Kesan mewah dan performa yang andal menjadikan HTC One M8 layak dimiliki. Sebagai smartphone pertama di dunia yang memiliki dua kamera belakang, HTC One M8 juga mampu memuaskan para pecinta fotografi yang gemar mengoprek kamera.

Desain

Best Shot (15)

HTC One M8 berdesain memanjang ini memiliki tampilan yang premium, terlihat dari bahan alumniumnya yang diberi sentuhan matte. Material aluminium yang membalut tubuhnya menjadikan HTC One M8 tampak kokoh. Walaupun dibuat dari bahan aluminium, HTC One M8 tidak terlihat tebal. Bodi belakangnya yang melengkung juga berhasil menciptakan kesan langsing.

Smartphone berlayar 5 inci ini nyaman dipegang dan terasa ringan. Pada awal pemakaian, blibli lovers yang terbiasa menggunakan smartphone berbadan lebar mungkin akan kesulitan untuk mengoperasikannya dengan satu tangan. Tapi, hal ini tidak menjadi masalah karena blibli lovers lambat laun akan terbiasa. Jika masih dirasa sulit mengoperasikan dengan satu tangan, blibli lovers juga dapat memakai dua tangan.

HTC One M8 memiliki layar 1080p Super LCD3. Smartphone mampu menyajikan gambar dan teks yang tajam dengan warna relatif akurat berkat tingkat kerapatan pixel yang tinggi. Apabila tingkat terangnya dinaikkan hingga 75% atau lebih, blibli lovers juga masih dapat melihat tampilan pada layar dengan jelas saat smartphone terkena cahaya matahari langsung.

HTC One M8 mengusung konsep unibody sehingga blibli lovers tidak akan dapat melepas pasang baterainya. Blibli lovers juga tidak akan menemukan banyak tombol pada bodi HTC One M8.

Ada beberapa perubahan dibandingkan generasi sebelumnya. Tombol power kini ada di sisi kanan atas smartphone. Jika blibli lovers memegang ponsel dengan tangan kanan, lokasi tombol yang baru ini menjadi lebih mudah dijangkau.

Kemudian terdapat pula kemampuan baru Motion Launch yang dapat menggantikan fungsi tombol power. Cukup dengan mengetukkan jari sebanyak 2 kali pada layar, blibli lovers bisa membuka layar yang terkunci.

Pada bagian kanan bawah terdapat port audio 3,5 mm untuk mendengarkan musik dan port MicroUSB yang berfungsi untuk mencolokkan charger saat blibliers akan mengisi ulang baterai.

Best Shot (4)

Di sisi kiri, blibli lovers bisa menjumpai selot kartu Nano SIM GSM. Sementara pada bagian kanan ponsel tersedia selot kartu memori eksternal MicroSD dan tombol pengatur volume.

Bagian belakang HTC One M8 mirip dengan pendahulunya karena terdapat lampu kilat, kamera, dan logo. Bedanya, HTC One M8 ini mempunyai dua kamera belakang dan dua LED flash yang masing-masing berwarna putih dan kuning.

Best Shot (2)

Di bagian depan, tepatnya di sisi kanan atas terdapat pula sebuah kamera beresolusi 5MP serta sebuah tombol navigasi virtual dan logo. Masih di bagian depan, blibliers juga bisa melihat BoomSound di sisi atas dan bawah layar.

Software dan Antarmuka

Best Shot (6)

HTC One M8 datang dengan sistem operasi Android 4.4.2 KitKat. Penggunaan Android KitKat pada smartphone ini mampu memberikan performa yang cepat, termasuk saat multitasking. HTC memasang pula antarmuka terbarunya, HTC Sense UI versi 6 yang tampil lebih simpel dan huruf-huruf yang mudah dibaca.

Navigasi tetap dengan kendali gesture sapuan layar. Sapukan layar ke atas untuk membuka kunci layar dan masuk ke layar utama. Lalu ke bawah untuk mengaktifkan voice dial.

Jika menyapukan layar ke kiri, blibli lovers akan menjumpai HTC BlinkFeed yang berisi kumpulan media online dan media sosial. HTC BlinkFeed ini sudah pasti akan memudahkan blibli lovers saat ingin membaca berita dan mengakses media sosial.

Di HTC One M8 ini blibliers bisa menemukan 3 soft key yang mewakili tombol back, home dan recent apps. Sebagai pendukung produktivitas, HTC menyediakan pula beragam aplikasi seperti Polaris Office 5 lengkap dengan Google Drive untuk menyimpan dokumen. Kemudian terdapat pula aplikasi Stocks untuk memantau bursa saham.

Performa

Sebagai produk premium, HTC One M8 mengusung spesifikasi kelas atas. Dukungan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 801 berkecepatan 2,3 GHz yang dipadukan dengan GPU Adreno 330 menjadikannya mampu menciptakan performa yang luar biasa.

Hasil pengujian dengan Antutu memperoleh nilai 19.621 dan dinyatakan memiliki performa yang bagus. Pada pemakaian sehari-hari, memori RAM 2GB yang dimilikinya membuat HTC One M8 dapat membuka semua aplikasi dengan cepat.

Di samping itu, proses perpindahan antaraplikasi juga bisa dilakukan dengan cepat saat memakai smartphone ini. Game dengan grafis yang cukup berat seperti Real Racing 3 juga dapat dimainkan dengan baik pada HTC One M8.

Secara keseluruhan, performa HTC One M8 ini sangat baik dan dapat menjalankan aktivitas sehari-hari seperti browsing, streaming YouTube dan media sosial dengan lancar.

Hasil foto

Salah satu keunggulan HTC One M8 terletak pada kamera belakangnya. Sebagai smartphone pertama di dunia yang memiliki dua kamera belakang, HTC One M8 mampu menghasilkan foto-foto yang tajam pada berbagai kondisi pencahayaan.

Hasil bidikan di dalam ruangan dan tempat-tempat dengan cahaya temaram juga cukup bagus. Foto dapat memperlihatkan detail dan warna pada objek dengan jelas dan natural. Kuncinya terletak pada pengaturan ISO, EV dan penggunaan lampu kilat yang pas. Kamera pada HTC One M8 menyediakan ISO pada rentang 200 sampai 1.600, EV dari -2 hingga +2 serta AWB Auto, Incandescent, Fluorescent, Daylight dan Cloudy. Jika tidak ingin repot, blibli lovers cukup memakai pengaturan otomatis.

Blibli lovers dapat memotret dengan fitur Dual Capture untuk memotret dua objek sekaligus di mana lensa belakang dan depan jadi satu, Selfie, Zoe Camera, Video, Pan 360, dan Camera.

Foto yang sudah jadi bisa diedit dengan fitur UFocus, Foregrounder, Seasons, Dimension Plus (3D), Effects, Filters (Muiro, Noirin, Jardinia, Satura, Windmere, Losdales, Minneland, Islandia, Swellington, Foreston, Rosal), Custom Frames (White, Corners, Wooden, Airmail, Grunge, Montage, Crease), dan Tool (Draw, Rotate, Crop, Flip, Straighten).

Salah satu fitur yang menarik pada HTC One M8 adalah UFocus. Dengan fitur ini blibliers bisa mengubah fokus setelah foto jadi. Kemudian blibliers juga dapat mengaplikasikan efek bokeh yang keren pada potret.

Ada dua alternatif yang bisa dipilih saat blibliers akan memotret. Blibli lovers dapat masuk ke fitur kamera atau cukup menekan tombol volume rocker yang ada di sisi kanan smartphone.

Hasil foto dapat dilihat di sini.

  • Foto di dalam ruangan dengan pengaturan otomatis. Tekstur dan warna oranye pada jeruk Mandarin di bawah ini terlihat jelas dan alami.

Hasil Foto HTC One M8 (1)

  • Foto diambil pada cahaya temaram dengan ISO 800. Tekstur kayu pada kursi tetap terlihat jelas.

Hasil Foto HTC One M8 (2)

  • Foto diambil dengan ISO 200 dan diedit dengan fitur Custom Frame.

Hasil Foto HTC One M8 (3)

Baterai

Daya tahan baterai pada HTC One M8 ini mumpuni. Jika hanya digunakan untuk foto-foto dan mendengarkan 3 file musik, baterainya dapat bertahan selama tiga hari. Apabila dipakai untuk mendengarkan tiga file musik, kapasitas baterainya akan berkurang sebesar 1%. Untuk menghemat baterai, blibli lovers dapat pula memanfaatkan Extreme Power Saving Mode.

Kesimpulan

Kemampuan yang ditawarkan oleh smartphone berharga premium ini sangat mengesankan. Penggunaan RAM sebesar 2GB sudah cukup untuk mengoperasikan HTC One M8 dengan mulus. Chip pengolah grafisnya pun mampu menjalankan game berat dengan mulus dan lancar.

Smartphone pertama di dunia yang mempunya dua kamera belakang ini juga dapat memenuhi kebutuhan para penggemar fotografi yang gemar “ngoprek” kamera. Hasilnya akhirnya pun diedit langsung di smartphone. Bila blibliers menginginkan smartphone berperforma kencang lengkap dengan hasil foto dan kualitas suara yang bagus, HTC One M8 ini sangat memadai.

Pros:

  • Desain kokoh dan mewah dengan material aluminium yang diberi sentuhan matte
  • Dua kamera belakang dan dua LED flash pada HTC One M8 mampu menghasilkan foto yang tajam, termasuk pada kondisi kurang cahaya
  • Performa kencang dan stabil
  • Tampilan layar baik dan memiliki respons gerak yang bagus
  •  Baterai awet

Cons:

  •  Smartphone mudah tergelincir saat dipegang dengan tangan yang berkeringat

Spesifikasi
Prosesor: Snapdragon 801 quad-core 2,3GHz
RAM: 2GB
Memori Internal: 16GB + microSD
Memori Eksternal: MicroSD hingga 128GB
Layar: 5 inci, resolusi 1.920 x 1.080 pixel (441ppi)
Kamera Utama: 4MP UltraPixel + 4MP UltraPixel dengan 2 LED flash                Kamera Depan: 5MP
Sistem Operasi: Android 4.4.2 KitKat + HTC Sense 6.0
Baterai: 2.600 mAh
Konektivitas: 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth, NFC, microUSB 2.0, jack audio/mikrofon 3,5 milimeter
Dimensi: 146,36 × 70,6 × 9,35 milimeter
Bobot: 160 gram

1 COMMENT

LEAVE A REPLY