Bagi yang menjalani ibadah di bulan Ramadhan, kesabaran tentu sangat dibutuhkan dalam beraktifitas, salah satunya pada saat berkendara ketika kondisi fisik sedang terkuras.

Untuk itu ada baiknya Anda perhatikan tips berkendara dari Rifat Sungkar, atlet dan juga pemerhati otomotif nasional bagi anda saat menjalankan puasa.

FYI, Rifat Helmy Sungkar, atlet motorsport kelahiran Jakarta tanggal 22 Oktober 1978 ini dikenal sebagai atlet kebanggaan Indonesia. Berbagai penghargaan telah disabet olehnya, termasuk menjadi 8 kali Juara Nasional Reli.

Rifat Sungkar

Pada tahun 2006, Rifat Sungkar dianugerahkan ”Bintang Prestasi” yang diberikan / disematkan langsung oleh Presiden RI – Bpk Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain di reli, Rifat juga berprestasi di cabang Speed Offroad, dimana pada tahun 2013, Rifat berhasil menjadi Juara Nasional Group 3 dan Best Over All. Nah, apakah tips berkendara saat di bulan Ramadhan darinya?

Check this out!

Tips 1 – Periksa keadaan mobil di bengkel

Sebelum memasuki bulan puasa, ada baiknya untuk meluangkan waktu pergi ke bengkel guna memeriksa keadaan mobil. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi gangguan yang terjadi pada kendaraan saat bulan puasa.

Tips 2 – Perbanyak asupan protein dan cairan saat sahur

Saat sahur, jangan terlalu banyak menkonsumsi karbohidrat yang akan menyebabkan kantuk, tapi perbanyaklah protein dan cairan. Cairan sangat penting bagi tubuh, karena biasanya pada bulan puasa, ketika energi terkuras, kita terkadang sulit menahan rasa haus dibanding rasa lapar.

Tips 3 – Bila hendak berkendara, perhatikan jarak tempuh dan ketahanan tubuh.

Pada saat berpuasa, bila hendak berkendara penting untuk perhatikan antara jarak tempuh, waktu tempuh dan ketahanan tubuh. Jangan sampai anda membuang energi dengan kalkulasi waktu yang salah selama perjalanan, karena bila terjadi yang bisa anda lakukan adalah bersabar.

Pada hakekatnya melakukan aktifitas apapun di bulan Ramadhan merupakan ibadah. Dan ada baiknya apabila hendak berkendara, hal-hal diatas dipersiapkan dengan baik, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan sehingga emosi dapat lebih terkontrol dan dapat beribadah dengan baik.

Well, selamat mencoba!

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY