Selain terkenal kaya campuran bumbu, hidangan khas Nusantara juga identik dengan teknik memasak yang lama. Tujuannya, tak lain agar bahan makanan tidak hancur dan bumbunya dapat meresap.

 

Teknik memasak ala Indonesia
Teknik memasak ala Indonesia

Ciri khas teknik memasak yang lama atau slow cooking ini terletak pada penggunaan api kecil atau sedang. β€œTeknik ini memperlambat penutupan pori-pori pada bahan makanan sehingga bumbu bisa masuk ke dalam makanan tersebut,” kata Chef Heriyanto yang menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Indonesian Chef Association (ICA) BPD Riau.

Salah satu contoh hidangan yang menggunakan teknik slow cooking ini adalah ayam bakar khas Padang. Saat memasak, ayam biasanya diungkep dulu bersama bumbu. Setelah itu baru dibakar. Ciri khas masakan Indonesia terlihat pula pada penggunaan bumbu yang digiling halus sampai berbentuk seperti pasta. Hasilnya, masakan akan mengeluarkan aroma khas yang dapat mengundang selera. Namun, proses pembuatan bumbu halus ini, lagi-lagi, membuat waktu memasak jadi lama.

Meski begitu, ada pula masakan khas Indonesia yang bumbunya hanya diiris, dimemarkan atau disobek. Teknik seperti ini biasanya dilakukan hanya untukΒ  menambahkan atau memperkuat aroma.

Di samping ayam bakar, Anda juga dapat menjumpai teknik slow cooking pada pembuatan rendang daging, gudeg, dan aneka bacem. Jika Anda baru akan mulai mencoba membuat hidangan yang menggunakan teknik slow cooking, jangan lupa sisihkan waktu khusus untuk memasak. Sebab, memasak dengan teknik ini dapat menghabiskan waktu lebih dari satu jam. Selamat masak!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY