Menjelang dilangsungkannya Classic Meet Jazz pada Mei mendatang, Galeri Indonesia Kaya baru saja menyelenggarakan Road to Classic Meet Jazz dengan tema Gubahan Nusantara Sumatera, pada 19 April 2014 di auditorium Galeri Indonesia Kaya.

Pertunjukan yang dimulai pada pukul 19.00 WIB ini menghadirkan dua musisi muda berbakat, Artidewi dan Angela July. Dengan arahan Alvin Lubis sebagai music director, penampilan keduanya menawarkan harmoni musik klasik dan musik jazz yang dikolaborasikan oleh perpaduan karakter vokal yang berbeda.
ROAD TO CLASSIC MEET JAZZ - ANGELA JULYROAD TO CLASSIC MEET JAZZ - ARTIDEWI
Dalam penampilan Gubahan Nusantara – Sumatera ini, mereka akan membawakan lagu-lagu dari daerah Sumatera sebanyak 5 lagu, antara lain Nurlela, Tak Tong-Tong, Bungong Jeumpa, Dayuang Palinggam, Song For Aceh. Tak hanya lagu daerah, para musisi ini juga membawakan lagu Indonesia lainnya, seperti Merah Putih, Rayuan Pulau Kelapa, Mande-Mande, Indona, Manuk Dadali, Kala Surya Tenggelam.

“Nama Artidewi dan Angela July tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta jazz di tanah air. Kehadiran keduanya menambah daftar musisi yang memberikan warna musik berbeda dalam blantika musik Indonesia. Karena itu Galeri Indonesia Kaya menggandeng keduanya untuk menampilkan lagu-lagu daerah Sumatera dan lagu Indonesia dengan aransemen jazz dan menjadi penampilan yang unik dan menghibur tanpa meninggalkan akar budaya Indonesia,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Selama 60 menit, pengunjung Galeri Indonesia Kaya pun terlihat menikmati lagu daerah Sumatera dan lagu Indonesia yang dibawakan secara apik dalam aransemen nuansa Classic Meet Jazz. Penampilan para musisi ini juga dilengkapi dengan petikan gitar dari musisi ternama Indonesia, Tohpati.
“Selama ini, musik jazz sering diidentikan dengan eksklusifitas kelas atas, padahal jazz merupakan salah satu jenis musik yang unik dan bisa menyatu dengan jenis musik lain, khususnya daerah. Saya akan membuktikannya melalui penampilan kami di Galeri Indonesia Kaya membawakan beberapa lagu daerah dari Sumatera dan daerah lainnya dengan aransemen jazz. Dengan fasilitas yang ada di auditoriumnya, kami yakin penonton akan bisa menikmatinya,” ujar Tohpati.
ROAD TO CLASSIC MEET JAZZ - TOHPATI

Artidewi yang dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu ini merupakan musisi yang memiliki warna vokal yang berbeda. Berbekal ilmu vokal & musik dari Florida State University & Universitas Pelita Harapan Jakarta, Artidewi telah berhasil mengeluarkan satu buah album pada tahun 2007 dan satu buah single pada tahun 2010.
“Ini pertama kalinya saya tampil di Galeri Indonesia Kaya. Menarik bagi saya karena saya harus bisa menyanyi lagu daerah tapi diaransemen ulang dengan gaya jazz dengan tetap mempertahankan ciri khas kedaerahan dari setiap lagu, agar sesuai dengan konsep tempat yang sangat kental dengan kebudayaan Indonesia namun dipadu dengan teknologi kekinian,” kata Artidewi.

Classic Meet Jazz merupakan sebuah konser tahunan yang dilangsungkan mulai tahun 2012. Untuk tahun ini, acara Classic Meet Jazz sendiri akan diadakan pada tanggal 24 Mei 2014 di Usmar Ismail Concert Hall, Kuningan Jakarta. Tertarik mengikuti kabar dari Galeri Indonesia Kaya? So, simak terus Blibli.com untuk kabar selanjutnya dari Galeri Indonesia Kaya!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY