bodyweight-workout-push-ups
photo courtesy by www.hivehealthmedia.com

Bulan Ramadan sudah tiba, waktunya untuk menahan puasa lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam. Meski asupan makanan dan minuman selama sehari dibatasi, bukan berarti produktivitas Anda berkurang akibat badan yang tidak bugar dan lemas. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar selama bulan Ramadan.

High nutrition diet

Nutrisi yang tepat jadi salah satu kunci agar tubuh anda tetap fit dan segar selama menjalani ibadah puasa. Hindari makan makanan berat atau bersantan untuk berbuka puasa. Makanan ringan dengan serat tinggi seperti kue, kurma, apel, semangka, melon baik untuk disantap kala berbuka puasa. Satu atau dua jam setelah buka puasa, waktunya untuk makan malam. Perbanyak konsumsi protein yang bersumber dari ikan, daging merah bakar, dan ayam bakar untuk hidangan santap malam. Sedangkan untuk sahur, mengonsumsi karbohidrat kompleks yang bisa didapat dari beras merah, roti gandum, dan oatmeal bermanfaat untuk menstabilkan gula darah, sehingga Anda tidak mudah lapar di siang hari.

Workout

sony-walkman-sports-mp3

Banyak yang mengajurkan untuk tetap melakukan olahraga selama berpuasa, namun dengan catatan intensitas serta durasi olahraga dikurangi dan dilakukan sekitar setengah jam menjelang berbuka puasa. Lakukan latihan body weight resistance exercise yang terdiri dari squat, push-up, plank, dan lunges dua hari dalam satu minggu selama 10-15 menit untuk menjaga bentuk tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh. Jogging di sekitar kompleks rumah juga bisa menjadi alternatif untuk menjaga kebugaran tubuh. Lakukan selama 15 menit dengan intensitas rendah, dan pastikan Anda selalu membawa botol minum, in case waktu berbuka sudah tiba. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan untuk menghindari risiko cedera. Sambil menemani light jogging tersebut coba kamu lakukan bersama dengan Sony Walkman Sports MP3 terbaru di Blibli. Headphone dengan sistem EX, dengan memori 4GB, serta bisa memasukan lagu dengan format MP3/ WMA/ AAC-LC/ L-PCM.

Mencukupi Jam Tidur

Menjaga mata untuk tidak mengantuk sangat penting karena berhubungan dengan banyak hal, salah satunya keselamatan di jalan. Studi menunjukkan bahwa tingkat kecelakaan meningkat di bulan Ramadan, tentu saja ini ada kaitannya dengan jam tidur yang tidak tercukupi. Selama bulan puasa waktu tidur menjadi berkurang untuk bangun sahur. Biasanya tidur 8 jam sehari, berkurang jadi di bawah 6 jam sehari. Untuk menyiasati jam tidur yang berkurang, bisa dilakukan dengan cara tidur sejenak selama 15 – 30 menit di jam 12.00 saat lagi ngantuk-ngantuknya. Sekitar jam 15.30 ketika mata sudah mulai kembali terasa berat, luangkan lagi waktu sekitar 30 menit untuk tidur.

Setelah baca ini jadi tidak ada alasan lagi buat lemas dan letih di bulan puasa kan? Semoga dengan mempraktekkan tips di atas ibadah Anda semakin berkualitas. Selamat berpuasa!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY