Tetep anget walau basah

Sehabis mengikuti trail run race di Tahura Bandung “Menikmati 17km Trail Run Race” ada beberapa hal menarik yang menjadi pengalaman baru dan pelajaran (terutama untuk saya). Menjaga badan tetap hangat untuk sebuah race itu cukup penting untuk race kita. Apalagi ketika lokasi lomba berada diatas gunung dengan suhu rendah dan kondisi cuaca yang hujan tanpa henti.

Apalagi saat ini kita sedang didalam musim hujan yang ikut membuat temperatur udara ikut rendah.

Beberapa poin penting yang bisa saya ambil seperti:

1. Lapisan demi lapisan adalah teman kita
Tujuan dari pemanasan adalah untuk membuat badan kita hangat. Jadi perlu untuk memakai baju lebih dan sarung tangan ketika melakukan pemanasan, untuk memastikan badan kita tetap hangat sebelum race dimulai. Kalau Anda perhatikan, sebenarnya adrenalin yang kita rasakan sesaat sebelum waktu start lomba kita juga ikut menurunkan suhu badan.

2. Pakai Baju Race Kita Setelah Pemanasan Selesai
Pada saat pemanasan atau jogging kecil maka badan kita akan mulai berkeringat yang pastinya akan membuat baju kita basah. Kita tidak mau memulai lomba dengan baju basah yang pasti akan membuat badan menjadi dingin. Maka gantilah baju race kita setelah kita benar-benar selesai pemanasan dan menjelang start.

3. Cari Tempat Hangat (Kalau Memungkinkan)
Idenya adalah untuk tetap membuat badan kita hangat selagi kita melakukan stretching. Lakuka hal ini bila memungkinkan, kalau tidak jangan dipaksakan.

4. Selesaikan Pemanasan Mendekati Waktu Start
Dalam keadaan normal, kita bisa mulai berhenti pemanasan 10 menit sebelum waktu start. Tetapi dalam keadaan hujan, basah dan dingin, sebaiknya kita selesaikan pemanasan lebih lama. Ini lebih baik, dibanding kita berdiri diam diterpa angin dingin.

5. Penampilan Saat Pemanasan Ngga Penting
Saya tahu, sebagian besar pelari disini sangat peduli dengan penampilan. Semua harus matching, semua harus brand ternama agar terlihat sebagai pelari serius…ok! Ok! Anda akan punya waktu tampilan yang lama dalam race kit Anda, percaya deh. Akan sangat tidak menguntungkan bagi race anda, bila tetap ingin terlihat keren tapi basah sebelum waktunya.

Percaya deh…Anda akan lebih bahagia memulai race dengan keadaan kering dan hangat dibandingkan dengan memulai dalam keadaan basah kuyup. Lagipula a warm runner is a happy and a fast one as well.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY