Moms, Ikuti Cara Mudah Mengatasi Si Kecil yang Susah Makan Sayur dan Buah ala Mom Lidya Mujono, Yuk!

Susah makan sayur dan buah

Si kecil biasanya susah makan sayur dan buah. Ada saja alasan mereka untuk menolak saat disuruh makan sayur dan buah, entah asam, pahit, keras, tidak enak, hingga kekenyangan. Jika dibiarkan terus-terusan, si kecil bisa kekurangan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya, lho, moms!

Nah, supaya si kecil yang susah makan sayur dan buah mendapatkan nutrisi yang cukup, moms bisa coba 5 cara dari mom Lidya Mujono, seorang ibu rumah tangga yang juga salah satu pembaca Blibli Friends, berikut ini. Semua tips di bawah ini sudah berhasil mom Lidya coba ke anak semata wayangnya yang super lucu!

1. Olah menjadi makanan baru

Susah makan sayur dan buah
Via – Serious Eats

Apabila si kecil pernah mencoba sayuran yang pahit atau buah yang asam, biasanya mereka akan menganggap semua sayur dan buah tidak enak. Untuk itu, tips pertama untuk mengatasi si kecil yang susah makan sayur dan buah adalah dengan mengubah bentuk sayuran dan buah itu menjadi makanan yang baru.

Moms bisa membuat mie berwarna cantik dari hasil percampuran adonan mie dengan sayuran yang sudah dihaluskan. Biasanya sayuran yang digunakan untuk membuat mie adalah bayam hijau, bayam merah, wortel, atau ubi. Setiap sayuran yang moms pilih akan mempengaruhi hasil mie yang dibuat.

Untuk buah-buahan, caranya lebih praktis, moms hanya perlu mengubahnya menjadi es lilin! Pilihlah buah yang sedang musim dan manis rasanya dan haluskan buah tersebut hingga berbentuk cairan. Apabila sudah halus, masukan sari buah tersebut ke dalam plastik es kecil, ikat, dan bekukan. Si kecil pasti suka sensasi manis, dingin, dan segarnya buah beku yang moms buat, apalagi jika dikonsumsi di siang hari.

HALUSKAN SAYUR DAN BUAH DENGAN ALAT INI

2. Sembunyikan sayuran dan buah dalam makanan kesukaannya

Susah makan sayur dan buah
Via – Community Table

Salah satu alternatif lain yang lebih mudah dari Moms Lidya dalam mengatasi si kecil tang susah makan sayur dan buah adalah menyembunyikan sayur dan buah ke dalam makanan kesukaannya. Caranya mudah sekali, moms hanya perlu memotong-motong sayuran dan buah hingga kecil dan memasukkannya ke dalam makanan kesukaannya.

Misalnya, kalau si kecil suka banget makan risoles keju, moms bisa menambahkan potongan sayur ke dalam isian risolesnya. Atau, jika si kecil suka makan cupcakes, moms bisa menambahkan potongan buah ke adonan cupcakes atau sebagai bahan campuran topping cupcakes-nya.

SIMPAN BUAH POTONG UNTUK SI KECIL DI SINI

3. Buat keripik gurih atau manis!

Susah makan sayur dan buah
Via – Pexels

Anak-anak biasanya suka cemilan yang renyah. Si kecil juga demikian, moms? Kalau iya, olah saja buah dan sayur menjadi keripik yang gurih atau manis.

Cara membuat keripik ini mudah sekali, lho. Untuk membuat keripik bayam, moms hanya perlu mencelupkan lembaran daun bayam ke adonan tepung cair dan menggorengnya. Dan untuk keripik buah, moms hanya perlu mengupas buah, mengirisnya tipis, dan memanggangnya. Jika keripiknya sudah jadi, jangan lupa simpan dalam wadah bertutup rapat supaya tetap renyah, ya, moms!

TEMUKAN OVEN DENGAN HARGA TERJANGKAU DI SINI

4. Jadikan hiasan dan pelengkap makanan

Susah makan sayur dan buah
Via – First 1000 Days

Untuk mengenalkan sayuran dan buah-buahan pada si kecil, dibutuhkan kreativitas yang tinggi, moms. Salah satunya dengan membuat sayur dan buah menjadi hiasan lucu.

Moms bisa memotong sayur dan buah menjadi bentuk mata, mulut, hidung, matahari, atau bentuk apapun. Semakin menarik bentuk hiasan yang dibuat, si kecil akan semakin antusias! Selain itu, daya imajinasi si kecil pun akan semakin terasah dan membuat mereka nggak kalah kreatif dari moms!

TEMUKAN CETAKAN MAKANAN LUCU DI SINI

5. Berikan contoh

Susah makan sayur dan buah
Via – Guelph Naturopathic Medicine

Moms, menurut moms Lidya, ada hal yang paling penting dan nggak boleh sampai terlupa, yaitu beri contoh pada si kecil. Kalau moms ingin mereka makan sayur dan buah, maka makanlah sayur dan buah di depan mereka setidaknya satu kali sehari. Si kecil pasti akan meniru dan menjadikan makan sayur dan buah sebagai kebiasaan mereka. Jadi, pastikan moms selalu menyempatkan diri untuk mengajak mereka untuk makan sayur dan buah bersama-sama, ya!

MAKAN BERSAMA SI KECIL PALING ENAK DI SINI

Yuk, moms, terapkan 5 hal dari mom Lidya ini ke si kecil yang susah makan sayur dan buah. Jangan lupa untuk selalu membiasakan mereka menngonsumsi makanan yang sehat agar mereka dapat tumbuh dengan maksimal.

Nggak perlu bingung kalau mau coba 5 tips tadi, ya, moms. Semua bahan-bahannya bisa moms temukan di Blibli.com Ayo, ajak si kecil untuk hidup sehat bersama #Bliblisekarang!

KLIK DI SINI UNTUK TEMUKAN PERALATAN MAKAN SI KECIL 

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY