Coba browsing bagian Culinary/Food & Snack dari Blibli.com, ternyata saya menemukan hal menarik di kategori Coffee and Tea. Ketika masuk ke sub-category ini saya menemukan pilihan produk didominasi oleh merk Kupu Kupu Bola Dunia dan merk Banyuatis, keduanya kopi yang berasal dari pulau Bali yang namanya sudah mendunia. Cukup familiar saya dengan kedua merk tersebut.

Sedikit info bagi yang baru mendengar kedua merk ini, Kupu Kupu Bola Dunia sudah berdiri sejak tahun 1935 di Bali, dan saat ini dijalankan oleh generasi ketiga dari keluarga Tjahjadi. Line up produk yang dihasilkan hingga saat ini juga sangat luas, tidak hanya kopi yang berasal dari Bali tetapi juga dari Toraja, dan Mandailing. Adapula kopi luwak. Dengan banyaknya varian yang dihasilkan tidak heran hingga saat ini hampir semua hotel besar di Bali memakai kopi Kupu Kupu Bola Dunia ini, seperti Hard Rock, Hyatt, Ritz Carlton, dll. Selain memasok kebutuhan lokal, Kupu Kupu Bola Dunia juga memasok kopi ke negara Australia, Korea, Taiwan, Singapura, Belgia, hingga pulau di bagian barat Samudera Pasifik yang masuk ke dalam teritori Amerika Serikat, Guam.

bhineka-jaya_kupu-kupu-bola-dunia-bali-supremo-coffee-kristal-karung-100gr_full01
Kupu Kupu Bola Dunia “Suprimo Bali Beans”

Sedangkan merk Banyuatis lebih senior lagi secara umur. Dimulai dari seorang petani kopi yang bernama Jro Dalang Gelgel di tahun 1800-an yang sudah menanam kopi didesanya, Banyuatis. Baru sekitar tahun 1975 dibangun pabrik untuk mengolah hasil kopi Banyuatis ini oleh penerus Jro Dalang Gelgel. Hingga saat ini usaha kopi ini masih dipegang oleh keturunan Jro Dalang Gelgel.

kopi-banyuatis_kopi-banyuatis-regular-200-gr_full01
Banyuatis Regular

Kedua merk tersebut menghasilkan sensasi tersendiri bagi para penikmat kopi. Memang secara fisik kopi yang dihasilkan Kupu Kupu Bola Dunia terlihat lebih gelap dan menghasilkan rasa yang lebih kuat. Tetapi soal rasa dikembalikan kepada preferensi masing-masing pribadi. Kedua merk tersebut sudah mempunyai pengikut setianya masing-masing baik di dalam maupun luar negeri.

Kabar baiknya untuk Anda, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bali untuk dapat menikmati nikmatnya kopi ini, cukup hanya dengan masuk ke blibli.com lalu cari kategori Culinary lalu Food & Snacks dan cari sub-kategori Coffee and Tea atau klik saja link ini.

Disitu anda bisa menjumpai berbagai macam pilihan kopi dari kedua merk tersebut. Tersedia dari kemasan 40gram (gr) hingga 500gr.

Secangkir kopi nikmat dari Bali hanya sejauh 1 klik di komputer Anda.


1 COMMENT

LEAVE A REPLY