakan, dan open minded. Jika mereka bilang suka, mereka bilang suka, dan jika tidak suka, mereka akan bilang tidak suka. Suka mencari sesuatu, keingintauan yang luas dan research byself adalah sekian sifat yang mampu menonjolkan sikap Self Direction mereka.

Picture2
Mereka mudah menentukan apa yang diinginkan
  1. They Respond & Entrepreneurialism

Gen Z senang menciptakan sesuatu yang baru dan tergolong orang yang mandiri. Mereka lebih cepat dalam merespon dan mengeksplorasi. Hal ini bisa kejadian karena mereka selalu berpacaran dengan Google dan aplikasi. Oleh sebabnya, mereka suka membuat dan menjelajah.

Picture4
Kemampuan belajar mereka jauh lebih cepat karena segala informasi saat ini hanya tinggal mereka, klik!
  1. Spirit of Ingenuity

Gen Z adalah Generasi yang ingin tampil berbeda. Mereka tidak mau terlihat standar atau pun dibilang peniru. Kemauan mereka untuk selalu up to date adalah dasar dari kenapa Gen Z lekat dengan karakter Spirit of Ingenuity.

Oleh karena itu, besar kemungkinan Anda akan takjub melihat perkembangan karakter Gen Z!

selfie
Masih sekolah, tampilan ala remaja

Kedua, coba untuk bergaul dengan mereka. Duduk bersama dan libatkan Gen Z untuk berpartisipasi. Buat tujuan bersama-sama dan minta saran ataupun kritik dari mereka. Lalu, biarkan mereka mengambil keputusan. Hal ini bisa dimulai dengan belanja online di www.blibli.com demi mempersingkat waktu Anda dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga.

Karena, selain bisa akrab dengan mereka dalam menggunakan gadget, berbelanja online bersama Gen Z juga bisa jadi pengalaman unik untuk kedua pihak.

5611e361140ba09e65c932bf_1444013142
Menghemat pengeluaran dan waktu berbelanja di Program Monday Mom’s Day by Blibli.com

Ketiga, jangan melarang mereka untuk menjadi generasinya! Tetapi yang paling penting adalah upaya membelajarkan mereka untuk dapat hidup dengan baik dan benar. Oleh karena itu, Anda harus dapat membimbing dan memfasilitasi agar Gen Z dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan jamannya dan dapat memanfaatkan kehadiran  teknologi secara tepat dan benar.

Salah satu caranya adalah membuka wawasan tentang proses dibalik dunia digital yang saat ini sangat mempengaruhi gaya hidup mereka. Nggak perlu sampai repot-repot mengunjungi kantor Google atau pun ngobrol dengan tukang GoJek, mengenalkan Gen Z dengan proses dibalik dunia digital bisa dimulai dengan mengajaknya pergi ke Blibli.com Kidzania Online Mall.

Resmi dibuka pada Senin, (18/1), Online Mall pertama di Kidzania kali ini niscaya bakal sukses memberi pelajaran ke mereka bahwa.. dunia tidak hanya di balik layar, lho..

IMG_6409
Welcoming you to the first online mall experience at Kidzania!
DSC00439
Learn to be a smart Shopper – mudahnya belanja di website online bisa jadi bumerang bagi mereka. Saatnya mengajarkan mereka untuk belanja online dengan bijak
DSC00453
Be the Entrepreneur! – Bekali mereka dengan pengetahuan bisnis untuk berjualan di mal online mulai dari pemilihan barang yang berkuaitas, foto produk, upload dan keruk keuntungannya!
DSC00440
Learn to be a responsible Logistic – Proses pemilihan, pengepakan sampai pengiriman produk lewat mal online ternyata tidak semudah menjentikkan jari. Saatnya rasakan sensasi belajar area logistic mal online dengan gadget mumpuni!

Bagaimana, tertarik mengaplikasikan Tiga Langkah Mudah Mendidik Generasi Z?

kidzania-OTP

So, let’s enjoy the coolness and be up to date in lifestyle at digital era! Come to Blibli.com Kidzania Online Mall!

Tunggu penjualan tiket Kidzania secara online hanya di Blibli.com. atau datang langsung ke Kidzania Jakarta! Klik disini untuk tau lokasinya.

 

 

 

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY