Freelander-splash
Photo Courtesy by www.telegraph.co.uk

Dulu saya melakukan kesalahan besar dalam road trip, yaitu menaiki kendaraan mobil sedan selama perjalanan saya ke Jember, Jawa Timur dari Jakarta. Ya pada saat itu saya memang rada cuek (maklum masih belum mengerti apa-apa mengenai roadtrip). Yang pada ujungnya, semua berakhir merana dan lelah tiada tara. Sedan yang dibuat medan kota tidak bisa bertarung dengan jalan di Jawa. Ada saja kerusakan, atau tidak kuat nanjak. Jadi, hal ini merupakan penting sekali, pilihlah kendaraan yang mampu menjajaki jalanan di Indonesia yang tidak seluruhnya aspal.

Saran saya, pilihlah kendaraan jenis SUV. Dimana memang tangguh dalam medan apapun (kecuali offroad ya). Kedua, eksterior dan interior mampu membantu performa dalam perjalananmu. Setelah saya mencoba berpergian dengan SUV dalam lima hari, berikut adalah top features yang perlu diperhatikan di sebuah kendaraan ketika road trip:

Eksterior:
Apapun itu kesenanganmu dalam berkendara baik SUV atau sedan, ada beberapa tampilan yang penting diperhatikan ketika berkendara di cuaca yang berbeda dan medan lingkungan yang bervariasi. Sebetulnya juga tergantung destinasi pilihanmu, dulu SUV juga berguna ketika medan di jalanan Sumatera dan Bali yang kadang juga berkabut.
Seperti:
Halogen Headlights
Integrated Fog Lights
Fitur Privacy Windows di Rear Sides dan Back of Vehicle

Interior:
Hal paling penting ketika saya sedang road trip adalah kenyamanan untuk berjam-jam berkendara. Ini artinya saya butuh ruang untuk gadget, peta, GPS dan kudapan yang dapat diraih kapan saja pada saat dibutuhkan. Dan juga kesegaran udara, sehingga saya apabila bosan bisa menyanyi tanpa harus ribut melihat arah yang benar. Jadi apa yang dibutuhkan (yang sangat populer) adalah pilihan wajib, sehingga kamu nyaman ketika road trip.
– Dual Zone Automatic Climate Control with AC and Heat (ini mungkin sulit ditemukan tapi wajib)
– Stereo System with USB port dan iPod Connectivity
– Bluetooth
– Dashboard Navigation System
– Power door locks dan Power Windows
– Charger Power Outlets
– Cup Holders, Cargo Space dan Overhead-dan-Center Consoles

Performa:
Selama poin yang saya berikan diatas tersedia, kamu tidak perlu khawatir. Memiliki kendaraan yang mempunyai performa yang tinggi dan aman itu sangat penting untuk diperhitungkan sebelum berangkat road trip. Yakinkan rem berfungsi dengan baik, mesin yang sudah di cek, dan beberapa spec mekanik yang perlu di cek sebelum jalan. Tapi selain standar performa kendaraan, fitur dibawah ini akan memberi kenyamanan dan keamanan lebih.
– Rear Parking Assist Sonar
– Lampu Daytime yang berjalan lancar
– Sistem Advance Airbag
– Sistem Tire Pressure Monitor
Jadi diatas semua ini memang perlu kamu pertimbangkan dan jalankan. Memilih kendaraan juga penting. Tidak mau dong kamu tengah jalan harus ganti ban atau panggil tukang bengkel untuk membenarkan yang rusak. Perlu diingat saja, bahwa tidak semua kota atau tempat memiliki banyak tukang bengkel. Have a safe trip then!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY