Sabtu lalu (14/5), kantor Blibli diramaikan oleh peserta workshop yang diadakan Fun Blogging Community. Mereka mempelajari berbagai ilmu mengenai blogging, mulai dari penulisan, cara mendapatkan uang dari blog, hingga mengoptimalkan konten yang ada dalam blog. Sebanyak 22 orang semangat mengikuti workshop yang dilakukan sejak pagi hingga malam hari.

FB11BLIBLI (2)
Peserta serius menyimak penjelasan blogger Haya Aliya Zaki yang jadi pemateri.

Sejak dulu, blogging memang dipandang sebagai cara yang menyenangkan untuk menulis, mengeluarkan ide atau kritik tanpa terikat dengan apapun. Makin lama, para blogger makin serius mengembangkan kontennya agar tulisan bisa dibaca dan bermanfaat bagi pembacanya. Hingga kini, blog dipandang sebagai salah satu sumber untuk mencari rekomendasi produk, ulasan suatu tempat, acara atau kegiatan, bahkan aktivasi suatu merek atau perusahaan.

Hal itulah yang ditekankan Haya Aliya Zaki, pemateri pengenalan blogging dan pengembangan konten pada peserta mengenai manfaat blogging. Dikatakannya, blogger harus percaya diri dan terus mengembangkan cara menulis agar blognya bisa bermanfaat. Selain itu, blogger juga harus konsisten menulis dan punya ciri khas tulisan agar reputasi blognya bisa terbangun.

Selama proses workshop berlangsung, peserta aktif melakukan live tweet di akun masing-masing agar bisa membagikan pengetahuan yang mereka dapatkan kepada followers-nya. Serunya, proses live tweeting ini membuat hashtag #FB11BLIBLI jadi trending topic!

IMG_8555 IMG_8551

Setelah materi penulisan, peserta berisirahat sambal menyimak penjelasan dari Dwi Retno Siregar, PR Blibli.com yang memberikan pengetahuan mengenai kekuatan konten dalam situs belanja online tersebut. Blibli.com tidak hanya dikenal sebagai mall online yang memberikan kemudahan berbelanja, tapi juga memperhatikan setiap kontennya agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Salah satu contohnya adalah uPang UV Sterilizer. Dijelaskan oleh Carlin dari BalitaKita, produk yang dijual di Blibli.com ini terbilang unik karena bisa mensterilkan berbagai barang tanpa pemanasan karena menggunakan sinar UV. uPang berguna untuk ibu-ibu muda yang sedang dalam proses menyusui ASI karena bisa membersihkan botol sekaligus pompanya dengan cara yang praktis.

Tak hanya uPang, blogger juga diberi penjelasan mengenai produk baru yang tengah populer di kalangan ibu muda modern, yaitu i-Angel Baby Carrier. i-Angel adalah gendongan bayi yang terjamin aman untuk si kecil karena bayi tidak akan tergantung di selangkangan saat digendong. Produk ini membuat bayi tertopang sempurna di pinggangnya dan bisa dipasang di depan maupun di belakang.

Wah, blogger makin bersemangat menanyakan dua produk yang terbilang baru ini. Apalagi sebagian besar dari mereka adalah ibu-ibu muda yang ingin semua produk dalam hidupnya bisa memudahkan. Serunya lagi, para blogger ini bisa ikut kompetisi menulis berhadiah satu produk uPang UV Sterilizer yang pasti akan sangat berguna!

FB11BLIBLI (6)

Setelah itu, peserta kembali belajar ilmu tentang cara memaksimalkan potensi blog yang dimiliki. Karena sifatnya yang personal, subyektif, dan intim, kini blog mulai dimanfaatkan berbagai brand dan perusahaan untuk menyebarkan pesan. Dari situlah para blogger bisa mendapatkan tambahan penghasilan, bahkan menjadikannya sebagai pekerjaan.

Blogger yang mengisi materi ini adalah Shintaries. Ia dikenal sebagai pemilik shintaries.com, blog yang membagikan berbagai kisah mengenai gaya hidup dan menjadikan blogging sebagai pekerjaan utama. Disebutkannya, agar blog bisa dijadikan sumber penghasilan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menata tampilan blog semenarik mungkin.

Jika tampilan blog sudah menarik, isi blog dengan konten berkualitas. Setelah itu, pelajari berbagai hal mengenai SEO dan statistik di Google Analytics agar blog punya tingkat keterbacaan yang tinggi. Jika blog punya pembaca dan rating yang bagus, brand pasti akan mendekat dengan sendirinya.

“Usahakan punya 2000 kata agar tulisan bisa ter-index bagus di Google, cara menulis agar bisa mencapati 2000 kata adalah tulisan harus tematik, kronologis, bersifat ilmu pengetahuan, dan menyelesaikan masalah,” Shintaries.

Sore hari, Ani Berta sebagai salah satu pemateri memberikan materi mengenai cara mendapatkan penghasilan dari blog. Perempuan yang kini sudah jadi full time blogger ini menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan mulai dari mengikuti komunitas untuk menyebar jaringan, hingga memaksimakan media sosial yang dimiliki baik untuk berkomunikasi hingga menyebarkan konten.

FB11BLIBLI
Foto bersama adalah kewajiban!

Selesai belajar, keseruan tidak berhenti. Peserta diajak berkeliling kantor Blibli.com yang punya desain unik. Mereka berkeliling dari lantai 1 hingga lantai 3 dan menyimak penjelasan Dwi mengenai divisi apa saja yang ada di Blibli berikut tugasnya. Sayangnya, karena acara ini diadakan di hari Sabtu, peserta tidak bisa melihat langsung proses bekerja di Blibli.com. Tapi, tetap seru kok karena diselingi dengan kegiatan foto-foto yang bisa dipajang di blog atau media sosial!

FB11BLIBLI (3)
Foto bersama di depan mural Blibli.com

Intinya, Sabtu lalu merupakan momen yang menyenangkan karena bisa mendapatkan pengetahuan blogging, pengetahuan produk terkini, dan informasi soal Blibli. Kejutan datang di akhir acara karena peserta dengan live tweet terbaik mendapatkan hadiah voucher belanja dari Blibli.com!

FB11BLIBLI (5)
Wajah gembira pemenang kontes live tweet. Selamat ya!

upangpinkwineer-ida-sosmed

Tak hanya kompetisi live tweet, peserta juga aktif mengikuti kompetisi menulis dengan topik uPang UV Sterilizer. Lomba ini diadakan dalam kurun waktu satu bulan. Pemenangnya adalah Juara 1 Yonna Kairupan mendapat uPang Sterilizer, Juara 2  Ira Guslina mendapat Voucher Belanja Blibli.com on Apps Rp1.000.000, dan Juara 3 Rina Susanti mendapat Voucher Belanja Blibli.com on Apps Rp500.000. Selamat yaaa bagi ketiga pemenang semoga tulisannya bisa bermanfaat bagi pembacanya.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY