Bagi yang pernah merasakan handphone hang, hal tersebut pasti terasa menjengkelkan. Apalagi kalau ada urusan penting yang harus dilakukan dengan handphone. Layar handphone yang freeze dan tidak merespons perintah sama sekali bisa menjadi petaka bagi siapa saja. Tapi benarkah handphone hang adalah sebuah petaka tanpa solusi?

Tak perlu buru-buru untuk berpikir seperti itu. Coba ingat kembali, apakah handphone sudah pernah jatuh atau tidak. Bila kamu merasa tidak pernah menjatuhkan handphone milikmu, seharusnya kamu tidak perlu khawatir. Bila pernah jatuh, cek lagi apakah pelindung handphone milikmu cukup kokoh menahan benturan. Atau jangan-jangan malah handphonemu “telanjang” tanpa hardcase maupun softcase?

Bila handphone belum ada pelindungnya, kamu bisa mencarinya di sini. Banyak pilihan pelindung bodi handphone seperti hardcase, softcase, dan flip cover. Pilih yang berbahan tebal tapi lentur seperti karet dan busa, karena bisa melindungi handphone dengan baik. Bahan karet dan busa bisa meredam benturan. Bila belum punya, beli saja di Blibli.com, karena terdapat Fasilitas Multi Payment yang memudahkan kamu dalam melakukan transaksi.

Nah, bila handphone belum pernah jatuh, tapi sudah mulai hang, cek beberapa hal berikut ini:

Cek kapasitas memory

Kapasitas Memori

Ada dua jenis memory (ruang penyimpanan) yaitu external memory dan internal memory. Cek masing-masing kapasitasnya. Apakah salah satunya atau kedua memory tersebut sudah mendekati penuh. Bila sudah mendekati penuh, hapus file dan aplikasi yang tidak terpakai. File foto dan video termasuk jenis file yang memakan banyak memory.

Kelola aplikasi

Kelola Aplikasi

Umumnya orang menyimpan aplikasi di internal memory handphone. Internal memory yang penuh sering menjadi penyebab handphone mudah hang. Bila aplikasi yang kamu install masuk kategori penting, maka kamu harus menyiasatinya agar aplikasi tersebut tidak dihapus. Caranya adalah dengan memindahkan beberapa aplikasi ke external memory. Cara ini biasanya cukup efektif untuk membuat kinerja handphone kencang kembali.

Tutup aplikasi tak terpakai

Tutup Aplikasi Tak Terpakai

Terkadang kamu membuka beberapa aplikasi sekaligus mulai dari game, media sosial, hingga website berita. Setelah menggunakan kamu tidak langsung menutupnya. Biasakan untuk menutup aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan. Semakin sedikit aplikasi dijalankan, semakin dingin suhu handphone dan semakin kecil risiko hang.

Update software secara berkala

Update Software Berkala

Jangan sepelekan pembaruan software. Setiap software selalu ada bug atau kelemahan. Perusahaan biasanya menawarkan update untuk memperbaiki kelemahan dan celah keamanan sebuah produk. Perusahaan penyedia software, termasuk untuk handphone, rutin mengeluarkan update untuk produk mereka. Update software ini terbukti bisa mengurangi risiko handphone hang dan membuat kinerjanya lebih cepat.

Tapi, jika ternyata semua cara itu sudah kamu lakukan dan handphone kamu masih tetap sering hang, bisa jadi itu saatnya kamu ganti ke smartphone yang lain. Cek saja koleksinya di sini untuk mendapatkan pengganti yang sesuai kebutuhan. Kamu tinggal pilih dan bandingkan mana yang sesuai budget. Nah buat yang masih ragu dengan harganya, Blibli punya fasilitas cicilan 0% dan fasilitas pembayaran multipayment. Jadi, tunggu apa lagi.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY