Sepatu lari Pertamaku

Setelah dalam 2 artikel sebelumnya lebih banyak soal non-teknis, kali ini akan sedikit lebih ke teknis. Salah satu yang menyenangkan dari lari adalah: ngga banyak peralatan yang dibutuhkan dan bahkan tidak diperlukan pelatihan khusus untuk memulainya. Kita bisa langsung lari mulai dari depan rumah atau di treadmill.

Satu hal penting yang musti diperhatikan bagi yang baru mau memulai lari adalah: membeli sepatu lari yang tepat. Sepatu lari merupakan satu-satunya investasi yang besar di olahraga ini. Kenapa saya bilang sepatu yang tepat, karena bila Anda berlari dengan sepatu yang salah, cedera sudah pasti akan didapat dan bisa merusak semuanya bahkan sebelum Anda memulai kegiatan baru anda ini.

Ketika Anda masuk ke toko sepatu olah raga, Anda akan melihat dinding-dinding besar penuh dengan sepatu lari berwarna-warni dengan berbagai macam merk. Semua warna, label harga, promo, diskon akan menambah kebingungan. Lalu, bagaimana tahu yang tepat untuk Anda?

Tidak bisa dipungkiri, Anda pasti akan langsung tertarik dengan sepatu yang mempunyai kombinasi warna menarik. Apalagi bagi yang baru pertama kali akan melakukan pembelian sepatu lari pertamanya. Warna dan bentuk bukanlah patokan yang baik untuk sepatu lari pertama Anda.

Datangilah toko yang memang punya spesialisasi dengan sepatu olahraga, seperti beberapa outlet terkenal yang bertebaran di mall-mall. Ngobrol dengan karyawan toko tersebut dan ceritakan apa yang Anda cari, toko yang bagus akan membantu dengan solusi yang tepat untuk masalah lari Anda. Mereka akan membantu dari mulai pengukuran kaki Anda hingga tips /masukan yang bagus dalam memilih sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki dan keperluan Anda. Warna dan bentuk harusnya menjadi pertimbangan terahir dalam memilih.

Bicara soal sepatu, pasti akan berhubungan dengan size/ukuran. Disarankan untuk membeli sepatu lari  ½ nomor lebih besar daripada ukuran normal. Misalnya untuk sepatu sehari-hari memakai size 7.5, nah untuk sepatu lari memakai size 8, kenapa? Karena disaat berlari, kaki kita cenderung ‘membengkak’, ½ ukuran lebih besar itu adalah untuk mengakomodasi hal tersebut. Hal ini berpengaruh besar dalam berlari.

Setelah kita mendapat ukuran sepatu yang tepat, coba cari beberapa pilihan sepatu dan coba satu persatu dipakai bergerak (tentunya masih didalam toko tersebut ya). Rasakan perbedaannya dikaki Anda. Yang biasa saya lakukan adalah lompat-lompat kecil dan jalan keliling toko.

Satu hal yang patut diingat, semahal apapun sepatu yang Anda beli tidak akan menjamin kaki atau badan anda tidak akan pegel-pegel atau otot kaki sakit akibat berlari. Terutama bagi para pemula…sekali lagi, terutama bagi para pemula. Bukan sepatunya yang salah tetapi badan anda yang sedang menyesuaikan dengan kegiatan baru anda.

Mumpung anda sedang ada dihalaman ini, anda bisa melihat koleksi sepatu lari yang ada di blibli.com dan bila tertarik bisa langsung membelinya hingga langsung diantar ketempat anda. Semoga berguna :D.

Beberapa koleksi blibli.com :

blibli_nike-air-dictate-msl-429649-003_full01
Nike Air Dictate – blibli.com
blibli_nike-free-tr2-winter-441365-060_full01
Nike Free TR2 – blibli.com
blibli_nike-lunarfly-plus-2-429852-440_full01
Nike Lunarfly Plus2 – blibli.com
adidas_adidas-vanquish-5-m-shigre-neirme-metsil_full01
Adidas Vanquish 5 – blibli.com
league_league-l-run-m-white-red-black_full01
League Run – blibli.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY