Relax and Drink_Water Station 101

Didalam setiap race lari, pasti akan kita temui yang namanya ‘water station’. Ini adalah tempat resmi dimana kita bisa mendapatkan minuman/cairan selama kita berada didalam sebuah race. Biasanya water station akan tersebar dalam jarak beberapa kilometer.

Meskipun terlihat sebagai sebuah hal yang sederhana, akan tetapi masih banyak orang yang tidak mengerti etika di water station ini. Saya masih sering melihat hal-hal yang tidak perlu dilakukan ditempat ini.

Semoga tulisan ini bisa membantu Anda mengerti dengan apa yang saya maksud:

1. Ada ribuan pelari lain selain Anda. Semua pelari butuh minum sama seperti Anda dan didalam sebuah race tidak ada orang yang lebih penting, semua sama pentingnya. Jangan memotong jalur pelari lain, ambil ancang-ancang dan atur jalur Anda pada saat akan mendekati water station. Jangan sampai membuat kecelakaan untuk Anda sendiri maupun pelari Anda.

2. Lihat mata si pemberi minuman. Kalau si pemberi minuman tahu Anda membutuhkan minum, maka dia akan membantu Anda. Kalau Anda secara mengejutkan mengambil minuman dari tangannya kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan apa-apa.

3. Ulurkan tangan Anda dan genggam perlahan gelasnya. Jangan menyambar. Tidak perlu grasa-grusu agar minuman Anda tidak tumpah kemana-mana.

4. Jauhi water station sebelum fokus untuk minum. Ingat, Anda lari tidak sendiri karena Anda pasti cenderung menjadi pelan ketika akan minum, jadi sedikit menjauh dari water station dan minum. Jangan sampai tertabrak atau menghalangi pelari lainnya.

5. Minum sedikit-sedikit. Atur jumlah air yang masuk, usahakan sedikit demi sedikit dan tetap bernafas melalui hidung. Ketika Anda langsung menenggak satu gelas, maka hal tersebut akan merusak ritme nafas atau bahkan Anda akan tersedak air.

6. Buang gelas keluar jalur. Jalur Anda masih akan dipakai oleh pelari lain, jangan menyusahkan orang lain. Hati-hati ketika membuang gelas, jangan sampai mengenai pelari lain.

7. Tidak perlu panik. Ketika gelas Anda jatuh dan belum sempat Anda minum, jangan berbalik arah tetap berlari karena akan banyak sumber minuman di dalam race. Berlari melawan arah hanya akan menciptakan bahaya.

Semoga berguna dan race Anda semakin menyenangkan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY