Apakah rooting?


Rooting Android

Rooting boleh disejajarkan dengan Jailbreak di Apple devices. Pada dasarnya membebaskan device untuk modifikasi lebih dalam. Modifikasi ini dilakukan dengan mengubah ROM, atau firmware. Sedikit advance, tapi untuk yang agak sudah mendalami dan bosan dengan kemampuan Androidnya, boleh dicoba.ย Banyak user awam yang seringkali dihadapi keraguan pada saat melakukan rooting di Android, bagi para expert user hal ini merupakan suatu boleh dikatakan berkah apabila ponsel android tersebut dapat di root.

Untuk memudahkan anda menentukan apakah ponsel android and harus di root atau tidak, berikut disampaikan beberapa keuntungan dan kerugian dari rooting gadget Android.

Keuntungan:

  1. Uninstall aplikasi bawaan vendor yang tidak dapat di uninstall apabila belum di root
  2. Backup system dan aplikasi, sehingga memudahkan user backup 1 to 1 dengan smartphone yang sama. Contoh aplikasi backup โ€œTitanium Backupโ€
  3. Instalasi Custom ROM sudah dapat dilakukan
  4. Overclock CPU, mempunyai akibat 2 sisi mata uang, disatu sisi meningkatkan performa namun disisi lain membuat konsumsi beterai lebih boros (sebagai catatan overclock CPU harus dijalankan secara hati-hati karena dapat merusak hardware akibat panas yang terlalu berlebihan)
  5. Memungkinkan install aplikasi pada memory sdcard / external.
  6. Ad-Free (tidak ada iklan), dapat melakukan blok akses internet untuk beberapa aplikasi.

Kerugian:

  1. Menyebabkan hilang garansi, Hal ini sering dipermasalahkan oleh pihak vendor, namun tidak menjadi masalah karena smartphone dapat dikembalikan ke kondisi sebelum di root melalui proses Unroot.
  2. Keamanan, Walaupun masih diperdebatkan, Dengan membuka akses sehingga dapat terinfeksi malware, spam, virus. Dapat diantisipasi dengan menginstall antivirus atau aplikasi remove malware, dan menginstall aplikasi yang telah dipercaya dan sumber yang jelas.

Semoga informasi diatas memberikan sedikit banyak gambaran apakah anda akan melakukan rooting pada smartphone android anda?

Artikel berikutnya, saya akan mencoba menjelaskan caranya. ๐Ÿ˜‰

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

21 COMMENTS

  1. eeaaaa,,,,,,, root di Android ama Jailbreak di Apple beda paradigma lah,,,, Take a Note and Write it Down : “ROOT ITU LEGAL SEDANGKAN JAILBREAK PADA DASARNYA ILEGAL”

  2. ms bro โ€ฆsy mo nsnya nih
    td pas ane masuk descovery hp ane kok ane tekan
    tmbol home โ€œapply sdcardโ€ yg nongol cm lambang
    android? ane tnggu tetep aja gtu
    ada yg salh y bro
    mksโ€ฆtk tnggu pencerahnny ya

    • Kalau gitu file rootingnya belom dicopy ke sd cardnya atau tidak tercopy di directory root sdcardnya
      Pastikan file rooting tercopy ke root directory sdcard masuk ke recovery mode pilih apply update from external storage
      Atau pilih install zip from sdcard

  3. mas saya mau upgrade Galaxy Wonder dr GB ke Jellybean….tp custom…kira2 aman ga ya??

    and apa bener ya kalau bbm for android cm bs official aja ga bs yg custom…mhn pencerahannya…

  4. Mas..sya pnya samsung galaxy young….
    Itu gimand ngrootnya…
    pgen coba yg d tutorial itu…
    Tpi tkut slah….
    Bsa ksi postingan yg lbh detao gax mas….
    Tolong yaa mas yaaa

  5. Halo mas.. saya ada samsung note 3 (n900) dan foto di folder camera saya (DCIM) semuanya tiba2 hilang tanpa bekas. just fyi saya tidak pakai external sd card jadi semuanya di simpan di internal memory storage. sudah googling dan disarankan memakai bbrpa jenis app recovery file. yang jadi masalah, untuk sistem android jelly bean 4.3 tidak mengenable usb mass storage option (hanya mtp dan ptp) jadi semua aplikasi merujuk untuk meng root handphone saya. yang jadi pertanyaan, apa proses ini aman? kehilangan warranty apa mutlak jika proses ini dilakukan? atau mas ario punya link untuk proses restore removed file dari internal storage yang saya alami. thanks sebelumnya. ๐Ÿ™‚

LEAVE A REPLY