travel-solo

Halo Blibli readers!

Ini merupakan tips untuk kamu yang gemar berpetualang sendiri.

Masih ingat film yang diperankan oleh James Franco di 127 Hours? Sebuah kisah nyata seorang petualang Aron Ralston yang harus mengamputasi tangannya agar tetap hidup. Kisah ini pada akhirnya menjadi peringatan ke ratusan kalinya bagi para traveler yang senang berpetualang sendiri. Perlu sekali kamu catat, tidaklah selalu terdapat cerita manis di setiap perjalanan yang kita sedang lakukan. Semua tulisan saya pun yang ada di website Blibli Friends ini juga terdapat pengalaman yang tidak enaknya. Salah satunya waktu perjalanan saya ke Kiluan, dimana kapal saya hampir terbalik di laut akibat lalai dalam melihat jam wajib kembali dari pulau seberangnya. Jadi, apapun yang terjadi kamu musti siap dalam kondisi apapun. Baik mental maupun fisik. Antisipasi adalah solusinya!

Di artikel kali ini saya ingin berbagi beberapa tips untuk kamu yang suka berpetualang sendiri ke berbagai penjuru destinasi. Banyak hal penting yang kita sering lupakan disaat menyiapkan segala keperluan dalam berpergian. Semoga saja tips dibawah ini bermanfaat bagi kita semua.

1. Jangan Bilang Kamu Berpergian Sendiri
Disaat kamu pergi, beri kabar ke keluarga atau teman-teman terdekatmu bahwa kamu akan pergi sendiri. Jangan lupa untuk memberi nomor kontak, alamat, dan daftar tujuanmu agar orang terdekat tahu harus berbuat apa kalau ada hal darurat. Dan apabila sudah berada di tempat tujuan, jangan pernah kamu berkata kamu berpergian sendiri. Bilang saja sahabatmu atau teman traveling mu sedang berjalan kearahmu atau sedang ke toilet apabila ada orang asing yang sedang bertanya.

2. Selalu Membawa Kontak Hotel atau Hostel
Apabila kamu pergi keluar negeri tidak jarang orang yang tersesat karena sulit menterjemahkan bahasa lokalnya. Selagi kamu mempelajari transportasi umum di negara tujuan tersebut untuk menghemat, janganlah lupa apabila sudah terlalu malam naik taksi adalah cara teraman untuk pulang ke hotel atau hostelmu. Inilah gunanya kamu membawa kartu bisnis hotel, jadi kamu tinggal menunjukan kartu itu kepada supir taksi.

3. Apabila Kamu Diikuti, Jangan Berhenti!
Teman saya pernah bercerita, ketika ia di Prancis ia pernah diikuti maling. Salahnya ia membuka dompet ketika di jalan, saat sadar melihat sekitar maling itu sudah melihatnya dan mengikuti hingga ke halte bus. Apa yang dia lakukan? Ia terus berjalan sampai menemukan sekelompok orang agar terhindar kontak fisik dengan malingnya. Bahkan teman saya pura-pura melambaikan tangan pura-pura kenal dengan kelompok itu. Ketika melihat kebelakang, maling itu sudah pergi.

4. Persiapkan Segala Identitas Untuk Hal Terburuk
Sebelum kamu berpetualang, kopi ulang segala identitasmu, seperti paspor, KTP, Sim, kartu ATM, kartu kredit, atau dokumen penting lainnya. Simpan satu di rumah, dan simpan lagi kopian ketika sampai tujuan jauh dari yang dokumen aslinya. Ini akan membantu ketika dokumen-dokumen itu hilang tercuri.

5. Jangan Menganggap Hotelmu Aman
Ini hal yang sering membuat kita nggak nyangka. Jangan peduli bahwa kamu tinggal di hotel berbintang atau hostel sekalipun bahwa semua barangmu aman. Karena pencurian sering terjadi, terutama di negara Eropa. Dan jangan sekali-sekali percaya pada front desk, hal ini juga sering terjadi kehilangan. Gunakan safety box atau loker yang tersedia dan hanya kamu yang tahu kombinasinya.

6. Belajar Ilmu Membela Diri
Ilmu bela diri tidak hanya keputusan pintar dalam solo traveling, namun penting juga untuk semua hal, dan semua orang. Walaupun kamu sedang berpetualang jauh atau sedang dirumah, serangan selalu terjadi. Belajar ilmu bela diri tidak hanya mampu mengeluarkanmu dari situasi yang berbahaya namun juga meningkatkan kepercayaan diri ketika sedang solo traveling.

7. Jangan Membawa Barang Berharga
Yakin sudah siap kehilangan macbook, perhiasan, atau cincin kawin sekalipun? Barang-barang yang saya sebutkan sebenarnya tidak perlu dibawa berpergian jauh. Biasanya saya hanya membawa notebook yang murah, dan saya tinggalkan barang-barang berharga dirumah.

8. Bawalah Tas Pinggang Atau Tas Kecil
Tas berukuran mini selalu membantu kita dan meringankan beban ketika kamu sedang menikmati tujuan kultur kota. Selain membuatmu hanya memasukkan barang yang penting, ini bisa juga menjadi anti maling. Tapi ingat, tas yang kamu bawa itu harus selalu menghadap depan. Seperti Cullman protector action 400  ini, selain kuat dan bisa diikat di pinggang, tas ini juga mampu melindungi kameramu dari debu dan tahan air untuk cuaca yang kurang mendukung. Tas ini tersedia di Blibli, go grab it!

 kamerakamera_cullmann-protector-action-400


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY