Selamat Berpuasa dan Berolahraga

Untuk umat muslim yang menjalankan ibadah puasa pastinya akan merasakan sedikit perbedaan dalam metabolisme tubuhnya. Akibatnya, banyak dari kita yang menghabiskan waktu puasa dengan bermalas-malasan. Yang tadinya tidak suka tidur siang, jadi mendadak suka. Yang biasanya rutin berolahraga setiap sore, malah menghentikan aktivitas itu. Padahal dengan mengatur waktu berolahraga, badan kita selama bulan puasa akan semakin sehat.

Memang selama berpuasa, energi yang kita hasilkan tidak sebesar biasanya. Maka bila ingin berolahraga, disarankan dilakukan menjelang berbuka. Ada beberapa tips yang bisa kita coba:

Berolahraga disore hari menjelang berbuka.
Kenapa disarankan disore hari? Gunanya untuk mencegah dehidrasi. Kita bisa melakukannya secara bertahap, hari pertama 20 menit menjelang berbuka, hari kedua 30 menit, dst. Lakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti jalan kaki, jogging, atau kalau ditempat fitness bisa treadmill atau angkat beban ringan. Dan pada saat tubuh sudah memerlukan nutrisi, kita sudah bisa berbuka.

Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan.
Hal ini sangat membantu mencegah cedera badan. Apalagi saat kita berpuasa. Lakukan bertahap, dari ringan ke berat agar badan tidak kaget dengan perubahan drastis.

Istirahat cukup dimalam sebelumnya.
Agar tetap fit dan tidak lemas saat berolahraga, Anda harus mendapatkan istirahat cukup di malam hari. Terutama berolahraga di bulan puasa akan menguras banyak energi. Memperbanyak konsumsi makanan sehat pada saat sahur dan berbuka seperti sayuran dan buah-buahan akan membantu stamina Anda tetap terjaga, terutama saat berolahraga.

Dekatkan makan Sahur dengan waktu Imsak.
Selain waktu tidur bisa sedikit lebih lama ☺, kegunaan utamanya untuk memperpendek masa kosong perut. Dan makan makanan sehat yang rendah lemak dan tinggi protein. Yang efeknya akan membuat kenyang lebih lama juga menjaga tingkat energi selama beraktifitas seharian.

Jangan Menunda Waktu Berbuka.
Bila sudah masuk waktu berbuka, jangan menunda untuk berbuka. Segera minum dan makan secukupnya dengan asupan makanan yang bergizi untuk mengganti energi tubuh yang hilang saat berolahraga. Makanan tinggi protein sangat dianjurkan untuk mencegah penyusutan otot dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga.

Nah, diatas adalah beberapa tips yang bisa saya share disini, jadi urusan olahraga ngga perlu ikut libur selama bulan puasa kan? Mungkin dari Anda ada tips-tips lain bisa ikut dibagi untuk para pembaca?

Dan bila anda masuk ke blibli.com, bisa dilihat disana tersedia peralatan-peralatan olahraga dari berbagai merk-merk terkenal seperti Adidas, Nike, Reebok, Joma, dll yang bisa ikut membantu aktifitas olahraga Anda, mulai dari badminton, futsal, sepeda, sepatu lari dan masih banyak lagi.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY