Sneakers Juga Perlu Dirawat
Setelah pada artikel-artikel sebelumnya banyak menulis soal sepatu olahraga, ada satu hal yang tidak kalah penting setelah memiliki sepatu-sepatu favorit kita tersebut, yaitu bagaimana merawatnya. Penting dilakukan agar sepatu favorit kita bisa bertahan lama.

Aktivitas yang satu ini bisa dibilang susah susah gampang. Hal pertama yang cukup penting adalah mengetahui bahan sneakers Anda. Bahan yang umum ditemukan adalah kanvas, kulit dan kulit balik yang lebih dikenal dengan ‘suede’.

Pada umumnya,  cara membersihkan ketiga bahan tersebut hampir mirip satu dengan lainnya. Cukup dibasuh dengan kain lap yang lembab lalu di anginkan dibawah sinar matahari tidak langsung. Untuk yang berbahan kulit, bisa digunakan lap basah dan selanjutnya dikeringkan dengan lap kering lalu anginkan, jangan dijemur dibawah matahari langsung. Ini bisa menyebabkan rusaknya kualitas kulit. Untuk yang berbahan ‘suede’ bisa gunakan sikat bulu halus tanpa perlu air.

Untuk sepatu olahraga yang sering Anda pakai, seperti sepatu lari atau basket usahakan untuk ‘menganginkannya’ setiap kali habis pemakaian. Gunanya untuk mengeringkan bekas keringat yang menumpuk di sepatu agar jamur tidak mudah berkembangbiak. Kondisi yang lembab adalah kondisi favorit jamur untuk berkembang. Dan jangan sekali-kali menyimpan kaos kaki bekas di dalam sepatu, sangat tidak higienis dan menimbulkan bau tidak sedap. Biarkan sepatu olahraga Anda benar-benar kering sebelum disimpan di tempat tertutup.

Yang juga perlu diketahui, jangan pernah mencuci sepatu olahraga Anda dengan mencelupkannya ke dalam air atau air sabun dan menyikatnya. Hal ini dapat merusak jahitan dan lem sepatu, juga dapat memudarkan warnanya.

Bila ingin membersihkan bagian dalamnya, cukup mengeluarkan/mencopot sol bagian dalam lalu dianginkan atau dijemur.

Pada saat penyimpanan di tempat sepatu seperti rak atau lemari disarankan untuk menggunakan kamper atau penghilang bau khusus sepatu yang banyak dijual di toko peralatan olahraga. Sehingga pada saat pemakaian berikutnya, sepatu Anda terasa segar.

Selamat mencoba. Bila anda mempunyai trik atau saran lain dalam merawat sneakers, silahkan membaginya bersama kami.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY