Di acara Samsung Unpacked (4 September 2013) bertempat di Tempodrom, Berlin, produsen elektronik Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy Note 3, Samsung Galaxy Note 10.1 (edisi 2014), dan Samsung Galaxy Gear.

Dan diantara ketiga barang tersebut, bisa dikatakan Samsung Galaxy Gear sebagai SmartWatch baru mereka,Β adalah yang paling revolusioner di antara ketiga barang yang diluncurkan kemarin. Ya, karena ini bukan smartphone atau tablet, sehingga layak mendapat perhatian sebesar itu. Buktinya, diluncurkan pertama kali di dunia di tempat yang sama dengan 2 device flagship lainnya.

Selain itu Galaxy Gear juga akan bekerja sebagai pendamping Galaxy Note 3 (atau nanti kedepannya juga Galaxy Note II, S3 & S4). Oke, saya berikan kabar kurang menyenangkan dulu di awal, “sebagai pendamping”. Pendamping disini artinya, hanya akan bekerja maksimal jika dipasangkan melalui koneksi Bluetooth dengan keempat device tadi. Ini juga artinya, Gear tidak meyimpan apapun secara permanen di dalamnya, melainkan semua data akan berada di device utamanya.


Galaxy Gear

Bila kita tidak memiliki salah satu dari keempat device tadi, mungkin tidak akan maksimal. Tapi, bila kita punya, dan sudah dihubungkan, ini adalah beberapa skenario atas apa yang akan kita bisa lakukan:

1. Melakukan panggilan telepon.Β 

Tanpa melihat smartphone-nya, kita bisa melihat siapa yang menelpon melalui Gear, dan menerimanya, entah dengan tangan ditempelkan mendekati telinga, atau bahkan sambil beraktifitas. Gear memiliki speaker & mikrofon yang ada di strapnya.

2. Mengambil Gambar

Gear memiliki kamera 1.9mp di strapnya dan dapat merekam video maksimal 10 detik. Semua tanpa mengeluarkan device utamanya. Semua hasil jepretan akan masuk langsung melalui bluetooth ke device utamanya untuk edit dan upload. Good thing is, bisa ngambil foto candid, atau, gaya James Bond.

3. Membaca Notifikasi

Notifikasi akan muncul di Gear untuk kita abaikan atau terima. Kalau kita abaikan, tentu kita tidak perlu menyentuh device utamanya. Namun, saat kita memilih dan melihat notifikasi tersebut di Gear, lalu kita buka device utamanya, kita akan langsung dibawa ke halaman notifikasi tersebut.

4. Melihat organizer

Kontak & Kalender akan terpampang nyata di Gear walaupun datanya tidak tersimpan disitu. Ingat, koneksi Bluetooth.

5. Pedometer

Ini penting, setidaknya buat saya, bahwa Gear bisa mengukur jumlah langkah kita perharinya. hasil itu, akan langsung dilempar ke device utamanya.

Gear akan hadir di Indonesia di perkirakan bulan Oktober (paling cepat), dengan 6 pilihan warna: Jet Black, Oatmeal Beige, Rose Gold, Wild Orange, Mocha Grey dan Lime Green. They look amazing! Gear diperkirakan akan dijual di kisaran harga 3-4juta rupiah.

Gear terlihat eksklusif, dan ini Samsung. Die hard Samsung fans selayaknya memanfaatkan ekslusifitas yang ditawarkan Samsung ini. Revolutionary.Β 
20130903_205247

 

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

1 COMMENT

LEAVE A REPLY