Saat ini lari ditemani dengan gadget (terutama smartphone) beraplikasi lari sudah menjadi hal yang lumrah. Bahkan sepertinya sudah menjadi peralatan wajib seperti halnya sepatu lari. Keperluannya pun bermacam-macam, ada yang memerlukannya untuk kepentingan program latihan, atau bisa jadi eksis di media sosial hehehe….

Sekarang memang banyak aplikasi smartphone yang related dengan lari beredar. Dan cara mendapatkannya pun cukup mudah dan gratis. Tersedia dalam sistem operasi Android maupun iOS (Apple).

Beberapa aplikasi sangat reliable dengan update dan pengembangan sistem yang cukup rutin dari developernya. Saya coba memberi gambaran beberapa contoh disini:

1. Endomondo (Android/iOS/Windows Phone – www.endomondo.com)

Endomondo
Apps yang satu ini cukup menjadi favorit diantara para pelari yang saya kenal. Cukup akurat, system up-datenya cukup rajin dan yang banyak menarik pengguna adanya feature social media sharing. Untuk hal yang satu ini Endomondo bisa dibilang terdepan, karena kita bisa men-tag foto, video dan data populer lainnya di rute lari kita.

Secara feature kita bisa men-track latihan kita secara audio dan visual. Di versi berbayarnya tersedia fitur audio coaching untuk bagi para pelari yang ingin lebih serius dalam rutinitas mereka.

Sepertinya fitur social media di apps ini sangat menjadi unggulan, karena ada satu feature yang memungkinkan kita berbicara dengan pelari yang juga sedang menggunakan Endomondo di lokasi yang berbeda, dimana yang akan kita terima berupa voice note dan dibacakan oleh aplikasinya dan bisa disimpan sebagai messages. Jadi, setiap lari kita menjadi ‘social run’ walaupun kita berlari sendirian.

 

 

2. Nike+ Run (Android/iOS – www.nikeplus.nike.com)

Nike+
Aplikasi sejuta umat. (Sangat) banyak dipakai para pelari disini dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Nike memang salah satu yang menjadi pionir yang membuat mobile coaching dan data yang berhubungan dengan lari dan diproduksi massal. Pada awalnya sebelum adanya GPS-enabled di smartphone Nike+ run memberikan informasi pedometer, jarak tempuh dan kecepatan dan katalog hasil lari kita sebelum-sebelumnya. Dengan berkembangnya tekonologi smartphone, Nike juga mengembangakan aplikasinya dengan menambahkan feature waktu, jarak tempuh dan pace yang bisa dilihat secara real-time selama aktivitas, juga ada data kondisi kesehatan dan juga kemampuan membuat target latihan yang tersedia di homepage aplikasi.

Secara social media, Nike juga tidak ketinggalan dengan menambahkan feature data sharing, bisa melihat-lihat perkembangan dan aktivitas teman sesama pemakai aplikasi Nike+ run. Fitur lainnya yang menarik adalah bisa memilih “Powersong” untuk membantu kita/pelari di masa latihan yang berat. Canggih!

Anda bisa cek Nike+ Sportwatch di Blibli.com sebagai bahan pertimbangan 🙂 *racun mode: On

 

3. Zombies, Run! (Android/iOS – http://www.zombiesrungame.com/)

ZombiesRun

Buat yang ngga mau terlalu serius ada aplikasi lari yang satu ini. Patut dicoba…it’s fun!

Ceritanya Anda harus berlari untuk menyelamatkan diri dari kejaran para zombie yang mengambil alih dan menguasai daerah Anda. Untuk terus mencapai tahap berikutnya di aplikasi tersebut, anda harus berlari dengan jarak tertentu yang didalam rutenya dipenuhi para zombie yang kelaparan. Anda akan tahu kalau zombie sudah mendekat dengan audiovisual yang dapat didengar di gadget Anda.

Aplikasi ini dapat menjadi alat yang tepat dalam melatih interval anda dalam berlari. Karena Anda terus dipaksa untuk berlari lebih cepat dengan dikejar zombie. Yang mana dalam dunia nyata anda akan berlari lebih cepat ☺.

Di aplikasi ini juga tersedia komunitas online-nya yang bisa kita lihat info sesama pelari atau dalam hal ini sesama ‘survivors’ dari kejaran para Zombie.

 

Itulah beberapa aplikasi lari yang populer diantara para pelari. Masih banyak aplikasi lain yang bisa Anda coba seperti Runkeeper (Android/iOS – www.runkeeper.com), MapMyRun (Android/iOS – www.mapmyrun.com), Strava (Android/iOS – www.strava.com), iSmoothRun (iOS only – www.ismoothrun.com) dan lain sebagainya.

Selamat mencoba dan yang terpenting adalah menikmati kegiatan lari Anda, dan bukan aplikasinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY