Sejak diproduksi oleh Takara Tomy Co. di Jepang pada Tahun 1970, die-cast kendaraan yang terkenal dengan nama Tomica terus menuai ketenaran dan menjadi collectible item bagi mereka yang menggemarinya. Tak terkecuali di Indonesia.

Tercatat sampai tanggal 17 Agustus 2014, 921 member serta lebih dari 30.000 member forum telah tergabung dalam komunitas pecinta “kendaraan mungil” satu ini dalam “satu payung” bernama Tomica Fans Club Indonesia atau TFCI.

Yap, organisasi pengemar dan kolektor Tomica beserta aksesori-nya yang telah berdiri tanggal 08 Agustus 2008 memang punya banyak aktivitas seru di dalamnya. Gathering rutin dan ikut pameran serta event Toys Fair adalah sedikit diantara kegiatan yang selalu mereka lakukan.

Penasaran untuk “ngulik” apa aja keseruan yang bisa kita eksplorasi dengan Tomica, saya pun mencoba untuk berkomunikasi dengan M. Rizki selaku salah satu dari empat founder TFCI (Gunawan S., Firman Arifman, & Reza Malcolm) via email.

Pasalnya, TFCI yang bertujuan untuk membina dan mengembangkan hobby dan kegemaran akan Tomica dan aksesori-nya tersebut memang telah berperan untuk mempopulerkan die-cast kendaraan asal Jepang satu ini di Indonesia.

“TFCI punya andil untuk bertambahnya member Tomica Fan Club Indonesia dan penyebaran informasi mengenai Tomica,” klaim Rizki. Yap, meskipun tidak berafiliasi langsung dengan Tomica Jepang, namun, TFCI memang selalu menghadirkan terobosan layaknya Tomica dengan produk-produk terbarunya.

Rizki pun bercerita bahkan ada die-cast kendaraan Toyota Avanza yang berasal dari usulan penggemar Tomica di Indonesia ke Distributor Tomica di Indonesia untuk diteruskan ke Tomica, lho.

kredit foto: 4.bp.blogspot.com
kredit foto: 4.bp.blogspot.com

“Event ultah TFCI di Mal Artha Gading, adalah event besar pertama yang paling berkesan bagi saya,” jawab Rizki.

“Disana, TFCI membuat keseruan dengan menyelenggarakan lomba track Tomica, lomba modifikasi Tomica, dan penjualan Mobil Anniversary TFCI,” ungkapnya.

kredit foto: isuzu_elf_tfci2_blog
kredit foto: @superlomoboy

Saat ditanya, kenapa menggemari Tomica, Rizki pun menjawab jika, “Selagi kecil saya senang bermain dengan Tomica yang waktu itu masih buatan Jepang dan saat ini pun sudah menjadi barang koleksi yang berharga,” ungkapnya.

 

 

Ingin mulai mengoleksi Tomica? atau ingin melengkapi koleksi Tomica dengan Limited Vintage Edition? Faktanya, Blibli.com adalah satu-satunya E-Commerce yang punya koleksi Tomica lengkap lho! Klik disini untuk melihatΒ koleksinya!

165x165xtomica_tomica-lv-43-01b-isuzu-elf-root-car-coca-cola-kuning_kuning_full01.jpg.pagespeed.ic.2Q8jN9rl3D 165x165xtomica_tomica-lv-134b-datsun-fairlady-1600-light-blue_light-blue_full01.jpg.pagespeed.ic.vzYRAiNSh4 165x165xtomica_tomica-lv-model-crown-2door-ht-300-million-memorial_full01.jpg.pagespeed.ic.A0PXxANpJr 165x165xtomica_tomica-lv-n43-01a-nissan-paramedic_full01.jpg.pagespeed.ic.UnHaFwX3S- 165x165xtomica_tomica-lv-n70a-vw-golf-II-2-door-gti-black_black_full01.jpg.pagespeed.ic.DlWDs-oJH5 165x165xtomica_tomica-lv-n71a-vw-golf-ll-4-door-cli-red_red_full01.jpg.pagespeed.ic.VGc72vouhi 165x165xtomica_tomica-lv-n84b-fairlady-280z-t-2by2-white_white_full01.jpg.pagespeed.ic.vECUjqJI_a 165x165xtomica_tomica-lv-n86b-audi-80-quatro-hitam_hitam_full01.jpg.pagespeed.ic.WdPZbm4gPZ

 

 

Uniknya lagi, Tomica yang umumnya merupakan miniatur kendaraan yang ada (miniature scale model) dengan fitur pintu atau bagian lain yang bisa dibuka atau digerakkan memang punya keseruan bukan hanya sebagai barang koleksi, lho!

Rizki bahkan berujar jika Tomica bisa banyak dieksplorasi dengan memainkannya di track Tomica, atau dimainkan dalam diorama Tomica atau diorama yang dibuat sendiri.

9fff93233d498f0774746485c4a4797d.image.500x262

 

Saat ditanya apakah ada produk Tomica yang palsu, dirinya pun menjawab jika Sulit untuk mengatakan barang palsu.

“Namun pernah ditemukan produk yang dijual tanpa box yang tentunya bukan resmi dari Tomica, kemungkinan sisa produksi atau barang reject,” ungkapnya. Bagaimana, mau memainkan Tomica yang asli dengan harga yang menarik?

Blibli.com lagi punya penawaran menarik nih!Β Klik disini untuk melihat!

xrevisi-avanza-hol-c1c3.jpg.pagespeed.ic.APTv8V7y48

Nah, bagi kalian yang mau bergabung dengan TFCI bisa melalui www.tomicafci.org atau langsung bertemu di event TFCI di Swap Meet atau di Toys Fair!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY